Comscore Tracker

Modal Smartphone, Ini 5 Aplikasi yang Wajib Dimiliki YouTuber Pemula

Semua orang bisa jadi YouTuber

Siapa bilang prosesi YouTuber hanya untuk artis atau public figure saja? Sekarang ini, hanya bermodal smartphone, siapa pun bisa jadi YouTuber, guys. Namun, tentunya video yang kamu bikin harus punya kualitas yang cukup baik dan didukung dengan konten yang bermanfaat.

Nah, buat kamu yang tertarik jadi YouTuber dengan cuma bermodalkan smartphone, maka aplikasi berikut wajib kamu punya. Dijamin kualitas video kamu gak kalah keren dengan video yang direkam dengan kamera profesional. Simak sampai akhir, ya!

1. InShot

Modal Smartphone, Ini 5 Aplikasi yang Wajib Dimiliki YouTuber Pemulajournalism.co.uk

Aplikasi pertama adalah InShot. Ini adalah salah satu video editor paling laris, sangat mudah digunakan untuk pemula yang baru belajar edit video, dan kerap direkomendasikan oleh para vlogger profesional.

Di aplikasi InShot, kamu bisa trim (memotong) video, mengubah speed (kecepatan) video, menambah efek suara dan musik, menambah teks, memberi filter dan efek pada gambar, dan masih banyak lagi. Jika kamu pintar menggunakan fitur yang ada di InShot, hasil akhir video kamu gak kalah dengan editor pro.

2. Lexis Audio Editor

Modal Smartphone, Ini 5 Aplikasi yang Wajib Dimiliki YouTuber Pemulalexisaudioeditor.com

Ketika kamu merekam video menggunakan smartphone dan hanya menggunakan mikrofon internal, biasanya suara audio yang dihasilkan akan terdengar kecil. Video dengan audio yang kurang baik tentunya bakal kurang menarik kalau kamu mengunggahnya ke channel YouTube.

Tapi, jangan khawatir karena ada Lexis Audio Editor yang bisa mengubah suara kecil di video kamu tersebut menjadi lebih berkualitas. Cukup gunakan fitur noise reduction dan equalizer/amplifier, maka audio yang sudah di-edit bisa terdengar jauh lebih baik.

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Video Slow Motion di Android, Konten Makin Kece

3. Video To Photo

Modal Smartphone, Ini 5 Aplikasi yang Wajib Dimiliki YouTuber PemulaDok. Pribadi/Intan Deviana

Saat mengunggah video ke kanal YouTube, ada opsi thumbnail yang sebaiknya kamu isi. Thumbnail ini bakal menjadi cover video kamu sehingga terlihat lebih menarik. Kamu bisa mengambil salah satu momen di video yang sudah siap kamu unggah untuk dijadikan thumbnail.

Cara mengambil potongan video tersebut bisa menggunakan Video To Photo, aplikasi yang dapat melakukan converting dari video menjadi format foto. Pilihlah salah satu scene yang sekiranya cocok untuk dijadikan thumbnail, lalu kamu bisa capture scene tersebut berdasarkan time interval atau berdasarkan time image.

4. Canva

https://www.youtube.com/embed/LxVB2FF2gac

Setelah menemukan foto yang cocok untuk Thumbnail, kamu masih bisa mengeditnya lagi dengan cara menambah teks menggunakan font dan template yang menarik. Aplikasi yang recommended untuk melakukan proses edit foto tersebut adalah Canva.

Canva menawarkan banyak sekali font dan template gratis yang bisa langsung kamu gunakan. Karena ingin membuat foto untuk cover video di YouTuber, maka pilihlah template untuk YouTube thumbnail. Kemudian kamu tinggal sesuaikan saja teks apa yang mau kamu tulis, warna template, letak teks, dan sebagainya.

Salah satu tips bikin teks di thumbnail adalah pilihlah jenis font yang mudah dibaca dan gunakan font size yang agak besar.

5. AZ Screen Recorder

Modal Smartphone, Ini 5 Aplikasi yang Wajib Dimiliki YouTuber Pemulamedium.com

Terakhir, kalau kamu pengin bikin video tentang tutorial yang membutuhkan penjelasan menggunakan layar, maka kamu bisa pakai aplikasi AZ Screen Recorder. Selain bisa merekam layar smartphone, aplikasi ini juga menawarkan fitur camera sehingga wajah kamu tetap bisa muncul saat merekam layar.

Sekarang dengan modal smartphone saja kamu sudah bisa mengedit video dengan ciamik. Jangan jadikan keterbatasan alat sebagai penghalang untuk berkarya. Semoga bermanfaat, ya buat kamu yang berniat mendalami profesi ini.

Baca Juga: 7 Software Edit Video Terbaik yang Mudah Digunakan Pemula

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya