Comscore Tracker

7 Aplikasi Terbaik untuk Kolase Foto Instagram, Supaya Makin Keren!

Berguna untuk menggabungkan beberapa foto sekaligus

Di Instagram Story, kini sudah ada fitur layout untuk memudahkan kita menggabungkan beberapa foto sekaligus. Sebenarnya, Instagram juga menyediakan fitur layout untuk feed, tetapi pengguna harus mengunduh aplikasi terpisah.

Apa rekomendasi aplikasi untuk kolase foto yang bisa diunduh? Dan fitur apa saja yang ada di dalamnya? Daripada berlama-lama, simak daftarnya di bawah ini!

1. Layout from Instagram

7 Aplikasi Terbaik untuk Kolase Foto Instagram, Supaya Makin Keren!geekwire.com

Ini adalah aplikasi resmi yang disediakan oleh Instagram. Aplikasi yang diluncurkan pada 19 Mei 2015 ini telah diunduh sebanyak 100 juta kali di Google Play Store.

Cara penggunaannya mudah, pilih foto dari rol kamera atau gunakan Photo Booth bawaan untuk menjepret momen saat itu juga. Setelahnya, aplikasi ini akan menggabungkannya secara otomatis dengan beberapa variasi kolase.

Pilih layout terbaik versimu lalu editlah sesukamu, seperti membalik (rotate), mirroring, atau mengganti gambar. Setelahnya, simpan hasil editanmu dan unggah ke Instagram atau media sosial lain. It's very easy to use!

2. Photo Collage Maker - Photo Editor

7 Aplikasi Terbaik untuk Kolase Foto Instagram, Supaya Makin Keren!play.google.com

Kamu bisa menggabungkan beberapa foto menjadi satu sekaligus mengedit foto dengan aplikasi ini. Bahkan, kamu bisa menambahkan hingga 20 foto dan membuatnya jadi satu kolase.

Pilihlah layout sesuai keinginanmu dan gunakan 31 efek foto untuk membuatnya semakin meriah. Tambahkan juga stiker, emoji, filter, teks, atau bingkai jika kamu suka.

Karena fitur di dalamnya cukup lengkap, tak heran kalau aplikasi besutan developer A Photo Studio ini berhasil mendapatkan lebih dari 5 juta unduhan di Google Play Store. Walau gratis, aplikasi ini menyertakan iklan di dalamnya yang mungkin mengganggu.

3. Photo Collage Maker - Photo Collage & Photo Editor

7 Aplikasi Terbaik untuk Kolase Foto Instagram, Supaya Makin Keren!apkpure.com

Cukup mengejutkan, karena aplikasi besutan Lyrebird Studio ini berhasil meraih 100 juta unduhan di Google Play Store, padahal aplikasi ini dirilis pada 5 Januari 2015 lalu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat kolase foto dan mengedit dalam sekali klik.

Kamu juga bisa menambahkan stiker, filter, efek, dan teks jika mau. Ada puluhan template dan tata letak yang bisa dipilih sesuai keinginanmu. Tak lupa, tambahkan bingkai agar semakin lengkap.

Setelah proses editing selesai, simpan gambar ke device-mu dan upload ke berbagai sosial media, mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya.

4. Photo Collage Pro

7 Aplikasi Terbaik untuk Kolase Foto Instagram, Supaya Makin Keren!apkpure.com

Photo Collage Pro menyediakan lebih dari 120 template atau layout yang bisa dipilih. Cara mengeditnya pun mudah, pilih layout, tambahkan foto dari galerimu, ubah tata letaknya, dan simpanlah ke perangkatmu jika selesai mengedit.

Sama seperti aplikasi serupa, Photo Collage Pro juga menyediakan stiker, filter, teks, background, dan warna border (pembatas) sesuai keinginanmu. Tetapi, kamu juga bisa membuat kolase foto yang minimalis.

Berkat fiturnya, aplikasi buatan Zentertain ini berhasil meraih lebih dari 10 juta unduhan dan memperoleh rating 4,5 di Google Play Store. Untuk membuktikan bagus atau tidaknya, langsung unduh dan coba, yuk!

Baca Juga: 7 Aplikasi Buatan Indonesia Ini Mendukung Kesejahteraan Petani Lokal

5. Gandr

7 Aplikasi Terbaik untuk Kolase Foto Instagram, Supaya Makin Keren!apkpure.com

Apa keunggulan Gandr dibanding aplikasi sejenis? Kamu bisa membuat kolase foto dengan jumlah foto yang tidak terbatas! Kamu bisa menambahkan 50, 100, atau 200 foto sekaligus dan menjadikannya kolase. Luar biasa, kan?

Jangan khawatir, foto-foto ini pasti terlihat kalau diperbesar. Ini karena Gandr menjanjikan hasil yang high resolution (10.000 x 10.000 piksel). Kamu juga bisa menambahkan bingkai dan teks jika perlu.

Setelah mengedit, simpanlah ke perangkatmu dan bagikan ke sosial media milikmu. Tak heran kalau aplikasi yang dikembangkan oleh Tiddmod Studio ini meraih 1 juta unduhan di Google Play Store.

6. Pixlr

7 Aplikasi Terbaik untuk Kolase Foto Instagram, Supaya Makin Keren!blog.pixlr.com

Kamu juga bisa membuat kolase foto di aplikasi Pixlr. Caranya adalah buka aplikasi > pilih Collage > pilih foto-foto yang ingin dikolase > tekan Done. Lalu kamu bisa memilih layout, menyesuaikan ukuran border atau tepian, memberi kurva pada pinggiran foto, hingga memberi warna pada tepian.

Setelahnya, klik Next, kamu bisa mengedit rotasi, pencahayaan, ketajaman, dan lainnya. Jika sudah, klik Done > Save Image. Ada 3 ukuran gambar untuk disimpan, yakni kecil (640 x 640), medium (2048 x 2048), dan besar (5000 x 5000). Kamu juga bisa mengunggahnya ke Instagram, Facebook, dan Twitter langsung.

7. PicCollage

7 Aplikasi Terbaik untuk Kolase Foto Instagram, Supaya Makin Keren!apkpure.com

Dan yang terakhir ada PicCollage, aplikasi besutan Cardinal Blue Software. Aplikasi yang dirilis pada 7 Juni 2012 ini berhasil memperoleh lebih dari 50 juta unduhan di Google Play Store.

Kurang lebih fitur-fiturnya sama seperti aplikasi sejenis. Ada banyak template, layout, grid, stiker, background, dan bingkai yang bisa dipilih. Kamu juga bisa menulis pesan dengan tulisan tangan atau mencorat-coret (doodle) sesuka hati.

Nah, itulah 7 aplikasi pembuat kolase foto untuk Instagram maupun media sosial lain. Kamu berminat mengunduh yang mana?

Baca Juga: 7 Aplikasi Terbaik untuk Menambahkan Watermark di Foto, Simpel Banget!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya