Comscore Tracker

6 Cara Mengubah Huruf Kapital di Excel dengan Cepat dan Mudah

Gak pakai lama, kok!

Barangkali pengguna Microsoft Excel sudah mengetahui jika produk Microsoft yang didominasi warna hijau ini tidak menyediakan menu khusus untuk mengubah huruf kapital (kecil ke besar atau sebaliknya) layaknya Word. Itu sebabnya, ada beberapa perintah khusus yang harus kita kuasai untuk melakukannya.

Nah, di sini, kita akan belajar cara mengubah huruf kapital di Excel dengan sederhana. Bagaimana caranya? Yuk, disimak!

Baca Juga: Pengertian, Cara, dan Fungsi Pivot Table Microsoft Excel 

Mengubah huruf kapital di Excel secara mudah

6 Cara Mengubah Huruf Kapital di Excel dengan Cepat dan Mudahilustrasi membuat huruf kapital di Excel (microsoft.com)

Beberapa cara di bawah ini bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Dilansir laman resmi Microsoft, begini cara mengubah huruf kapital di Microsoft Excel.

  1. Kuasai tiga fungsi utama untuk mengubah huruf di Excel, yakni UPPER, LOWER, dan PROPER.
  2. Fungsi UPPER untuk membuat semua huruf menjadi kapital atau huruf besar. Fungsi LOWER digunakan untuk mengubah semua huruf menjadi huruf kecil. Lalu, fungsi PROPER dipakai untuk mengubah huruf awal menjadi kapital dan sisanya masih berupa huruf kecil.
  3. Coba tuliskan kalimat contoh di salah satu sel dalam Excel. Misalnya, tulis "ini ibu budi" di sel A1. Nah, kamu bisa mengubah huruf-huruf yang ada dalam kalimat tersebut melalui tiga perintah yang sudah dijelaskan di atas.
  4. Jika ingin mengubah semuanya menjadi huruf kapital,ketikkan perintah =UPPER("ini ibu budi") atau =UPPER (A1) di sel yang akan kamu isi dengan kalimat tersebut. Hasil dari rumus itu akan membentuk kalimat "INI IBU BUDI".
  5. Jika ingin mengubahnya kembali ke huruf kecil semua, cukup masukkan perintah =LOWER("INI IBU BUDI") atau =LOWER (A1) di sel yang akan kamu masukkan kalimat tersebut.
  6. Nah, kalau ingin memodifikasi hanya huruf awalnya saja yang dijadikan kapital, ketikkan perintah =PROPER("ini ibu budi") atau =PROPER (A1) di sel yang akan kamu letakkan kalimat tersebut.

Well, cara-cara di atas memang mudah untuk dilakukan. Namun, jika dibandingkan dengan Microsoft Word, memasukkan perintah tertentu hanya untuk mengubah huruf kapital jelas dirasa cukup merepotkan. Hal tersebut memang masuk akal mengingat Excel lebih ditujukan untuk pengolahan data, baik itu huruf, angka, rumus, tabel, dan gabungan dari semuanya itu.

So, itu tadi beberapa cara mengubah huruf kapital di Excel secara cepat dan mudah. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan tambahan buat kamu, ya!

Baca Juga: Gak Perlu Bingung, Ini Fungsi Quick Access Toolbar pada Excel

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya