Comscore Tracker

5 Layanan Cloud Terbaik 2022, Punya Beragam Fitur

Menyimpan file menjadi lebih aman

Layanan penyimpanan berbasis awan atau cloud telah menjadi aspek penting dalam dunia modern. Layanan cloud digunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari menyimpan file txt hingga video berkapasitas besar.

Menemukan layanan penyimpanan cloud terbaik bisa menjadi sebuah tantangan dengan beragam faktor, mulai dari harga hingga kapasitas dan keamananan.

Memilih layanan penyimpanan yang kamu percaya merupakan hal penting untuk memastikan keamanan file yang kamu simpan. Melansir laman Tech Radar, berikut 5 layanan cloud terbaik 2022. 

1. iDrive

5 Layanan Cloud Terbaik 2022, Punya Beragam Fiturilustrasi iDrive (idrive.com)

IDrive menjadi layanan penyimpanan cloud terbaik karena perpaduan dari aplikasi yang mudah digunakan, pencadangan yang baik, dan keamanan yang kuat. Fitur pencadangannya yang komprehensif memungkinkan kamu untuk melindungi file yang kamu simpan.

Untuk keamanan, IDrive menghadirkan fitur autentikasi dua faktor dan enkripsi end-to-end untuk memastikan tidak ada orang lain yang mengakses file kamu. Layanan cloud ini menyediakan beragam penawaran, seperti 10TB dengan harga Rp59.670 per tahun. 

2. pCloud

5 Layanan Cloud Terbaik 2022, Punya Beragam Fiturilustrasi pCloud (pcloud.com)

Layanan cloud yang berbasis di Swiss ini menawarkan berbagai fitur pencadangan, berbagi file, dan manajemen file yang esensial. Kamu bisa menyinkronkan file utama di seluruh perangkat dan membagikannya dengan bebas kepada orang lain.

Selain itu, pCloud juga memungkinkan penggunanya membuat halaman khusus untuk download dengan pesan yang bisa dipersonalisasi. Kamu bisa membuat tayangan slide gambar yang dibagikan dan bahkan memutar file audio atau video langsung dari ruang penyimpanan. 

3. Sync.com

5 Layanan Cloud Terbaik 2022, Punya Beragam Fiturilustrasi sync.com (sync.com)

Seperti namanya, Sync.com adalah layanan sinkronisasi file langsung. Kamu cukup menginstal aplikasi di semua perangkat, masukkan file ke folder Sync di satu perangkat, dan file tersebut akan segera muncul di semua perangkat lainnya. 

Aplikasi di smartphone dapat secara otomatis menyinkronkan foto dan video saat kamu mengambilnya. Fitur berbagi file mencakup opsi untuk membuat tautan yang hanya bisa dibaca, dilindungi kata sandi, atau link yang bersifat sementara. Kamu juga bisa menetapkan batas unduhan file, dan masih banyak fitur lain yang bisa kamu coba. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Konverter JPG ke PDF di Windows 

4. Backblaze

5 Layanan Cloud Terbaik 2022, Punya Beragam Fiturilustrasi Backblaze (backblaze.com)

Saat beberapa layanan penyimpanan cloud menawarkan fitur berbagi dan sinkronisasi file, Backblaze mengambil pendekatan yang lebih sederhana: menangani pencadangan pribadi dan bisnis. Backblaze menghadirkan fitur ini dengan sangat baik.

Semua paket yang ditawarkan terkait ruang cadangan tidak terbatas. Contohnya tidak ada batasan ukuran file. Backblaze juga mudah digunakan. Cukup instal aplikasi di Windows atau Mac, Backblaze akan secara otomatis mendeteksi file saat diubah, lalu mengunggahnya ke cloud.

5. Internxt

5 Layanan Cloud Terbaik 2022, Punya Beragam Fiturilustrasi Internxt (internxt.com)

Internxt adalah penyedia layanana cloud yang berfokus pada keamanan dan melakukan lebih dari memastikan keamanan file kamu. Enkripsi end-to-end dan enkripsi zero-knowledge akan mencegah orang lain mengakses data kamu. Saat file kamu diunggah, layanan ini akan dibagi menjadi beberapa bagian dan tersebar di jaringan peer-to-peer

Menyimpan data di beberapa host tidak hanya mencegah file diretas oleh hacker, tapi juga mencegah file untuk hilang karena masalah yang tak terduga. Fitur bonus terkait keamanan termasuk pemeriksaan kata sandi untuk mengidentifikasi kata sandi yang lemah. 

 

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, penyedia layanan cloud tidak hanya didominasi oleh perusahaan raksasa seperti Google. Para penyedia layanan cloud menawarkan berbagai macam fitur menarik, mulai dari berbagi file hingga keamanan. 

Baca Juga: 9 Fitur Terbaru iOS 16, Ada Apa Saja?

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya