Comscore Tracker

IDN App Rilis Fitur "Tanya Jawab"! Bebas Berdiskusi, Ini Cara Pakainya

Temukan jawaban dari semua pertanyaanmu di sini~

"Malu bertanya sesat di jalan."

IDN App, salah satu aplikasi baca berita populer di Indonesia baru saja meluncurkan fitur baru yang akan membantu menjawab semua pertanyaanmu. Baik yang menyangkut perkembangan berita dalam negeri, kabar artis Indonesia, tren-tren baru, hingga pertanyaan-pertanyaan receh sekalipun. 

Selain itu, kamu juga bisa membantu para pengguna lain untuk menjawab pertanyaan mereka juga, lho. Penasaran bagaimana cara menggunakannya?

Yuk, simak ulasannya berikut ini! Sebelum itu, pastikan aplikasimu sudah update, ya!

1. Kamu bisa mengakses fitur Tanya Jawab di Home

IDN App Rilis Fitur Tanya Jawab! Bebas Berdiskusi, Ini Cara PakainyaIDN Times/Izza Namira

Untuk membuka fitur Tanya Jawab IDN App, bukalah aplikasi tersebut. Saat masuk ke dalam Home, kamu hanya perlu scroll ke bawah hingga menemukan beberapa section. Ada “Semua”, “Untukmu”, dan di sebelahnya ada “Tanya Jawab”. 

Setelah klik “Tanya Jawab”, aplikasi akan menampilkan preview beberapa pertanyaan yang sudah dikirimkan oleh pengguna lain. Untuk melihatnya secara lengkap, klik tombol “Masuk ke Tanya Jawab” berwarna merah. 

2. Pertanyaan diurutkan berdasarkan popularitas

IDN App Rilis Fitur Tanya Jawab! Bebas Berdiskusi, Ini Cara PakainyaIDN Times/Izza Namira

Nah, kamu bisa scroll laman “Tanya Jawab” sekarang. Semua pertanyaan yang tampil di laman tersebut diurutkan berdasarkan tingkat popularitas.

IDN App Rilis Fitur Tanya Jawab! Bebas Berdiskusi, Ini Cara PakainyaIDN TImes/Izza Namira

Jadi, semakin banyak orang yang upvote atau like dan menjawab pertanyaan tersebut, semakin naik pula posisinya. Kesempatan untuk dilihat pengguna lain pun jadi lebih besar. 

3. Begini cara untuk mengirimkan pertanyaan di fitur Tanya Jawab

IDN App Rilis Fitur Tanya Jawab! Bebas Berdiskusi, Ini Cara PakainyaIDN Times/Izza Namira

Apakah kamu sudah tidak sabar untuk mengirimkan pertanyaan? Untuk melakukannya, kamu harus masuk ke Home terlebih dahulu. Di panel bagian tengah bawah, kamu akan melihat tanda plus (+). Klik tanda tersebut, kemudian klik ikon “Tanya Jawab” yang berada di sebelah kiri. 

Setelah itu, kamu bisa langsung mengetikkan pertanyaanmu. Minimal tiga kata agar orang lain bisa memahaminya dengan lebih mudah. Jika sudah selesai, kamu harus mengidentifikasi topik dari pertanyaan yang diajukan.

IDN App Rilis Fitur Tanya Jawab! Bebas Berdiskusi, Ini Cara PakainyaIDN Times/Bayu D. Wicaksono

Kamu bisa memilih satu hingga tiga topik untuk memudahkan pengguna lain menemukan pertanyaanmu. Agar lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan foto. Setelah itu, klik tombol Post di pojok kanan atas. Pertanyaanmu terkirim, deh!

Baca Juga: 7 Aplikasi Baca Berita Terbaik untuk Android, Bisa Akses di Mana Saja

4. Lingkup pertanyaan tidak terbatas, tapi hindari tiga kategori ini!

IDN App Rilis Fitur Tanya Jawab! Bebas Berdiskusi, Ini Cara PakainyaIDN Times/Izza Namira

IDN App tidak memberi batasan mengenai pertanyaan yang bisa dikirim melalui fitur “Tanya Jawab”. Namun sebaiknya hindari pertanyaan yang mengandung ujaran kebencian atau hate speech, pornografi, dan SARA,. Ketika pertanyaan itu dilaporkan ke admin dan kamu terbukti melanggar salah satu atau bahkan ketiganya, maka admin akan segera menghapusnya dari fitur “Tanya Jawab”. 

5. Menemukan pertanyaan menarik dari pengguna lain? Yuk, bantu jawab!

IDN App Rilis Fitur Tanya Jawab! Bebas Berdiskusi, Ini Cara PakainyaIDN Times/Izza Namira

Saat scrolling laman “Tanya Jawab”, kamu pasti menemukan beberapa pertanyaan yang menarik perhatian. Nah, kamu bisa bantu menjawabnya, lho! Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu klik pertanyaan tersebut, kemudian klik tombol “Jawab Pertanyaan”. 

Jawaban yang kamu berikan bisa berupa opini atau disertai dengan data. Agar lebih akurat lagi, kamu bisa menyertakan link artikel IDN Times sebagai referensi. Yang penting jawabanmu sesuai dengan pertanyaan yang diberikan.

IDN App Rilis Fitur Tanya Jawab! Bebas Berdiskusi, Ini Cara PakainyaIDN Times/Izza Namira

Gimana, mudah sekali, kan? Kamu bisa manfaatkan fitur ini kapan saja. Silakan tanya apa pun dan jawab pertanyaan yang menurutmu menarik.

Fitur "Tanya Jawab" akan menjadi wadah untukmu berdiskusi dengan pengguna lain atau sekalian menjalin relasi dengan mereka. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Review Aplikasi IDN App untuk Android dan iOS, Baca Berita Jadi Mudah!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya