Comscore Tracker

Internet Archive, Situs untuk Melihat Masa Lalu

Bernostalgia dunia digital lewat situs Internet Archive

Internet telah ada selama puluhan tahun. Banyak informasi yang telah muncul dan hilang seiring berjalannya waktu. Mulai dari informasi penting hingga informasi kasual yang beredar di internet, semuanya terus muncul dan hilang dengan begitu cepat.

Sebagian besar informasi tersebut disimpan oleh sebuah lembaga non-profit bernama Internet Archive. Internet Archive memiliki catatan panjang mengenai berbagai data dan informasi yang tersebar di internet.

Pendataan yang dilakukan oleh Internet Archive tentunya penting untuk mengarsipkan data-data digital. Oleh karena itu, pada artikel ini penulis mengulas seputar Internet Archive. Simak, yuk!

1. Aktif sejak 1996, Internet Archive mengarsip data-data digital yang tersebar di Internet

Internet Archive, Situs untuk Melihat Masa Lalutampilan situs Internet Archive (archive.org)

Internet Archive adalah lembaga non-profit yang aktif mengumpulkan data-data di dunia digital dan sedang dalam usaha membangun perpustakaan digital besar yang menampung arsip dari internet. Arsip-arsip ini dibangun sebagai dokumentasi dan catatan dunia digital sebagai bagian dari sejarah umat manusia.

Berdiri sejak tahun 1996, artinya Internet Archive telah memiliki data yang mencakup sejarah berbagai situs di internet selama kurang lebih 25 tahun. Situs-situs tersebut tentunya ada yang masih berjalan dan juga sudah berhenti beroperasi. Wah, benar-benar waktu yang panjang, ya!

2. Halaman situs, literatur, rekaman audio, dan berbagai macam informasi digital disimpan oleh Internet Archive

Internet Archive, Situs untuk Melihat Masa Laluilustrasi tempat penyimpanan (pixabay.com/Lubos Houska)

Internet Archive memiliki jutaan data mengenai situs internet dan data-data digital. Dikutip dari situs Internet Archive, paling tidak ada 625 Miliar halaman situs, 38 juta buku serta teks, 14 juta rekaman audio, 7 juta video, 4 juta gambar, dan 790 ribu perangkat lunak yang telah diarsipkan oleh Internet Archive. Seiring berkembangnya waktu dan teknologi, jumlah ini tentu akan terus bertambah dan makin membesar.

Data-data yang dikumpulkan di situs Internet Archive disusun sedemikian rupa berdasarkan pengelompokan tertentu. Data-data tersebut dapat diakses sesuai jenis dan tahun publikasinya. Hal ini dilakukan agar pembaca bisa semakin mudah dalam mencari informasi yang ia inginkan.

Baca Juga: 7 Cara Berbagi File Digital dengan Aman, Biar Data Gak Dicuri!

3. Kita bisa melihat tangkapan layar dari masa lalu situs-situs terkenal, benar-benar nostalgia!

Internet Archive, Situs untuk Melihat Masa Laluilustrasi tampilan situs klasik (archive.org)

Nah, inilah salah satu fitur terkeren yang dimiliki oleh situs Internet Archive. Fitur seperti ini cukup sulit untuk ditemukan di situs lain. Kita bisa melihat kembali situs-situs favorit kita dengan user interface-nya di masa lalu! 

Kalian yang mungkin kangen atau ingin bernostalgia dengan tampilan situs web kesukaan kalian di zaman sekolah dulu bisa melihat tampilan situs tersebut lewat situs Internet Archive. Caranya mudah sekali, yaitu dengan mengetikkan domain situs tersebut, seperti facebook.com, youtube.com dan sebagainya, kamu pun langsung bisa bernostalgia dengan tampilan klasik sederet situs-situs tersebut.

4. Literatur-literatur dari berbagai genre bisa ditemukan di sini

Internet Archive, Situs untuk Melihat Masa Lalutampilan koleksi Internet Archive (archive.org)

Kamu suka baca buku atau ingin mempelajari perkembangan dunia digital? Internet Archive memiliki berbagai literaturnya untuk dimanfaatkan secara bebas. Jutaan literatur siap baca dari seluruh dunia dapat diakses dengan mudah lewat situs ini.

Mulai dari literatur pendidikan hingga bacaan koran ada di sini. Akan tetapi, kalian harus hati-hati karena cukup banyak konten vulgar dan tidak patut untuk dibaca untuk segala kalangan usia. 

5. Internet Archive tergabung sebagai anggota di berbagai organisasi sehingga kredibilitasnya dapat diandalkan

Internet Archive, Situs untuk Melihat Masa Lalulembaga yang bekerja sama dengan Internet Archive (archive.org)

Dengan besarnya informasi serta data yang harus dikumpulkan, Internet Archive tentunya tidak dapat bekerja sendiri. Maka dari itu, Internet Archive telah berkolaborasi dengan berbagai macam lembaga untuk mengumpulkan arsip-arsip digital di situsnya, mulai dari American Library Association hingga Digital Public Library of America. 

Selain itu, Internet Archive juga mendapatkan pendanaan dan membuka kesempatan kepada masayarakat luas untuk menjadi relawan. Hal ini membuat masyarakat bisa ikut berkontribusi dalam upaya merekam sejarah dunia digital yang terus berkembang dengan cepat. Dengan kontribusi masyarakat, konten-konten di situs Internet Archive dapat dijaga kredibilitasnya.

Kini kamu pun mengetahui keberadaan situs yang bisa melihat “masa lalu” dalam bentuk rekaman informasi. Hal ini bukan berarti kita bisa kembali ke masa lalu secara langsung. Akan tetapi, kita tetap bisa mengambil pelajaran serta ilmu dari masa lalu lewat situs Internet Archive!

Baca Juga: 7 Situs Web Penunjang WFH Terbaik yang Wajib Kamu Tahu

Arifsani Amirrul Rasyidhin Photo Writer Arifsani Amirrul Rasyidhin

Masih dalam proses belajar menulis dan bertukar pengetahuan dengan orang lain ! Terbuka dengan kritik dan saran !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya