Comscore Tracker

7 Software Karaoke PC Terbaik, Nyanyi Sepuasnya di Rumah 

Solusi karaoke mudah dan murah

Menyanyi menjadi salah satu aktivitas sekaligus hobi yang banyak orang sukai. Selain sendirian, sebagian besar orang juga bernyanyi bersama teman atau keluarga mereka lewat yang namanya karaoke. Karaoke sendiri merupakan salah satu bentuk hiburan di mana orang-orang bernyanyi diiringi dengan lagu sekaligus teks lirik.

Nah, jika biasanya karaoke dilakukan di sebuah tempat dan berbayar, ada alternatif lain yang lebih terjangkau yaitu lewat software PC. Ini cocok untuk mereka yang rindu suasana karaoke namun terhalang pandemi seperti saat ini. Berikut daftar software karaoke PC terbaik.

1. Karafun

7 Software Karaoke PC Terbaik, Nyanyi Sepuasnya di Rumah karafun.com

Ada banyak alasan mengapa Karafun jadi software karaoke paling banyak diunduh sejauh ini. Karafun bisa diunduh secara gratis namun dengan sampel 30 detik untuk setiap lagu. Jika menggunakan versi berbayar, pengguna bisa mendapat akses ke lebih dari 35 ribu lagu dengan kemampuan untuk mengatur kunci dan tempo hingga menambah vocal.

Karafun telah mendukung format CD+G, MPEG, KAR dan MIDI serta bisa digunakan secara offline alias tanpa koneksi internet. Terakhir, ada fitur Parental Control untuk menyembunyikan lagu dengan lirik eksplisit dari anak-anak.

2. kJams

7 Software Karaoke PC Terbaik, Nyanyi Sepuasnya di Rumah karaoke.kjams.com

kJams punya banyak varian untuk digunakan oleh berbagai jenis pengguna. Software karaoke yang satu ini memiliki varian Lite yang sederhana dan ringan sehingga cocok untuk digunakan di rumah. Lalu ada juga kJams Pro yang pas untuk para professional dan lebih disarankan untuk yang rutin karaoke.

kJams 2 juga tersedia, yang mirip seperti kJams Pro namun dengan sejumlah ekstra fitur. Lirik lagu yang ditampilkan di software ini bisa ditampilkan di jendela terpisah. kJams yang juga menyediakan versi free trial mendukung hampir semua format audio kecuali KAR.

3. Kanto Karaoke

7 Software Karaoke PC Terbaik, Nyanyi Sepuasnya di Rumah kantokaraoke.com

Kanto Karaoke hadir dengan tiga varian – Free, Standard dan Professional. Untuk varian paling murah alias gratis, Kanto membatasi pengguna untuk mengimpor lagu ke playlist sebanyak lima saja. Selain itu, pengguna juga tidak bisa mengganti background lirik dan durasi merekam lagu hanya bisa sampai satu menit saja.

Menggunakan varian Standard dan Professional bakal menghilangkan beberapa limitasi tersebut. Kanto mendukung hampir semua format multimedia seperti MP3, MIDI, KAR, MP3+CDG dan bahkan format karaoke video seperti AVI dan WMV.

Baca Juga: 8 Software Terbaik untuk Para Mangaka dan Komikus

4. Lyrx

7 Software Karaoke PC Terbaik, Nyanyi Sepuasnya di Rumah pcdj.com

Awalnya tersedia untuk Mac saja, Lyrx saat ini juga bisa digunakan di PC berbasis Windows. Lyrx mendukung semua file karaoke berkualitas tinggi dan dapat secara otomatis mengimpor playlist dari iTunes. Lalu, ini juga memiliki “filler player” yang akan menambahkan efek menarik ke dalam lagu yang diputar.

Lyrx bekerja sama dengan Party Tyme Karaoke, memberi pemain akses ke lebih dari 15 ribu lagu di samping toko lagu karaoke bawaan. Lyrx menyediakan opsi free trial, dengan versi berbayar untuk fitur lebih lengkap.

5. Karaoke One

7 Software Karaoke PC Terbaik, Nyanyi Sepuasnya di Rumah anderbot.com

Dirancang secara khusus untuk PC berbasis Windows, Karaoke One merupakan software karaoke yang mudah digunakan. Ini bisa menjalankan hampir semua format file multimedia termasuk format file populer seperti AVI, WMA, MP3 dan WMV.

Setelah diunduh melalui Microsoft Store, pengguna dapat mengakses lagu dan lirik dari koleksi yang disediakan, lagu berformat MP3, opsi untuk berbagai video dengan lirik di dalamnya dan banyak lagi. Yang spesial dari software ini adalah pengguna juga bisa membuat video karaoke atau menonton video karaoke buatan orang lain.

6. iStar

7 Software Karaoke PC Terbaik, Nyanyi Sepuasnya di Rumah techraver.com

Selanjutnya adalah iStar, yang berbanding terbalik dengan Karaoke One yang hanya tersedia di Windows saja, ini hanya tersedia di Mac. iStar dapat mengonversi semua jenis file dan menggunakannya untuk karaoke. Setelah file pilihan pengguna dikonversi lalu diimpor, pengguna dapat menaruhnya di playlist untuk digunakan nantinya.

Playlist buatan pengguna juga bisa diklasifikasikan berdasarkan jenis tertentu. iStar mendukung semua format file multimedia dan ini juga memiliki user-interface yang mudah dioperasikan. Bagi pengguna Mac, ini sangat direkomendasikan.

7. MiniLyrics

7 Software Karaoke PC Terbaik, Nyanyi Sepuasnya di Rumah crintsoft.com

Dari semua software karaoke di daftar ini, MiniLyrics mungkin jadi yang paling populer. MiniLyrics sebenarnya bukan benar-benar software karaoke seperti 6 software sebelumnya, melainkan plugin penampil lirik untuk berbagai software pemutar musik.

Software yang satu ini dapat secara otomatis mencari sekaligus mengunduh lirik dari lagu yang pengguna putar. Koleksi lirik yang ditawarkan software ini sangat besar dan terus berkembang setiap harinya. Salah satu keunggulan MiniLyrics adalah fakta bahwa ini mendukung cross platform untuk Windows, Mac dan Android.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi software atau aplikasi karaoke terbaik di PC untuk karaoke mudah langsung dari rumah. Semua software di atas tersedia di Windows maupun Mac dan dapat diunduh secara gratis dengan opsi berbayar.

Baca Juga: 7 Software Edit Video Terbaik yang Mudah Digunakan Pemula

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya