Comscore Tracker

13 Cara FYP di Tiktok, Bikin Kamu Jadi Kreator Populer

Videomu akan trending dan viral

Jika kamu adalah pengguna baru di TikTok, ada sejumlah istilah yang harus diketahui. FYP adalah salah satunya. Ini merupakan singkatan dari "For You Page'. 

FYP merupakan laman yang muncul saat pertama kali kamu membuka aplikasi tersebut. Laman ini menunjukkan konten-konten populer pengguna lain yang direkomendasikan untukmu. 

Nah, ketika berhasil memasuki FYP, kontenmu berpeluang besar mendapat viewer dari  jutaan pengguna TikTok. Gak heran jika banyak influencer mulai mencari cara FYP di TikTok untuk meningkatkan visibilitas akun. Apakah kamu salah satunya?

Konten seperti apa yang bisa masuk dalam FYP?

Dilansir Later, TikTok merilis faktor-faktor penentu konten FYP, di antaranya:

  • Interaksi pengguna: video tersebut sesuai dengan apa yang kamu sukai, komentari, akun yang diikuti, dan konten yang dibuat
  • Informasi video: meliputi caption, audio, dan hashtag
  • Setelan akun: meliputi preferensi bahasa, negara, dan tipe perangkat yang dipakai. 

Lalu, bagaimana cara agar video TikTok-mu bisa masuk ke FYP? Ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Yuk, simak berikut ini!

1. Buatlah video yang kreatif dan berkualitas tinggi

13 Cara FYP di Tiktok, Bikin Kamu Jadi Kreator Populerilustrasi membuat konten online (unsplash.com/Jenny Ueberberg)

Key of the key cara FYP di TikTok adalah harus menyiapkan video yang kreatif dan memiliki daya tarik. Pastikan idemu unik, tidak hanya menirukan orang lain. Dengan begitu, orang-orang akan penasaran dengannya. 

Selain itu, pastikan juga video yang diunggah memiliki kualitas yang tinggi. Gambar yang jernih, diambil dengan angle yang bagus, dan memiliki warna menarik tentu lebih memikat. 

Tak perlu memiliki smartphone atau kamera yang bagus untuk membuatnya kok. Rata-rata kamera smartphone sekarang sudah bisa memenuhi kualitas video di TikTok. Kamu hanya perlu memolesnya dengan editing yang bagus. 

2. Buatlah video yang singkat, tetapi jelas tujuannya

Banyak orang sering menganggap bahwa semakin panjang video, makin menarik pula kontennya. Namun ternyata tidak, lho! Dilansir Influencer Marketing Hub, justru video yang panjang rawan untuk dilewati oleh para pengguna. 

Maka dari itu, buatlah video yang singkat, tapi dengan tujuan dan maksud yang jelas. Jangan lupa, kamu sebaiknya menyertakan element of surprise atau buatlah penonton penasaran dengan video yang kamu buat agar mereka betah menontonnya. 

3. Jangan lupa tambahkan hashtag di videomu

Berikutnya, jangan lewatkan penggunaan hashtag, ya! Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk menemukan videomu di TikTok. Cantumkanlah tagar yang sedang populer agar TikTok bisa menambahkan videomu ke dalam FYP orang yang sedang mencarinya. 

Ada pula yang berargumen bahwa kamu harus menambahkan tagar #foryou atau #foryoupage agar video bisa difitur di FYP. Namun, belum ada yang bisa membuktikan efektivitasnya. Pastinya, kamu harus mencari tagar yang sedang populer dan viral, kemudian sertakan dalam videomu yang berkaitan. 

Baca Juga: 10 Extension Google Chrome Terbaik yang Perlu Kamu Pasang

4. Pakai musik yang sedang viral di TikTok

13 Cara FYP di Tiktok, Bikin Kamu Jadi Kreator Populerilustrasi joget TikTok (Pexels.com/Artem Podrez)

Musik adalah salah satu unsur yang penting untuk video TikTok. Itulah kenapa platform tersebut menyediakan begitu banyak pilihan musik untukmu dan kamu tidak akan terkena copyright saat menggunakannya. 

Tak hanya itu, menambahkan musik yang telah ramai digunakan ke dalam video TikTok juga bisa meningkatkan peluang videomu untuk difitur di dalam FYP. Pasalnya, algoritma TikTok akan membaca konten tersebut dan menawarkannya ke FYP orang-orang yang selera musiknya sesuai dengan videomu. 

5. Ikutilah tren yang sedang diminati pengguna TikTok

Tren TikTok memang tidak ada habisnya. Hampir setiap hari, ada hal baru yang populer dan viral di platform tersebut. Nah, sebagai kreator konten yang pintar, kamu harus bisa membaca tren tersebut agar 

Kamu tidak harus selalu mengikutinya kok. Namun pilihlah tren yang sesuai dengan preferensimu dan buatlah karya yang unik darinya. Sebisa mungkin berikan elemen-elemen yang berbeda dengan video lainnya agar videomu lebih menonjol. 

6. Video yang relatable dan engaging akan terlihat lebih menarik

Jika kamu ingin mencoba berbagai strategi dan cara FYP di TikTok, penting untuk membuat video yang relatable dan engaging untuk orang lain. Maksudnya, pastikan orang lain bisa mengerti, memahami, dan mungkin mengalami hal yang sama denganmu.

