Comscore Tracker

Download Sering Macet di 99 Persen? Ini Penjelasan dan Penyebabnya!

Bikin kesal gak, sih?

Siapa yang tidak senang ketika download bar menunjukkan angka 99 persen? Semua orang pasti kegirangan karena sebentar lagi file yang diinginkan segera bisa diakses. Namun ternyata takdir berkata lain. Angka tersebut terus berada di 99, tanpa kemajuan apa pun. 

Walaupun sudah ditunggu selama berjam-jam, tidak ada tanda-tanda bahwa ia akan bertambah menjadi 100 persen. Bahkan terkadang pesan error pun muncul. Sirna sudah harapan untuk membuka file tersebut.

Kamu pasti pernah mengalami kejadian seperti di atas, kan? Ingatkah kamu betapa kesalnya ketika angka 99 persen tersebut tidak kunjung bertambah barang satu persen saja?

Sayang sekali, akar masalah ini sebenarnya cukup sulit untuk ditemukan. Sebab ada banyak faktor yang bisa memengaruhinya. Namun berikut ini IDN Times menghimpun sejumlah kemungkinan yang bisa memicu masalah tersebut. 

1. Satu persen terakhir dari proses download memegang peran yang besar

Download Sering Macet di 99 Persen? Ini Penjelasan dan Penyebabnya!wisegeek.com

Sebenarnya bagaimana mekanisme download hingga mencapai 100 persen? Dalam sebuah forum online, seorang Software Developer Mihael Medan mengatakan bahwa proses download bukan semata-mata proses mengambil file dari satu sumber untuk dimasukkan ke sistem kita. Ada mekanisme tertentu yang tidak banyak diketahui.

Ia menyebutkan bahwa 99 persen pertama adalah proses untuk loading file. Sedangkan satu persen terakhir disebut sebagai mapping. Ini merupakan istilah programmer yang merujuk pada proses tranformasi file agar bisa dibuka nantinya. 

Mapping itu memakan waktu yang tidak sebentar mengingat proses tersebut krusial. Tak hanya itu, mapping juga sering kali mengalami gangguan. Itulah alasan pertama kenapa file kita sering macet di 99 persen.

2. Perbedaan kecepatan antara penyedia dan pengunduh file

Download Sering Macet di 99 Persen? Ini Penjelasan dan Penyebabnya!sutherlandshire.nsw.gov.au

Alasan berikutnya kenapa download sering macet di 99 persen adalah adanya ketimpangan kecepatan antara developer dan pengunduh file. Ini terutama terjadi ketika kita mengunduh file untuk di-install.

Misal, proses mapping di developer dapat dilalui dengan cepat. Namun karena perbedaan program, PC, dan lain sebagainya, proses tersebut bisa memakan waktu lama pada para pengunduh. Jadi bisa disimpulkan bahwa developer bisa saja salah memperhitungkan langkah dan durasi download

Baca Juga: Bosan di Rumah Aja? Cobain Streaming Netflix Jarak Jauh Bareng Teman

3. Ulah firewall dan antivirus

Download Sering Macet di 99 Persen? Ini Penjelasan dan Penyebabnya!godiscover.co.id

Bukan hanya mekanisme download saja yang memengaruhi, ternyata masalah macetnya unduhan juga bisa terjadi karena ulah firewall dan antivirus kita. Keduanya berperan dalam melindungi PC dari serangan-serangan yang tidak diinginkan. Namun limitasi dan aturan yang mereka taati justru menghalangi kita untuk mengunduh file yang sebenarnya aman-aman saja.

Itulah kenapa dalam forum CNet, banyak orang yang menyarankan untuk memeriksa firewall dan antivirus ketika proses download sering kali macet di 99 persen. Coba matikan keduanya dan jalankan unduhan. Jika memang lancar, berarti kamu harus membenahi setelan dari firewall dan antivirus yang kamu pasang.

4. Progress bar sebenarnya “membohongi” kita

Download Sering Macet di 99 Persen? Ini Penjelasan dan Penyebabnya!zastavki.com

Alasan terakhir, ternyata progress bar yang muncul dalam proses download sebenarnya “membohongi” kita. Bagaimana bisa?

Dilansir dari Popular Mechanics, ternyata komputer sebenarnya tidak tahu berapa durasi yang dibutuhkan untuk mengunduh sebuah file. Sebab hal ini bergantung pada banyak hal. Misalnya koneksi internet, ukuran file, server, hingga proses-proses yang tidak diketahui.

“Ada banyak area dalam komputasi di mana sistem secara keseluruhan tidak bisa memprediksi seberapa lama sebuah proses akan dilakukan, jadi progress bar tidak bergerak secara konsisten,” kata Brad Myers, profesor di Carnegie Mellon’s Human-Computer Interaction Institute kepada Popular Mechanics.

Itulah kenapa setiap persentase dan perkiraan durasi yang tertera tidak selalu akurat. Angka 50 persen belum tentu menunjukkan bahwa kita sedang setengah jalan. Bisa jadi, proses download justru baru saja dimulai. Begitu pula dengan angka 99 persen. 

5. Lalu apa yang harus kita lakukan ketika mengalami hal ini?

Download Sering Macet di 99 Persen? Ini Penjelasan dan Penyebabnya!istockphoto.com

Solusi untuk masalah ini sebenarnya bisa bervariasi, namun secara umum berikut ini cara-cara yang bisa kita coba:

  • Pastikan koneksi internetmu tidak bermasalah;
  • Periksa antivirus dan firewall. Coba matikan keduanya jika download tak kunjung berhasil;
  • Beberapa masalah download bisa disebabkan oleh cookies dan cache browser. Hapus keduanya dan coba download ulang;
  • Jika masih tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan browser yang berbeda;
  • Terkadang, masalah berasal dari sistem PC kita yang terlalu lambat. Coba tambah RAM atau update sistem operasi untuk mengatasinya.

Secara garis besar, seperti itulah gambaran kenapa proses download sering kali macet di 99 persen. Ternyata bukan semata-mata karena masalah koneksi. Jika kamu masih tidak bisa mengatasinya, coba bawa PC atau laptop ke service center, ya!

Baca Juga: 10 Aplikasi Android Baru di April 2020, dari Edit Video hingga Browser

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya