Comscore Tracker

7 Antivirus dan Anti-Malware Terbaik untuk Android, Dijamin Aman!

Tidak hanya PC, smartphone juga butuh proteksi

Aplikasi antivirus dan anti-malware tetap menjadi salah satu jenis aplikasi paling populer di Android. Ini digunakan di banyak smartphone, di mana pengguna terkadang merasa takut dengan ancaman atau bahaya yang masuk ke dalam smartphone mereka.

Sebenarnya, aplikasi antivirus atau anti-malware tidak begitu wajib atau diperlukan untuk diinstal. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa di antaranya dan melakukan tindakan pencegahan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut 7 di antaranya – yang direkomendasikan versi IDN Times!

1. Avast Antivirus

7 Antivirus dan Anti-Malware Terbaik untuk Android, Dijamin Aman!nokiapoweruser.com

Dengan lebih dari 100 juta unduhan dan kepopuleran di berbagai platform, Avast menjadi salah satu antivirus luar biasa yang perlu dipertimbangkan. Di versi Android-nya, Avast dibekali dengan banyak fitur seperti pemindaian virus, applock, call blocker, dukungan anti-theft dan bahkan firewall untuk perangkat yang telah di-root.

Ini bekerja dengan baik dan dapat menemukan virus dengan semestinya. Di samping itu, Avast juga memiliki fitur booster untuk peningkatan performa perangkat, namun tidak direkomendasikan untuk digunakan.

2. Avira

7 Antivirus dan Anti-Malware Terbaik untuk Android, Dijamin Aman!nokiapoweruser.com

Selain Avast, Avira juga punya nama besar di ‘dunia’ antivirus. Ini tumbuh dengan sangat cepat dalam setahun terakhir. Avira dilengkapi dengan banyak fitur-fitur dasar seperti proteksi real-time, pemindaian kartu SD dan masih banyak lagi.

Untuk fitur yang lebih dari dasar, Avira juga memiliki dukungan anti-theft, pemindaian privasi dan blacklist. Ini jauh lebih ringan dari kebanyakan aplikasi antivirus di daftar ini. Selain itu, Avira juga memiliki tool spesial bernama Advisor Stagefright yang sangat direkomendasikan untuk digunakan.

3. Bitdefender Free Antivirus

7 Antivirus dan Anti-Malware Terbaik untuk Android, Dijamin Aman!appmodo.com

Sejak pertama kali diluncurkan, Bitdefender tidak terlalu mendapatkan perubahan yang signifikan. Bitdefender masih bertahan di identitasnya sebagai antivirus gratis dengan fitur pemindaian dasar, UI sederhana, kinerja cepat dan non-konfigurasi.

Ini adalah aplikasi antivirus yang cocok digunakan bagi mereka yang ingin segala sesuatunya dilakukan dengan cepat. Ini memang tidak dilengkapi dengan banyak fitur menarik, namun fitur utamanya yaitu ‘pemindaian virus’ bekerja dengan sangat baik. Ini sederhana dan direkomendasikan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Podcast Terbaik Ini Bisa Diunduh Secara Gratis di Android

4. ESET Mobile Security And Antivirus

7 Antivirus dan Anti-Malware Terbaik untuk Android, Dijamin Aman!technadu.com

Nama lain dari dunia antivirus dan antiwalare yang sangat terkenal adalah ESET. Ini datang dengan fitur yang lengkap termasuk pemindaian perangkat, dukungan anti-theft, audit keamanan, penjadwalan pemindaian dan lain-lain.

Proses pengaturan awal mungkin sedikit rumit, namun setelahnya ini mudah untuk digunakan. ESET juga menjadi salah satu dari sedikit antivirus yang membutuhkan alamat email. Ini tidak seberat Avast atau AVG, namun lebih berat ketimbang Bitdefender. Secara keseluruhan, ini bekerja dengan baik dan direkomendasikan.

5. Kaspersky Mobile Antivirus

7 Antivirus dan Anti-Malware Terbaik untuk Android, Dijamin Aman!androidauthority.com

Integritas Kaspersky sebagai salah satu antivirus terbaik berlanjut ke Android. Di versi mobile ini, Kaspersky hadir dengan beragam fitur seperti pemblokiran telepon & SMS, pemindaian perangkat, pembaruan virus dan anti-theft. Selain itu, ini juga memiliki proteksi real-time, applock dan masih banyak lagi.

Sama seperti ESET, ini tidak terlalu berat ketimbang antivirus besar lain, namun bekerja dengan sangat baik dan menyeluruh. Plus, ini juga benar-benar berfokus kepada tujuannya sebagai ‘antivirus’ dan tidak dibekali dengan fitur-fitur tambahan yang tidak penting.

6. Malwarebytes Security

7 Antivirus dan Anti-Malware Terbaik untuk Android, Dijamin Aman!geckoandfly.com

Tidak hanya tersedia dan populer di PC saja, Malwarebytes juga mendapat banyak perhatian di versi Android-nya. Ini bekerja dengan sempurna dan membekali dirinya dengan banyak fitur seperti pembaruan database virus, pemindaian untuk ransomware, pelacakan izin dan banyak lagi.

Malwarebytes bahkan juga bisa memindai pesan dari WhatsApp, Facebook, SMS dan lain-lain untuk kemungkinan virus atau malware berbahaya yang mungkin ‘menyelinap’ melalui itu. Ini adalah aplikasi yang hebat dan tidak terlalu berat dibandingkan teman-temannya.

7. McAfee Mobile Security And Antivirus

7 Antivirus dan Anti-Malware Terbaik untuk Android, Dijamin Aman!androidha.com

Yang terakhir adalah McAfee yang juga cukup dikenal sebagai salah satu antivirus terbaik. Ini menjadi salah satu yang paling berat pula, namun dilengkapi dengan fitur lengkap seperti pemindaian perangkat, anti-theft, anti-spyware dan penguncian keamanan.

Yang menarik, McAfee dapat mengambil foto dari pencuri handphone dan menyimpan lokasi terakhir ke cloud sebelum smartphone dimatikan. Di samping itu, ini masih memiliki banyak hal menarik lain yang ditawarkan. Bagian antivirus dari aplikasi ini berfungsi dengan sangat baik, sementara beberapa fitur tambahannya juga tidak terlalu buruk.

Itulah tadi beberapa aplikasi antivirus dan antimalware terbaik untuk Android di 2019. Sebagai catatan tambahan, disarankan untuk tidak menggunakan lebih dari satu aplikasi antivirus pada satu perangkat. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Aplikasi Telepon Gratis Ini Patut Kamu Coba, Gak Kalah dari WhatsApp

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You