Video seperti itulah yang biasanya mengundang banyak penonton. Dengan begitu, kesempatan untuk masuk FYP semakin besar. 

7. Jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengan pengguna lain

13 Cara FYP di Tiktok, Bikin Kamu Jadi Kreator Populerilustrasi memakai TikTok (pexels.com/Cottonbro)

Sebagai kreator konten, penting pula untuk 'menengok' ke sekitarmu. Pastikan kamu berinteraksi dengan followers dan kreator lainnya. Entah dengan memberikan likes, saling berbalas komentar, dan lain-lain.

Dengan melakukan ini, orang-orang akan semakin mengenalmu dan tertarik untuk menonton karyamu. Tidak ada salahnya untuk mengajak kenalan terlebih dahulu untuk membuat akunmu semakin dikenal.

8. Unggah saat prime time

Layaknya media sosial lain, TikTok pun memiliki waktu 'khusus' alias prime time. Pada waktu tersebut, biasanya pengguna akan ramai-ramai membuka TikTok sehingga memungkinkan kontenmu menjadi FYP.

Mengetahui momen yang tepat untuk mengunggah konten bisa jadi cara FYP di TikTok yang ampuh. Aturan prime time ini bisa berubah, tetapi yang paling umum biasanya pukul 06.00-09.00, jam istirahat siang, dan pukul 19.00 atau 22.00.

9. Ikuti kreator terverifikasi yang relate dengan kontenmu

Ikuti kreator terverifikasi yang juga relate dengan akunmu. Ini dilakukan, untuk melihat kira-kira apa saja konten yang ramai atau sepi peminat. Kamu juga bisa mengumpulkan ide-ide baru untuk membuat konten versimu.

Namun, dengan catatan, terapkan ATM alias Amati Tiru Modifikasi. Hindari membuat konten yang plek ketiplek yang justru membuatmu tidak otentik dan menyebabkan akunmu dicap plagiat. 

10. Kolaborasi dengan kreator lain

13 Cara FYP di Tiktok, Bikin Kamu Jadi Kreator Populerilustrasi kolaborasi konten kreator (pexels.com/cottonbro)

Bukan hanya berinteraksi atau mengikuti, tapi coba kolaborasi dengan kreator lain. Sebisa mungkin yang niche-nya serupa denganmu, ya. Jadi, pengikut akun kreator yang membuat konten bersama denganmu bisa ikut 'melirik' akunmu, bahkan menjadi followers baru. 

Tidak harus langsung dengan yang centang biru dan pengikut jutaan, kok. Siapapun bisa kamu ajak kolaborasi, tapi tetap menunjukkan sisi kreatif dan ciri khas masing-masing biar makin dikenal.

Baca Juga: 6 Cara Download Sound TikTok Tanpa Aplikasi Tambahan

11. Pelajari niche kontenmu

Mungkin saat awal membuat video di TikTok, kamu membuat konten apa saja yang bisa relate dengan pengguna lain. Namun, melakukan ini tidak selalu bisa membuat kontenmu FYP. Alih-alih begitu, sebaiknya tentukan niche yang pas dan usung konten sesuai 'tema' khasmu.

Dengan menentukan niche, kamu juga bisa berfokus mengerjakan konten sesuai dengan yang kamu inginkan. Selain itu, TikTok dan orang lain pun mudah mengenal karakteristik akunmu sehingga bisa menjadi salah satu cara FYP di TikTok yang efektif.

12. Gunakan caption yang mengandung kata kunci

Kolom caption bukan sekadar untuk keterangan. Di sinilah salah satu pendukung jutaan pengguna TikTok bisa menemukan kontenmu. Sisipkan keyword yang kira-kira bakal banyak dicari sesuai dengan niche kontenmu. 

Misalnya, niche kontenmu adalah tips teknologi menggunakan tools desain. Maka kamu bisa menyelipkan kata 'cara menggunakan aplikasi x' di caption sebagai keyword yang mudah dicari.

13. Manfaatkan fitur TikTok Pro

Meski tidak wajib untuk selalu digunakan, fitur aplikasi pro bisa membantu sebagai cara FYP di TikTok. Dengan mengaktifkan fasilitas ini, kamu diberi kesempatan untuk menilik statistik konten milikmu. Misalnya, konten hari ini mendapat sekian banyak view, meningkat sekian banyak dari konten sebelumnya. 

Adanya statistik ini membantumu mengevaluasi semua konten yang sudah kamu buat. Selanjutnya, kamu tinggal menyesuaikan kembali mana akun yang cuco untuk dibuat kembali, mana yang kurang diminati atau tidak berpotensi masuk FYP.

Nah, itulah 13 cara FYP di TikTok yang bisa kamu terapkan. Perlu diketahui bahwa mungkin tak semuanya berhasil karena algoritma setiap orang berbeda-beda. Kamu harus rajin mengeksplor untuk mengetahui cara mana saja yang berhasil untukmu. Selamat berkarya, ya!

Baca Juga: 10 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk TikTok, Siap-siap Viral!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Laili Zain
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya