Comscore Tracker

Teknologi di Balik DANA Indonesia, Yuk Intip! 

Transaksi finansial menjadi semakin mudah

Perkembangan teknologi membuat dunia transaksi finansial semakin berkembang. Mulai dari belanja online hingga melakukan pembayaran tagihan, hal tersebut bisa kamu lakukan hanya dengan sentuhan jari. 

DANA menjadi salah satu aplikasi e-wallet yang cukup banyak digunakan di Indonesia dalam melakukan transaksi ini. DANA Indonesia baru saja membagikan insight tentang teknologi dan talenta digital di balik aplikasinya dalam acara diskusi media pada Kamis (25/11/2022). 

Acara ini menghadirkan Norman Sasono, Chief of Technology Officer DANA Indonesia, untuk menjelaskan teknologi yang digunakan DANA dan inovasi yang akan dihadirkan di kemudian hari. 

1. Transformasi teknologi yang berkembang pesat

Teknologi di Balik DANA Indonesia, Yuk Intip! ilustrasi belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Norman mengatakan bahwa transformasi digital telah berkembang sangat pesat dalam dua tahun terakhir. Pandemi COVID-19 mengharuskan masyarakat beralih menggunakan platform online guna menghindari interaksi fisik. 

Hal ini tentunya membuat berbagai perusahaan di bidang teknologi, termasuk DANA, meningkatkan inovasi mereka untuk memaksimalkan layanan. Beberapa teknologi yang banyak digunakan dalam perusahaan teknologi meliputi cloud computing, Internet of Things (IoT), big data, dan artificial intelligence (AI)

2. UX dan QoS menjadi prioritas

Teknologi di Balik DANA Indonesia, Yuk Intip! ilustrasi UX DANA (dana.id)

Dari berbagai teknologi yang digunakan, User Experience (UX) dan Quality of Service (QoS) menjadi hal diprioritaskan oleh DANA. Norman mengungkapkan bahwa UX yang baik akan meningkatkan kepercayaan pengguna dalam menggunakan aplikasi DANA. 

Selain UX, Norman juga mengungkapkan bahwa QoS atau kualitas pelayanan perlu dipertahankan dan ditingkatkan untuk memenuhi kepuasan pengguna. Ada 6 aspek utama terkait QoS di balik teknologi DANA, yaitu Availability, Reliability, Performance, Scalability, Resilience, dan Security

"Di tengah akselerasi transformasi digital di Indonesia, DANA terus berinovasi untuk menjadi dompet digital yang memberikan Quality of Service (QoS) yang superior dan User Experience (UX) terbaik dalam bertransaksi," ucap Norman. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi untuk Mengubah Tampilan Windows 11

3. Keamanan siber DANA

Teknologi di Balik DANA Indonesia, Yuk Intip! ilustrasi keamanan siber (Unsplash.com/Freestock)

Di era teknologi yang semakin berkembang, keamanan siber atau cybersecurity menjadi hal yang sangat penting. Norman mengatakan bahwa DANA baru saja memperbarui sertifikasi ISO 27001 pada November 2022. 

Ia juga menjamin keamanan dana, data, dan transaksi dengan berbagai keamanan yang digunakan DANA. Mulai dari PIN hingga teknologi verifikasi wajah dengan DANA VIZ (Visual Identity Authorization), DANA memastikan keamanan penggunanya tetap terjaga.

Selain itu, DANA juga telah dilengkapi oleh teknologi Risk Engine yang menggunakan data perangkat hingga karakteristik transaksi pengguna untuk mitigasi risiko. 

4. Data science dan machine learning untuk meningkatkan inovasi DANA

Teknologi di Balik DANA Indonesia, Yuk Intip! ilustrasi machine learning (pixabay.com/geralt)

Norman menjelaskan bahwa DANA akan terus meningkatkan layanan dan keamanan teknologi di balik DANA. Data science dan machine learning menjadi dua teknologi utama yang akan digunakan DANA untuk mengembangkan inovasi mereka. 

Melalui teknologi tersebut, ia berharap DANA bisa memberikan layanan yang dipersonalisasi dan lebih spesifik untuk tiap pengguna. Fitur dan layanan yang dipersonalisasi dapat memberikan user experience yang lebih baik. 

 

Transformasi digital yang semakin pesat membuat transaksi finansial menjadi semakin mudah. Hal ini membuat layanan dompet digital semakin populer dan banyak digunakan. Beberapa teknologi yang banyak digunakan dalam menjalankan e-wallet meliputi cloud computing, Internet of Things (IoT), big data, dan artificial intelligence (AI)

Baca Juga: 7 Keyboard Portable Terbaik 2022, Nyaman Dibawa ke Mana Saja

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya