Comscore Tracker

Catat! 8 Situs yang Wajib Diketahui oleh Pencinta Anime

Berbagai situs untuk berbagai kebutuhan

Menonton anime memang menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan. Namun, bagi mereka yang baru terjun dan mencicipi hobi ini, banyaknya informasi terkait anime mampu membuat mereka kewalahan.

Nah, list ini bertujuan untuk berbagi situs-situs menarik yang penting bagi para pemula dan juga mereka yang sudah lama menonton anime. Pokok pembahasan bukan situs streaming animemelainkan berbagai situs dengan fungsinya masing-masing. Check it out!

1. MyAnimeList

Catat! 8 Situs yang Wajib Diketahui oleh Pencinta Animeilustrasi situs MyAnimeList (myanimelist.net)

Apabila kamu tipe orang yang menonton banyak anime sekaligus, baik yang sudah tamat maupun anime musiman yang merilis episode setiap minggunya, kamu akan membutuhkan situs MyAnimeList.

Pada dasarnya, situs ini berguna untuk mendata anime yang sudah kamu tonton dan manga yang telah kamu baca. Dengan demikian, kamu tidak perlu kesulitan mengingat jumlah episode yang sudah kamu tonton atau jumlah anime yang sudah kamu selesaikan. Nantinya, kamu akan diberikan sejumlah rekomendasi anime dan manga yang sesuai dengan list kamu.

Sebagai jaringan sosial, tentunya kamu bisa bersosialisasi lewat fitur forum. Tidak perlu malu-malu, ada banyak grup buatan orang Indonesia, kok!

2. AniList

Catat! 8 Situs yang Wajib Diketahui oleh Pencinta Animeilustrasi situs AniList (anilist.co)

Tidak cuma MyAnimeListAniList juga punya kegunaan untuk melakukan pendataan. Situs ini sangat cocok bagi kamu yang menganggap desain MyAnimeList terlalu kaku dan membosankan. AniList memiliki desain yang rapi dan minimalis.

Situs dengan moto 'The next-generation anime platform' ini menempatkan perhatian untuk fitur sosial. Dengan menekan tombol 'Social' saja, kamu dapat melihat aktivitas pengguna lain, seperti diskusi dan review. Ingin terlibat? Buat akun dan tekan tombol komentar.

3. Trace.moe

Catat! 8 Situs yang Wajib Diketahui oleh Pencinta Animeilustrasi situs trace.moe (trace.moe)

Media sosial sering digunakan untuk membagikan cuplikan anime. Contohnya, apresiasi terhadap suatu karakter melalui Twitter,  kompilasi momen lucu yang diunggah lewat YouTube, atau fancam yang dibagikan di TikTok. Masalahnya, tidak semua orang mencantumkan sumber anime dalam deskripsi.

Untuk menghadapi problem itu, kamu dapat menggunakan Trace.moe. Kamu perlu melakukan screenshot, kemudian mengunggah gambar tersebut di situs Trace.moe. Seperti gambar di atas, situs ini dapat dengan tepat menemukan anime yang kamu butuhkan.

4. Anime News Network

Catat! 8 Situs yang Wajib Diketahui oleh Pencinta Animeilustrasi Anime News Network (animenewsnetwork.com)

Ada banyak fitur yang dimiliki oleh Anime News Network. Selain pemberitaan tentang industri animanga, situs ini juga punya forum dan ensiklopedia.

Kata 'ensiklopedia' ini tidak melebih-lebihkan. Faktanya, informasi anime dan manga di situs ini memang lengkap. 

Sebagai contoh, semakin sering menonton anime, kamu akan semakin peduli dengan studio dan staf yang mengerjakan proyek anime tersebut. Anime News Network pun menyediakan informasi ini, dari direktur sampai animator kunci. Selebih dari itu, ada juga daftar karakter dan pengisi suara yang padat dan lengkap.

Informasi ini akan berguna apabila suatu saat nanti manga atau light novel favorit kamu mendapatkan adaptasi anime. Kamu langsung bisa melakukan research!

Baca Juga: 8 Situs Nonton Anime Terbaik, Subtitle Bahasa Indonesia

5. Baka-Updates Manga

Catat! 8 Situs yang Wajib Diketahui oleh Pencinta Animeilustrasi Baka-Updates Manga (mangaupdates.com)

"Setelah selesai season ini, aku mau baca manga-nya. Tapi mulai dari mana ya?"

Biasanya, pikiran seperti ini muncul ketika sebuah anime mendekati episode akhir. Tidak perlu bingung, Baka-Updates Manga sangat membantu dalam menjawab pertanyaan itu.

Selain sebagai database manga, situs ini akan memberikan kamu informasi terkait chapter yang harus dibaca setelah menyelesaikan anime. Kamu perlu menuliskan nama manga yang ingin dibaca di kolom penelusuran.

Langkah berikutnya, kamu melakukan scrolling ke bawah. Dalam konteks gambar di atas, diketahui bahwa anime Houseki no Kuni mengadaptasi chapter 1 sampai chapter 31 dengan ending yang orisinal.

6. Themes.moe

Catat! 8 Situs yang Wajib Diketahui oleh Pencinta Animeilustrasi situs themes.moe (themes.moe)

Penggunaan YouTube untuk mencari opening dan ending sebuah anime dikatakan baik apabila kanal resmilah yang mengunggah klip tersebut. Terkadang, kamu akan menemukan opening dan ending yang kualitasnya kurang baik dan diikuti lagu yang berbeda di akhir video. Atau mungkin, opening dan ending yang kamu cari bahkan tidak ada di YouTube.

Themes.moe menjadi situs yang baik bagi kamu yang ingin mencari kedua hal tersebut dengan kualitas yang tinggi. Selain itu, tidak ada modifikasi aneh yang mengganggu kamu.

7. AniChart

Catat! 8 Situs yang Wajib Diketahui oleh Pencinta Animeilustrasi situs AniChart (anichart.net)

Tidak tahu apa saja anime yang keluar di musim ini dan di musim berikutnya? AniChart membuat kamu dari tidak tahu menjadi tahu.

Situs ini sangat berguna karena kamu dapat mengetahui kapan anime itu rilis, dari tanggalnya dan dilengkapi dengan timer yang menghitung mundur. Hal ini berlaku untuk semua anime yang sudah memiliki tanggal rilis pasti.

Kalau mengklik salah satu anime dalam daftar tersebut, kamu akan diarahkan ke AniList untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait anime yang diklik. Sangat praktis!

8. RandomAnime.org

Catat! 8 Situs yang Wajib Diketahui oleh Pencinta Animeilustrasi situs Random Anime (randomanime.org)

Banyaknya anime terkadang membuat bimbang dalam menentukan apa yang harus ditonton. Random Anime menghilangkan keraguan ini dan menentukan anime apa yang harus kamu tonton. Kalau punya akun MyAnimeList dan AniList, situs Random Anime akan mencari anime yang kemungkinan akan sesuai dengan preferensi kamu.

Kalau tidak punya, kamu tetap bisa mendapatkan anime yang acak. Caranya, cukup mengisi form dengan genre yang kamu suka dan genre yang kamu tidak suka. 

Ternyata ada banyak ya situs yang perlu diketahui oleh penggemar anime. Situs manakah yang sering kamu gunakan dan situs apa yang belum tercantum dalam list?  Bagikan melalui fitur komentar, ya!

Baca Juga: Baru Suka Anime? Ini 5 Rekomendasi Anime Terbaik untuk Pemula

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya