5 Cara Mengatur Spasi di Word yang Berantakan, Mudah Kok!

Copy paste tetap rapi

Pernah copy paste teks dari artikel internet ke Word, tapi jadi berantakan? Bahkan, spasi di dokumennya pun acak-acakan dan sulit dibaca. Kalau pernah mengalami hal ini, baiknya jangan edit spasi manual. Meski mudah, cara tersebut makan waktu lama. 

Sebagai alternatif, coba cara mengatur spasi di Word yang berantakan secara otomatis ini saja. Tinggal klik-klik, teks yang berantakan, akan tersusun dan rapi, deh.

Cara memperbaiki spasi yang berantakan

Perubahan format dari satu file atau dokumen ke file lain, dapat membuat spasi di Word berantakan. Kalau begini, biasanya seseorang menghapus spasi tersebut satu per satu alias manual.

Sebetulnya gak salah, kok. Bahkan, hal tersebut pun tetap bisa dilakukan. Namun, kalau ada cara memperbaiki spasi yang berantakan yang lebih cepat, kenapa gak dicoba, ygy?

1. Find and Replace

5 Cara Mengatur Spasi di Word yang Berantakan, Mudah Kok!ilustrasi fitur find and replace di Word (IDN Times/Laili Zain)

Di Microsoft Word, ada fitur yang bisa digunakan untuk mencari karakter tertentu dan menggantinya dengan karakter lain. Fitur ini dinamakan ‘Find and Replace’. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara memperbaiki spasi yang berantakan.

  1. Buka dokumen Word yang berisi teks berantakan
  2. Jika sudah, klik ‘Ctrl+A’ pada keyboard secara bersamaan
  3. Selanjutnya, pergi ke tab ‘Home’
  4. Pilih opsi ‘Clear Formatting’ pada boks menu ‘Style’. Langkah ini berfungsi untuk menghilangkan format apapun pada teks yang membuatnya berantakan
  5. Buka boks ‘Find and Replace’ dengan shortcut ‘Ctrl+H’ pada Windows dan ‘Cmd+A’ pada Mac. Selain shortcut, opsi ini juga dapat diakses melalui Edit > ‘Find and Replace’ 
  6. Kamu akan melihat jendela baru dengan dua boks format di dalamnya. Pada boks pertama, ketik spasi dua kali sebagai karakter yang ingin dihilangkan
  7. Pada boks kedua, masukkan satu spasi sebagai karakter penggantinya
  8. Jika sudah, klik ‘Replace All’ untuk menerapkan perubahan pada semua spasi
  9. Ulangi hingga muncul pop up berisi ‘0 replacement’, yang artinya sudah gak ada lagi spasi dua kali pada dokumen.

Tahapan di atas akan otomatis menghilangkan spasi-spasi berantakan pada dokumen. Setelah menutup jendela ‘Find and Replace’, kamu akan mendapati teks dalam dokumen rapi. Cara mengatur spasi di Word yang berantakan ini dijamin works.

2. Mengganti tipe save file

5 Cara Mengatur Spasi di Word yang Berantakan, Mudah Kok!ilustrasi mengubah pengaturan penyimpanan (IDN Times/Laili Zain)

Salah satu alasan mengapa spasi di dokumen berantakan adalah tipe saving yang gak sesuai dengan versi Microsoft yang dipakai. Misalnya, dokumen tersimpan dalam bentuk 2019, tapi aplikasinya versi 2003. 

Nah, karena gak support, jadi tampilan dokumennya berantakan. Kalau alasannya itu, cara memperbaiki spasi yang berantakan bisa dengan mengganti jenis file sesuai dengan versi aplikasinya. Caranya begini:

  1. Buka dokumen yang spasinya berantakan
  2. Kemudian buka tab ‘File’ 
  3. Lalu, pilih opsi ‘Save As’ untuk menyimpannya dalam bentuk file baru
  4. Di bagian bawah jendela yang muncul, masukkan nama file yang berbeda sebagai penanda perbedaan file tersebut dengan file yang lama
  5. Di bawahnya lagi, klik ‘Save as Type’ hingga muncul menu dropdown
  6. Pilih ‘Word 97-2003 Document’ atau versi sesuai dengan versi aplikasi yang sedang kamu gunakan
  7. Klik ‘Save’ untuk menyimpan perubahan.

Begitu selesai, file milikmu akan tersimpan dalam dokumen baru dengan versi berbeda. Untuk mengecek apakah spasi sudah benar, bisa dibuka terlebih dahulu.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Pangkat di Word, Bisa Atas dan Bawah

3. Ubah pengaturan di versi 2010 atau lebih baru

Sederhananya, fitur ini memungkinkan file versi 2010 ke atas untuk dibuka di versi Microsoft mana pun. Untuk pengaturannya, bisa dilakukan sebelum saving atau menyimpan dokumen yang diubah.

  1. Buka file di Microsoft versi 2010 atau lebih baru
  2. Buka tab ‘File’
  3. Pilih ‘Info’ 
  4. Pada dropdown yang ada, pilih ‘Check for Issues, Check Compatibility’
  5. Akan muncul jendela baru. Pastikan telah membubuhkan centang pada kedua versi versi 2003-2007 dan 2010
  6. Lalu, klik ‘Ok’ untuk menyimpan pengaturan.

Nantinya, file tersebut gak akan berantakan meski dibuka dengan Microsoft Office versi berapa pun. 

4. Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3)

5 Cara Mengatur Spasi di Word yang Berantakan, Mudah Kok!ilustrasi situs Microsoft untuk mengunduh add-on (IDN Times/Laili Zain)

Menginstal add-on Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3) juga merupakan cara mengatur spasi di Word yang berantakan. Fitur tersebut dapat membuat versi Microsoft Word lawas, bisa membuka file terbaru. 

Caranya, tinggal download software tambahannya, tersedia secara resmi di situs Microsoft Office. Lalu, setelah proses unduhan selesai, lakukan instalasi. Begitu selesai, kamu bisa membuka file versi berapa saja tanpa takut spasi berantakan.

5. Gunakan Notepad sebagai alternatif

5 Cara Mengatur Spasi di Word yang Berantakan, Mudah Kok!ilustrasi notepad Windows (IDN Times/Putri Intan Nur Fauziah)

Cara mengatur spasi di Word yang berantakan selanjutnya adalah memanfaatkan Notepad. Dengan menggunakan ini, format bawaan dari tulisan yang kamu copy paste akan hilang. Termasuk tulisan yang berantakan, baik abjad atau tulisan Arab yang kerap amburadul saat langsung di-copas.

Untuk caranya sendiri mudah. Silakan copy tulisan, lalu paste di Notepad. Setelahnya, copy kembali tulisan tersebut dan paste di Microsoft Word. Langkah ini works di lembar kerja lainnya, seperti Google Docs hingga room chat sekalipun, lho.

Sebelum menerapkan cara mengatur spasi di Word yang berantakan di atas, kamu perlu mengidentifikasi penyebabnya dulu. Dengan begitu, kamu bisa menemukan solusi yang pas untuk file dokumenmu.

Baca Juga: Cara Cek Typo di Google Docs, Bisa Otomatis dan Cepat!

Topik:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya