Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Windows Defender Adalah Antivirus Terbaik

Gak kalah kuat kok dengan antivirus beken lainnya

Dari sekian banyak software antivirus yang tersedia, Windows Defender adalah aplikasi yang bisa kamu percaya untuk menjaga sistem keamanan pada laptop milikmu karena berbagai fitur-fitur yang dimilikinya.

Nah, berikut 5 alasan mengapa Windows Defender adalah antivirus terbaik yang bisa kamu andalkan. Apa saja ? yuk baca artikel selengkapnya di bawah ini.

1. Dibuat langsung oleh Microsoft sehingga terintegrasi dan teroptimalisasi dengan OS Windows

5 Alasan Mengapa Windows Defender Adalah Antivirus TerbaikPexels.com/Rawpixel

Windows Defender merupakan aplikasi antivirus yang dibuat oleh Microsoft sehingga terintegrasi dengan optimal dengan OS Windows. Dengan demikian, kamu tidak perlu merasa khawatir jika antivirus ini nantinya tidak kompatibel dengan laptop milikmu.

Selain itu, karena antivirus ini sendiri dibuat oleh Microsoft, tentunya keamanan laptop milikmu yang menggunakan OS Windows "lebih" terjamin ketimbang menggunakan program antivirus lainnya karena Microsoft dan Windows Defender sendiri dapat diibaratkan sebagai "tuan rumah" sekaligus "bodyguardnya".

2. Gratis, sehingga kamu tidak perlu merogoh uang untuk berlangganan seperti antivirus lainnya

5 Alasan Mengapa Windows Defender Adalah Antivirus TerbaikPexels.com/Alexander Mils

Meski Microsoft terkenal suka menjual produk layanannya, tapi untuk menjamin keamanan pengguna OS Windows tampaknya perusahaan besutan Bill Gates ini lebih memilih untuk bermurah hati dengan tidak menagih sejumlah uang dari pengguna agar bisa menggunakan Windows Defender.

Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang yang cukup banyak lagi untuk membeli kode aktivasi seperti yang terdapat di berbagai program antivirus lainnya, yang mengharuskan pengguna membayar sebagai syarat menggunakan layanan mereka.

3. Tergolong antivirus ringan, sehingga tidak akan membebani sistem

5 Alasan Mengapa Windows Defender Adalah Antivirus TerbaikPexels.com/Rawpixel

Karena dibuat langsung oleh Microsoft dan terintegrasi dengan optimal di OS Windows, maka tak heran jika Windows Defender tidak menggunakan frekuensi prosesor maupun RAM dalam jumlah yang banyak sehingga sistem tidak akan berjalan dengan lambat.

Berdasarkan pengalaman penulis sendiri ketika mencoba berbagai antivirus lainnya, terkadang sistem menjadi lebih lambat ketimbang sebelumnya. Setelah di cek lewat task manager, ternyata antivirus tersebut menggunakan frekuensi prosesor dan kapasitas RAM yang banyak terutama jika sedang digunakan untuk melakukan scanning.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Antivirus Android Terbaik di Tahun 2019, yuk Cobain!

4. Meski gratis, fitur Windows Defender terbilang cukup lengkap

5 Alasan Mengapa Windows Defender Adalah Antivirus TerbaikMicrosoft.com

Walaupun program antivirus Windows Defender gratis, bukan berarti fitur yang ditawarkan tidak memiliki kualitas yang bagus. Adapun berbagai fitur yang bisa kamu dapatkan di Windows Defender adalah sebagai berikut :

  1. Real Time Protection, menemukan dan mencegah program berbahaya ketika terinstal maupun yang sedang berjalan.
  2. Cloud Delivered Protection, menjamin keamanan laptop milikmu berkat adanya akses ke pusat data proteksi sehingga kamu aman dari berbagai serangan virus, malware, trojan dan sebagainya.
  3. Automatic Sample Submission, memberikan kamu akses untuk berbagi informasi kepada Microsoft jika ada program yang kamu anggap berbahaya.
  4. Tamper Protection, memastikan tidak ada program berbahaya yang ingin mengubah berbagai pengaturan penting pada laptop milikmu seperti menonaktifkan antivirus.
  5. Ransomware Protection, menjamin data yang kamu simpan di folder tertentu aman dari serangan program berbahaya yang ingin mengunci, mencuri atau mengubah data tersebut.

Selain itu, masih ada berbagai fitur lainnya seperti kontrol aplikasi dan browser, firewall yang menjamin keamanan kamu saat berinternet, kontrol kesehatan perangkat seperti isu baterai dan kapasitas penyimpanan.

Terdapat pula pengaturan untuk menjaga agar keamanan anak saat berselancar di internet tetap terjamin sesuai keinginanmu dan memastikan keamanan perangkat anggota keluargamu yang lain tetap aman lewat Windows Defender.

5. Update terjamin

5 Alasan Mengapa Windows Defender Adalah Antivirus TerbaikPexels.com/Rawpixel

Windows Defender sering mendapatkan update untuk memperbaiki performa, memperbaharui database virus maupun optimalisasi dengan OS yang digunakan sehingga kinerja antivirus ini tidak dapat diragukan seiring berjalannya waktu.

Sebagai informasi, saat menulis artikel ini, penulis menggunakan Windows 10 Home versi 1903 dan Windows Defender dengan security intelligence version 1.303.244.0 dan jika kamu menggunakan versi yang lebih rendah atau tinggi, mungkin saja berbagai fitur dan performa yang kamu dapatkan tidak seperti yang tertulis di artikel ini.

Kesimpulannya, antivirus Windows Defender cukup untuk penggunaan normal seperti internet, transfer data, nonton film dan mengetik. Jika kamu adalah pengguna yang sering menginstal berbagai aplikasi atau berbagi data lewat flashdisk, maka kamu bisa mempertimbangkan antivirus lainnya yang berbayar.

Nah, bagaimana menurutmu tentang antivirus Windows Defender? Kamu sendiri menggunakan software antivirus apa ? Yuk, bagikan pengalamanmu di kolom komentar.

Baca Juga: 7 Antivirus dan Anti-Malware Terbaik untuk Android, Dijamin Aman!

Irvin Pabane Photo Verified Writer Irvin Pabane

Love what you do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya