Comscore Tracker

7 Aplikasi Parental Control Terbaik untuk HP Android

Awasi aktivitas anak lewat gadget

Sangat jelas, anak-anak saat ini memiliki akses ke teknologi digital lebih banyak daripada generasi-generasi sebelumnya. Banyak dari anak-anak terpapar teknologi sejak usia muda, bahkan sejak masih balita.

Sebagai orangtua yang bertanggung jawab, tentunya kita ingin memastikan bahwa anak-anak menggunakan perangkat ini dengan bijak. Memastikan bahwa mereka tidak menyalahgunakan akses mereka dan bahwa konten yang mereka lihat sesuai untuk usia mereka.

Untuk mendukung hal ini, kamu perlu aplikasi parental control yang bisa kamu install di perangkat. Nah, di sini, kamu akan diajak membahas beberapa aplikasi parental control terbaik untuk Android yang layak kamu coba.

1. Find My Kids

7 Aplikasi Parental Control Terbaik untuk HP AndroidFind My Kids (Dok. GEO TRACK TECHNOLOGIES)

Find My Kids adalah aplikasi parental control yang memungkinkan orangtua melacak lokasi anak setiap saat. Dengan ini, orangtua dapat melihat di mana anak berada dan ke mana saja mereka pergi.

Aplikasi ini sederhana dan mudah digunakan. Cukup dengan membukanya, pengguna dapat langsung melihat di mana semua anak berada. Ada juga fitur menarik lainnya, termasuk pemberitahuan jika HP anak mengalami masalah saat mengirim lokasi, dan orangtua dapat melihat aplikasi apa yang anak gunakan. Ada juga beberapa kontrol keamanan, monitor baterai untuk perangkat anak, dan obrolan keluarga. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar dengan fitur tambahan tentunya.

2. Google Family Link

7 Aplikasi Parental Control Terbaik untuk HP AndroidGoogle Family Link (Dok. Google LLC)

Google Family Link adalah aplikasi parental control yang banyak diunduh di Google Play Store. Dengan ini, orangtua bisa mendapatkan kepuasan melihat semua yang anak lakukan dengan perangkat Android miliknya.

Googel Family Link memiliki kelebihan berupa fiturnya yang sangat banyak, dan juga terintegrasi langsung ke dalam OS Android itu sendiri, fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi parental control lain. Beberapa fitur unggulannya berupa kemampuan untuk melihat semua aplikasi yang digunakan anak, mengetahui lokasi mereka, melihat kebiasaan penggunaan HP, dan mengunci perangkat anak.

3. Safe Lagoon

7 Aplikasi Parental Control Terbaik untuk HP AndroidSafe Lagoon (Dok. Safe Lagoon Software)

Safe Lagoon mirip dengan Google Family Link, tetapi versi yang lebih ringan. Dengan Safe Lagoon, orangtua dapat melihat aplikasi dan game yang digunakan anak-anak. Selain itu, orangtua dapat menemukan lokasi anak, mengontrol batas waktu di aplikasi dan game tertentu, dan mengunci HP jika perlu.

Selain itu, orangtua juga dapat memantau pesan instan, mengatur lokasi yang tidak dapat mereka kunjungi, dan melakukan beberapa hal lainnya. Secara umum, ini merupakan alternatif Google Family Link karena lebih ringan tapi tidak memakan banyak ruang.

Baca Juga: 5 Aplikasi Editing Video Paling Ringan untuk HP Spek Rendah, Ayo Coba!

4. AppLock by IVYMOBILE

7 Aplikasi Parental Control Terbaik untuk HP AndroidAppLock by IVYMOBILE (Dok. IVYMOBILE)

Mengunci aplikasi adalah cara terbaik untuk menjauhkan anak-anak dari aplikasi tertentu di HP. Ini utamanya berlaku untuk anak kecil yang menggunakan HP orangtua untuk menonton YouTube atau bermain game.

AppLock memungkinkan orangtua memasang kata sandi di aplikasi yang diinginkan. Dengan demikian, anak-anak tidak dapat membuka aplikasi sensitif, seperti Facebook, Instagram, atau aplikasi perbankan.

5. Norton Family

7 Aplikasi Parental Control Terbaik untuk HP AndroidNorton Family (Dok. NortonMobile)

Norton Family adalah pilihan yang bagus untuk anak-anak yang menggunakan Android dan Windows. Fitur Norton Family ideal untuk rumah tangga dengan banyak anak yang menggunakan Windows dan Android.

Beberapa fitur unggulan aplikasi ini adalah kemampuan pelacakan lokasi, penjadwalan waktu, dan pemfilteran web, yang berfungsi untuk perangkat lunak Windows dan Android. Ada juga fitur yang disebut School Time untuk menjaga anak-anak tetap fokus selama waktu kelas belajar jarak jauh.

6. Parental Control - Screen Time & Location Tracker

7 Aplikasi Parental Control Terbaik untuk HP AndroidParental Control - Screen Time & Location Tracker (Dok. Parental Control App by Screen Time Labs)

Parental Control - Screen Time & Location Tracker adalah aplikasi yang membantu orangtua mengelola dan mengontrol jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak mereka di perangkat Android. Selain itu, aplikasi ini menyediakan pemfilteran web yang kuat, pelacakan lokasi, dan pemantauan media sosial, termasuk video YouTube yang ditonton oleh anak-anak.

Dari perangkat orangtua, orangtua dapat membatasi penggunaan aplikasi harian anak-anak, memblokir aplikasi tertentu, menyetujui unduhan aplikasi, memblokir waktu tertentu dalam sehari, dan sebagainya. Dengan demikian, ini membantu anak-anak memahami batas waktu yang sehat untuk menggunakan gadget.

7. FamiSafe

7 Aplikasi Parental Control Terbaik untuk HP AndroidFamiSafe (Dok. WONDERSHARE TECHNOLOGY CO., LIMITED)

FamiSafe hadir sebagai aplikasi parental control untuk anak usia 2-18 tahun. FamiSafe adalah aplikasi parental control yang memungkinkan orangtua melakukan tugas pengasuhan secara digital.

FamiSafe dapat melacak lokasi anak, menampilkan riwayat lokasi mereka, dan mengatur kelonggaran waktu layar dan jadwal untuk pengasuhan dasar. Ini juga mendeteksi dan mengirimkan peringatan instan dari teks berisiko dan gambar porno. Untuk remaja usia 16-18 tahun, ada fitur Driving Report yang mencatat aktivitas mengemudi remaja untuk membantu mereka membentuk kebiasaan mengemudi yang aman

Semua aplikasi ini dapat menjadi tambahan yang bagus dalam mengawasi anak-anak. Namun, yang utama, tetap komunikasikan dengan anak seputar batasan dalam menggunakan gadget, apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan, dan ke mana mereka boleh pergi.

Baca Juga: 7 Aplikasi Mood Tracker Terbaik di Android, Makin Chill

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya