Comscore Tracker

Cek Bandwidth Indihome dengan Simpel, Bisa Dilakukan Kapan Saja

Perhatikan juga FUP pada paket langgananmu

Secara umum, bandwidth bisa diartikan sebagai besaran kapasitas transfer yang terjadi dalam sekali siklus pertukaran data. Kalau diibaratkan dengan sistem lalu lintas, mungkin bandwidth bisa dianalogikan sebagai jalan dan gerbang tol. Makin lebar jalan dan banyak gerbang tolnya, makin lancar juga arus lalu lintasnya (data yang ditransfer).

Nah, lalu, bagaimana cara cek bandwidth Indihome dan internet umum secara mudah? Beberapa langkah di bawah ini dapat kamu lakukan tanpa ribet, lho. Namun, perlu diingat bahwa satuan angka yang tertera pada hasil mungkin tidak menggambarkan kesimpulan yang tepat karena ada berbagai faktor yang memengaruhi kecepatan siklus transfer data tersebut.

Baca Juga: IndiHome Siarkan Pertandingan Badminton Kelas Dunia 

Cek bandwidth Indihome dan internet secara umum dengan mudah

Cek Bandwidth Indihome dengan Simpel, Bisa Dilakukan Kapan Sajailustrasi berselancar di internet menggunakan laptop (unsplash.com/John Schnobrich)

Pengiriman atau transfer data pada putaran siklus tertentu dihitung dalam detik. Dengan kata lain, kecepatan bandwidth juga dihitung dalam detik dan diberi satuan bits per second. Nah, tentunya kamu bisa cek berapa kecepatan atau lebar jalur transfer data di rumahmu melalui paket langganan internet.

Adapun, kecepatan internet riil yang kita terima biasanya tidak akan setinggi bandwidth yang ada. Kenapa? Karena bandwidth adalah volume maksimal dalam siklus transfer data yang tidak bisa berlaku tetap pada output atau kecepatan asli secara angka. Well, itu sebabnya, pengukuran kecepatan internet dapat memunculkan angka yang tidak akurat.

So, simak langkah di bawah ini untuk mengetahui kecepatan bandwidth internet secara mudah.

  1. Kamu bisa menuju ke laman resmi dari masing-masing vendor yang menyediakan layanan internet di tempatmu. Contohnya, pelanggan Indihome bisa mengakses myIndihome di laman https://indihome.co.id/.
  2. Setelah masuk ke akun milikmu, di sana kamu bisa cek dengan detail jenis paket internet beserta besaran bandwidth-nya.
  3. Bahkan, selain bandwidth dan kecepatan internet, kamu pun dapat melihat seberapa banyak kamu sudah memakai fasilitas yang disediakan. Biasanya, provider akan menyediakan besaran kuota sesuai dengan paket yang kamu ambil.

Selain melalui laman resmi dan masuk ke akun pelanggan, kamu bisa cek kecepatan internet di laman speedtest.net dan klik GO atau MULAI untuk menjalankan tes tersebut. Sayangnya, cara ini dinilai kurang efektif karena sebetulnya internet di tempat kita juga dibatasi dengan FUP atau fair usage policy.

FUP sendiri menjadi kebijakan khusus dari provider untuk membatasi pemakaian internet yang dinilai tidak wajar. Dalam laman Indihome Partner, misalnya, FUP dikenakan pada semua pelanggan Indihome Fiber Telkom Indonesia dengan minimal kecepatan 10 Mbps. Nah, kamu bisa cek jenis FUP sesuai paket berlangganan Indihome di https://www.indihomepartner.com/fup/.

Bagaimana menurutmu? Untuk cek bandwidth Indihome ternyata tidak begitu sulit, kan? Yang jelas, kecepatan internet, kuota, dan bandwidth itu sendiri dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah FUP yang sudah kita bahas.

Baca Juga: 10 Cara Bayar IndiHome lewat m-Banking BCA, Jangan Telat Bayar!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya