Comscore Tracker

5 Rahasia Aplikasi Whatsapp, Tingkatkan Fungsinya, lho!

Ternyata ada banyak trik untuk makin menikmati WhatsApp

Semua orang tentu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan WhatsApp, bukan? WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fungsi saling bertukar pesan. Sebetulnya ada banyak sekali fitur yang dapat digunakan oleh para pengguna aplikasi chatting satu ini.

Bahkan, biasanya para pengguna Whatsapp tidak hanya menggunakan aplikasi ini untuk bertukar pesan, namun, juga untuk melakukan panggil suara, video, ataupun gambar. Meski sudah cukup populer, ternyata WhatsApp memiliki beberapa fitur rahasia yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Apakah kamu salah satu yang belum mengetahui sederet fitur rahasia WhatsApp berikut? 

1. Custom chat wallpaper untuk setiap pesan

5 Rahasia Aplikasi Whatsapp, Tingkatkan Fungsinya, lho!ilustrasi whatsapp (unsplash.com/@christianw)

Penggunaan WhatsApp memang dikhususkan untuk saling bertukar pesan sehingga masing-masing kontak akan memiliki ruang obrolan tersendiri. Biasanya beberapa aplikasi justru menyediakan wallpaper chat yang seragam untuk semua jenis pesan.

Berbeda halnya dengan penggunaan WhatsApp, justru setiap pesannya bisa menggunakan custom wallpaper yang berbeda-beda. Hal ini membuat tampilan obrolan dengan orang-orang menjadi lebih berwarna.

2. Menghapus pesan otomatis

5 Rahasia Aplikasi Whatsapp, Tingkatkan Fungsinya, lho!ilustrasi whatsapp (unsplash.com/@jamie452)

Kalau kamu punya banyak kontak di ponsel, tentunya terkadang pesan-pesan WhatsApp cukup membuat repot untuk dihapus satu persatu. Apalagi jika sampai pesan-pesan tersebut justru membuat pesan lain yang lebih penting menjadi tenggelam.

WhatsApp memiliki solusi untuk hal problematika seperti ini, yaitu dengan menggunakan fitur menghapus pesan secara otomatis. Pada fitur ini kamu dapat memiliki tiga opsi untuk menghapus pesan, yakni dalam kurun waktu 24 jam, 7 hari, atau yang sudah mencapai 90 hari lamanya. Dengan demikian, kamu jadi tidak perlu repot-repot lagi untuk menghapus pesan satu persatu.

Baca Juga: 5 Cara Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp dari Orang Lain

3. Detail informasi mengenai pesan

5 Rahasia Aplikasi Whatsapp, Tingkatkan Fungsinya, lho!ilustrasi whatsapp (unsplash.com/@dkfra19)

Ada satu fitur dalam WhatsApp yang mungkin sangat mudah untuk diakses. Fitur tersebut mengenai detail pesan yang dikirimkan pada sang penerima pesan.

Fungsi dari detail pesan tersebut biasanya berkaitan dengan informasi mengenai waktu pesan saat dibaca. Dengan demikian, orang pun jadi mengetahui apabila pesan tersebut telah dibaca atau pun belum oleh sang penerima.

4. Bisa membintangi pesan-pesan penting

5 Rahasia Aplikasi Whatsapp, Tingkatkan Fungsinya, lho!ilustrasi whatsapp (unsplash.com/@ademay)

Sebagai aplikasi yang digunakan untuk saling bertukar pesan, tentu akan ada banyak sekali informasi yang penting untuk dibagikan satu sama lain. Meski begitu, rasanya sangat merepotkan apabila harus mencari satu persatu pesan yang dirasa penting.

Itulah mengapa WhatsApp kemudian menyediakan fitur pesan berbintang yang dapat kamu gunakan. Fitur tersebut dapat digunakan untuk menandai pesan-pesan yang kamu anggap penting. Dengan demikian, pesan-pesan tersebut pun jadi lebih mudah untuk dicari di kemudian hari.

5. Mengekspor chat yang dimiliki

5 Rahasia Aplikasi Whatsapp, Tingkatkan Fungsinya, lho!ilustrasi ponsel (unsplash.com/@freestocks)

WhatsApp tentunya menjadi aplikasi yang menyimpan banyak sekali pesan-pesan di dalamnya. Hal ini menjadi sangat riskan apabila terdapat masalah pada perangkat yang digunakan sehingga membuat pesan-pesan tersebut menjadi mudah lenyap.

Untuk menyiasati hal tersebut, WhatsApp menyediakan fitur ekspor chat yang berguna untuk menyimpan sederet histori chat kamu. Kamu pun jadi tidak perlu khawatir akan kehilangan pesan-pesan penting, termasuk apabila kamu ingin berganti perangkat.

Memang ada banyak sekali fitur rahasia yang bisa digunakan secara mudah di WhatsApp. Setelah mengetahui sederet fitur rahasia tersebut, penggunaan WhatsApp pun dijamin jadi bisa lebih maksimal lagi. Yuk, langsung coba tes di WhatsApp kamu masing-masing!

Baca Juga: 3 Cara Mengunci WA atau WhatsApp, Chat Gak Diintip Orang Lain

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya