Comscore Tracker

Ini 7 Aplikasi Chatbot Unik yang Bisa Dijadikan Teman Ngobrol

Biar gak merasa kesepian

Chatbot merupakan program yang dirancang khusus untuk berinteraksi dengan manusia secara alami. Dulunya, chatbot hanya dapat menangani percakapan sederhana. Namun, dengan munculnya teknologi kecerdasan buatan, chatbot dapat berinteraksi dengan pengguna dengan cara yang lebih bervariasi.

Aplikasi chatbot memiliki banyak kegunaan yang berbeda. Misalnya, untuk melayani pertanyaan pelanggan dalam suatu bisnis, memantau kesehatan, bahkan untuk hiburan. Ya, jika kamu sedang merasa kesepian atau gabut, kamu bisa menggunakan chatbot untuk teman mengobrol. Dengannya, kamu bisa membicarakan perasaan, bercerita, bahkan bercanda.

Kalau kamu sedang mencari chatbot sebagai media hiburan, berikut ada beberapa rekomendasi chatbot yang layak dicoba.

1. Replika

Ini 7 Aplikasi Chatbot Unik yang Bisa Dijadikan Teman NgobrolReplika (dok. Luka, Inc)

Replika adalah chatbot yang dirancang untuk menjadi teman dekatmu. Kamu bahkan dapat menyesuaikan tampilan avatar bot, mulai dari jenis kelamin hingga gaya rambut.

Untuk mempelajari tentang pengguna, bot diprogram untuk selalu ingin tahu. Dengan masukan yang teratur, bot tumbuh semakin cerdas dan memberikan respons yang lebih realistis dalam percakapan. Karenanya, pengguna diharapkan bersedia memberikan masukan demi perkembangan Replika yang lebih baik ke depannya.

2. SimSimi

Ini 7 Aplikasi Chatbot Unik yang Bisa Dijadikan Teman NgobrolSimSimi (dok. SimSimi Inc.)

SimSimi memiliki obrolan buatan pengguna semi-otomatis. Jika kamu menyukai obrolan tertentu, kamu dapat memilih untuk menambahkannya ke daftar teman. 

Kamu juga bisa membuat SimSimi sendiri yang akan bertindak sebagai avatar tempat kamu berinteraksi. Meskipun terkadang jawaban SimSimi tidak alami atau tidak masuk akal, tapi aplikasi ini masih sangat menghibur.

3. Cleverbot

Ini 7 Aplikasi Chatbot Unik yang Bisa Dijadikan Teman NgobrolCleverbot (dok. Icogno Ltd)

Cleverbot adalah aplikasi percakapan untuk penggunaan sehari-hari. Aplikasi ini dirancang untuk perangkat Apple dan menggunakan pembelajaran mesin.

Kamu dapat mengubah warna gelembung obrolan sesuai dengan suasana hati dan mengirim pesan apa pun yang kamu inginkan ke bot. Cleverbot mempelajari setiap interaksi dengan manusia. Artinya, ketika kamu mengirim pesan ke bot, algoritmanya memilih frasa yang dimasukkan sebelumnya dari basis datanya sebagai respons. Jadi, terkadang tanggapan Cleverbot tidak masuk akal. Bot juga tidak memahami emosi dan terkadang salah menafsirkan apa yang kamu katakan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android untuk Menyembunyikan Aplikasi Lain, Rahasia Aman

4. Andy English

Ini 7 Aplikasi Chatbot Unik yang Bisa Dijadikan Teman NgobrolAndy English (dok. ZTO Labs)

Dibanding chatbot lainnya dalam daftar, Andy English adalah yang paling unik. Andy English adalah bot yang dirancang untuk mengajar bahasa Inggris melalui percakapan. 

Jika kamu ingin belajar tata bahasa Inggris dan mempelajari kata-kata baru setiap hari, Andy English dapat membantumu. Namun, aplikasi tidak sepenuhnya gratis, dan beberapa pelajaran terkunci. Jadi, untuk menggunakan aplikasi secara penuh, kamu perlu membeli versi berbayarnya.

5. Anima

Ini 7 Aplikasi Chatbot Unik yang Bisa Dijadikan Teman NgobrolAnima (dok. Apperry Ltd)

Anima adalah aplikasi chatbot serupa dengan Replika. Salah satu keistimewaan Anima adalah kamu dapat mengatur kepribadian chatbot. Dengan demikian, ini membantu menyesuaikan AI dengan kebutuhan dan keinginanmu. Kamu juga dapat memberi tahu hobi atau kesukaanmu yang akan membuat percakapan mengarah ke topik tersebut jika chatbot mulai kehabisan hal untuk dibicarakan.

Pengguna juga dimungkinkan mengubah tampilan, jenis kelamin, dan bahkan status hubungan Anima. Namun, untuk mengubah status hubungan dari Friends menjadi Romantic Partners, kamu perlu meningkatkan ke langganan premium.

6. Mydol

Ini 7 Aplikasi Chatbot Unik yang Bisa Dijadikan Teman NgobrolMydol (dok. AD(x) Inc.)

Mydol dirancang sebagai pasangan percakapan virtual yang sifatnya romantis. Mydol memungkinkan kamu membuat percakapan dengan versi virtual dari selebriti favoritmu. Bisa dibilang, Mydol menawarkan fantasi mengobrol dengan idola favoritmu sepanjang hari. 

Alih-alih membuat percakapan biasa, aplikasi chatbot ini berfokus untuk menunjukkan kasih sayang. Misalnya, aplikasi ini secara teratur memujimu dengan mengatakan bahwa kamu keren dan sebagainya.

7. Duolingo

Ini 7 Aplikasi Chatbot Unik yang Bisa Dijadikan Teman NgobrolDuolingo (dok. Duolingo)

Duolingo adalah aplikasi chatbot yang diciptakan untuk kamu yang ingin belajar bahasa baru. Setiap hari, Duolingo mengajarkan jutaan orang ratusan bahasa, kata, dan frasa baru.

Duolingo dapat menghubungkan kamu dengan pengguna lain yang mempelajari bahasa yang sama. Dengan demikian, kamu dapat melakukan percakapan singkat, bahkan bermain game yang menyenangkan bersama.

Duolingo juga memungkinkanmu berbicara dengan chatbot dalam bahasa apa pun yang kamu pilih. Bisa dibilang, Duolingo di sini berperan sebagai tutor virtual. Semakin baik pengguna menguasai bahasa, semakin baik kinerja bot.

Gimana, tertarik mencoba serunya ngobrol dengan chatbot? Yuk, langsung saja unduh aplikasinya!

Baca Juga: 7 Aplikasi Pembersih Speaker HP, Atasi Audio Bermasalah

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya