Comscore Tracker

5 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental yang Bikin Pikiran Tenang 

Menjaga kesehatan mental penting banget, lho  

Masalah kesehatan mental yang dulunya dianggap tak penting kini mulai menjadi perhatian banyak orang. Bahkan, belakangan semakin mudah untuk mendapatkan pertolongan kesehatan mental.

Kalau dulu harus repot mendatangi rumah sakit atau klinik psikologi, kini kita sudah bisa mendapatkan pertolongan kesehatan mental dari genggaman. Saat ini mulai banyak aplikasi konsultasi kesehatan mental yang bisa digunakan.

Menjaga kesehatan mental sepenting kita merawat fisik, lho. Terlebih di masa pandemik seperti ini, semakin banyak tekanan yang diterima membuat mental tak lagi baik-baik saja. Sesekali kita perlu mencurahkan isi hati supaya gak stres.

Biar kesehatan mentalmu terjaga secara maksimal, tak ada salahnya untuk mencari pertolongan di saat memang dibutuhkan. Berikut rekomendasi aplikasi kesehatan mental yang bisa kamu manfaatkan.

1. Bicarakan ID  

5 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental yang Bikin Pikiran Tenang Bicarakan ID (instagram.com/bicarakan.indonesia)

Bicarakan ID menjadi salah satu platform konseling masalah kesehatan mental secara online. Cukup berbeda tapi tetap nyaman, kamu bisa bercerita mengenai masalahmu kepada konselor atau psikolog via telepon.

Kamu bisa memilih dan melihat profil dari konselor itu sendiri. Beragam masalah bisa kamu ceritakan tanpa takut privasi terancam. Sebab, Bicarakan ID selalu melindungi privasi dari penggunanya.

Prosesnya pun mudah. Kamu cukup menjadwalkan sesi konseling dengan psikolog, lalu akan dilanjutkan di sesi telepon. Dengan begitu, hidupmu diharapkan bisa lebih baik.

2. Halodoc  

5 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental yang Bikin Pikiran Tenang Halodoc (instagram.com/halodoc)

Kamu mungkin sudah tahu Halodoc. Selain untuk berkonsultasi masalah kesehatan pada dokter, aplikasi yang sedang naik daun ini bisa jadi jalan keluar dari masalah kesehatan mentalmu.

Terdapat layanan bercerita pada psikolog. Kamu bisa memilih satu dari puluhan psikolog klinis yang ada. Meski hanya via chat, intensitasmu bercerita bakal tetap berarti, kok. Harga yang dipatok untuk sekali sesi pun gak mahal, sekitar Rp20-50 ribu saja.

Setelah berkomunikasi, biasanya psikolog klinis akan memiliki kesimpulan dari masalah yang kamu hadapi. Halodoc bisa jadi solusi kesehatan mentalmu, lho.

3. Kalm  

5 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental yang Bikin Pikiran Tenang Kalm (instagram.com/get.kalm)

Selanjutnya ada Kalm yang dirilis pada 2018 lalu. Aplikasi layanan konseling ini bisa banget kamu andalkan. Bahkan, selain fitur berkonsultasi dan berkomunikasi bersama konselor, ada juga gratitude journal yang memintamu menuliskan rasa syukur.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Kamu cukup mengunduh, lalu akan diminta untuk mengisi kuesioner dengan tujuan mengetahui kondisi kesehatan mental terkinimu. Setelah itu, kamu akan disambungkan pada konselor terbaik. Kalau tidak cocok, kamu diperbolehkan ganti konselor.

Baca Juga: 7 Aplikasi Terbaik untuk Scan Dokumen di Android

4. Sahabatku  

5 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental yang Bikin Pikiran Tenang Sahabatku (instagram.com/sahabatku_app)

Aplikasi satu ini bisa merupakan aplikasi konsultasi yang dirintis oleh Universitas Indonesia. Berisi psikolog alumni dari universitas berjaket kuning itu, aplikasi ini sudah mendapatkan sertifikasi resmi dari otoritas kesehatan. Gak perlu diragukan, deh.

Manfaatkan fitur channel, di mana kamu bisa bercerita secara bebas dan menumpahkan segala keluh kesah. Setelah itu, nantinya akan ada psikolog yang terhubung padamu melalui balasan email. Kamu diperbolehkan melanjutkan sesi jika dirasa cocok.

5. Riliv  

5 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental yang Bikin Pikiran Tenang Riliv (instagram.com/riliv)

Riliv yang sedang naik daun ini sudah dirilis sejak 2015, sehingga kualitasnya gak perlu diragukan lagi. Riliv berfokus pada layanan kesehatan mental dengan memberi konsultasi psikologi bagi penggunanya.

Selain itu, aplikasi dengan warna biru muda ini juga memiliki layanan meditasi bernama Meditasi Online Hening. Kamu akan diberikan rekomendasi sesuai masalah yang sedang dialami. Nantinya, kamu akan mendengarkan sesi meditasi dalam waktu yang ditentukan.

Seperti aplikasi lainnya, kamu cuma perlu mengunduhnya saja. Kemudian, pilih jenis paket konseling yang diinginkan, lalu lakukan pembayaran. Setelah itu, kamu akan mengisi beberapa pertanyaan sebelum dihubungkan pada konselor.

Kelima aplikasi kesehatan mental di atas akan sangat berguna bagimu melalui masa-masa sulit. Dengan begitu, kamu bisa menjaga mental agar selalu sehat di segala kondisi. Tunggu apalagi, segera unduh dan mulailah bercerita.

Baca Juga: 7 Aplikasi Terbaik untuk Kenalan dengan Orang di Seluruh Dunia

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya