Comscore Tracker

Ini Cara Membuat Grup Telegram, Mudah Banget!

Hanya membutuhkan 5 langkah

Pada zaman dahulu untuk dapat mengirim pesan kepada sesama diperlukan media khusus, seperti menggunakan asap ataupun kentongan. Lalu, seiring berjalannya waktu, mengirim pesan dapat melalui surat yang diantar petugas pos. Namun, sekarang hal-hal seperti itu sudah urung dilakukan karena ada teknologi bernama media sosial.

Ada banyak media sosial yang diperuntukkan khusus untuk mengirim pesan, berupa tulisan, gambar, atau video. Mulai dari WhatsApp, Line, Wechat, sampai Telegram. Namun, dari sekian banyak media sosial yang ada hanya ada dua aplikasi terpopuler di Indonesia, yakni WhatsApp dan Telegram.

Kali ini, IDN Times akan membahas tentang Telegram. Yuk, simak!

Baca Juga: Cara Menggunakan Telegram Web di Komputer, Gak Ribet!

Sekilas tentang Telegram

Ini Cara Membuat Grup Telegram, Mudah Banget!ilustrasi Telegram (techbriefly.com)

Telegram adalah aplikasi chatting yang dibuat pada tahun 2013 oleh warga negara Rusia, yakni Nikolai dan Pavel Durov. Meski terpaut empat tahun dengan WhatsApp, aplikasi ini langsung menjadi primadona masyarakat. Sampai tahun 2022, tercatat ada 500 juta pengguna di dunia.  Di Indonesia, berdasarkan survey We Are Social tahun 2022, Telegram menjadi media sosial chatting dengan pengguna terbanyak kedua setelah WhatsApp.

Penyebab besarnya popularitas pada Telegram tidak terlepas oleh adanya perbedaan fitur dengan pesaingnya, WhatsApp. Di Telegram, pengguna dapat chat dengan stranger melalui fitur "Anonymous Chat". Bisa juga membuat polling dalam room chat. Dan, yang tidak ada di WhatsApp dan menjadi daya tarik terkuat adalah kemampuan Telegram yang dapat menampung ribuan anggota dalam satu grup. 

Apakah kamu salah satu orang yang tertarik dengan fitur grup Telegram? Jika iya, simak cara berikut agar kamu dapat membuat grup Telegram.

Cara membuat grup Telegram

Ini Cara Membuat Grup Telegram, Mudah Banget!ilustrasi aplikasi perpesanan Telegram (unsplash.com/christian wiediger)

Grup dalam Telegram mampu menampung 5 ribu anggota. Keunggulan lain yang ada adalah kemampuan admin grup dalam menentukan jenis grup, publik atau private. Untuk membuat grup Telegram, kamu hanya perlu mengikuti 5 langkah, antara lain:

  1. Buka aplikasi Telegram di HP kamu
  2. Kemudian, tekan ikon berbentuk pensil pada pojok kanan bawah
  3. Jika sudah, pilih "New Group"
  4. Tentukan anggota grup lewat kontak Telegram
  5. Selanjutnya, atur nama grup, foto grup, dan jenis grupnya.

Jika sudah melakukan semuanya, maka grup Telegram berhasil dibuat.

Demikian cara membuat grup Telegram. Gampang, kan?

Penulis: Muhammad Fakhriansyah

Baca Juga: 5 Cara Asyik Dapatkan Beasiswa Lewat Komunitas Telegram, Wajib Tahu!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya