Comscore Tracker

5 Fakta Unik REX,  Manusia Bionik Pertama di Dunia Nyata yang Canggih

Akankah kita menghadapi zaman Terminator dengan segera?

Zaman Terminator telah tiba, suatu saat manusia bionik (separuh manusia, separuh mesin) akan bertebaran di muka Bumi. Manusia buatan yang berwujud mirip Manusia asli, namun jeroannya terbuat dari komponen elektronik yang terhubung melalui microchip dan komputer. Ketika Luke Skywalker di film Star Wars Eps V mendapat tangan bionik sempurna untuk menggantikan tangannya yang terputus, ide mereplikasi organ manusia dan bagian tubuh lain tampaknya terlalu fiktif dan mengada-ada.

1. Terminator asli buatan manusia

5 Fakta Unik REX,  Manusia Bionik Pertama di Dunia Nyata yang Canggihspectrum.ieee.com

Para ilmuwan, telah menciptakan “REX” - manusia bionik pertama yang paling lengkap di dunia, baru saja diluncurkan di London. Mereka percaya, sekarang kita dapat mereplikasi sekitar 2/3 dari semua organ tubuh manusia. Seharusnya kita terkejut karena ternyata begitu banyak bagian tubuh yang bisa diganti. Ada beberapa organ vital yang hilang, seperti perut, tetapi 60-70 persen organ manusia secara efektif dapat dibangun kembali.

Hal sudah digembar-gemborkan sebagai tonggak kelahiran manusia bionik - meskipun para ahli berkata bahwa mereka masih bisa mengendalikan teknologi itu. Tapi jika suatu saat peradaban bionik mendominasi, apakah kita bisa melawannya?

2. Idenya berasal dari seorang penyandang cacat

5 Fakta Unik REX,  Manusia Bionik Pertama di Dunia Nyata yang Canggihmdr.de/Bertolt Meyer
"Saya telah mencari teknologi bionik baru untuk pribadi dalam waktu yang lama dan 5-6 tahun yang lalu tidak banyak perubahan terjadi, tiba-tiba kita berada pada titik di mana kita mampu membuat organ tubuh yang hebat dan indah dengan cara kita sendiri." Bertolt Meyer, konsultan psikologi sosial pada proyek pembuatan REX.

Bertolt Meyer memiliki pandangan yang menarik, karena ia dilahirkan tanpa tangan kirinya dan sekarang memakai prosthesis alias tangan palsu (dengan sistem bionik). Tidak semua orang di luar percaya bahwa kemajuan baru-baru ini nyata adanya, dan sangat mengesankan, yaitu kemampuan kita untuk menggandakan organ tubuh dan jaringan. Meskipun protese lengan bertenaga motor tidak bisa sepenuhnya bisa menandingi ketangkasan tangan asli, setidaknya dia sudah bisa mengangkat beban.

Apa yang mulai dicapai adalah membuat prothesis yang terlihat sangat mirip seperti bagian tubuh manusia, namun masih jauh jika akan meniru fungsi asli sensorik syaraf manusia. Bagaimana kulit kita merasakan panas, dingin, nyeri dan sentuhan. Hal ini belum bisa dilakukan oleh robot.

Profesor Hsiao membuat perbandingan antara Star Wars dan kehidupan nyata. Tujuannya adalah adegan dalam film di mana tokoh Luke Skywalker mendapatkan tangan bionik barunya. Ketika dites ternyata mampu merasakan sakit, apa yang mereka buat belum akan sampai ke sana. Dalam 10 tahun ke depan, mereka berharap akan bisa membuat robot yang tangkas untuk mengambil pena dan menulis dengannya. Meskipun belum bisa mengirim kembali informasi sensorik, seperti yang saraf tangan kita lakukan.

Baca Juga: Yuk Mengenal Super Anthony: Robot Petarung yang Canggih, Ini 6 Infonya

3. Puncak pencapaian robotika dunia saat ini ditunjukkan dengan keberadaan REX

5 Fakta Unik REX,  Manusia Bionik Pertama di Dunia Nyata yang Canggihdailymail.co.uk

REX merupakan puncak pencapaian robotika saat ini, dipamerkan di Science Museum London. Strukturnya mirip manusia, kepala, tangan, tulang, wajah bahkan retina (organ mata) dan telinga buatan.

Organ dalam REX yang lain, di antaranya pankreas (untuk metabolime gula darah) , sepasang paru-paru buatan dan kandung kencing, masih dalam taraf pengembangan. Meskipun begitu beberapa teknologinya tidak dapat bekerja tanpa campur tangan manusia; seperti tangan bionik, yang membutuhkan otot dan sinyal saraf dari otak yang berfungsi. Bagian lain, seperti jantung dan pankreas, bisa dirancang untuk bekerja sendiri. Bagian tubuh lainnya tetap berada di luar jangkauan ilmuwan.

Satu-satunya organ yang terlihat sangat besar adalah perut buatan yang bisa menghasilkan listrik. Sayangnya itu belum bisa menggantikan perut asli manusia, tetapi ilmuwan yakin ada orang-orang di regenerative medicine community yang bisa mengembangkannya.

Untuk replikasi otak manusia, (struktur paling kompleks dari manusia), bahkan masih dalam pengembangan. Makhluk Ini adalah etalase organ buatan, yang menunjukkan dengan tepat di mana kita akan mampu mengganti organ-organ manusia.

4. Bernapas, berbicara dan bergerak mirip manusia

5 Fakta Unik REX,  Manusia Bionik Pertama di Dunia Nyata yang Canggihreuters.com

REX bisa berjalan. Dia berbicara dan dia memiliki detak jantung, tapi kita tahu dia bukan manusia, karena dia adalah manusia bionik pertama di dunia. Seperti monster Frankenstein, REX dirangkai bersama-sama dari campuran bagian tubuh, manusia bionik ini adalah gabungan dari prostesa manusia paling canggih - dari kaki robot hingga organ buatan sampai sistem peredaran darah yang memompa darah. Struktur tulang serta persendian membuat REX bisa berdiri dan berjalan layaknya manusia.

5. Harganya Rp150 Miliar, tidak heran ia dijuluki Millions Dollar Man

5 Fakta Unik REX,  Manusia Bionik Pertama di Dunia Nyata yang Canggihhistory.com

Dijuluki sebagai Millions Dollar Man (karena itulah biaya yang harus dikeluarkan untuk membuatnya). Dia terdiri dari wajah, pinggul, lutut, kaki, dan tangan tiruan, semuanya dibeli secara komersil, termasuk retina buatan, koklea (organ telinga tengah) dan jantung. Semuanya menelan biaya hampir US$1 juta, itu setara kurang lebih Rp150 Miliar (dengan kurs 1 US$ = Rp15 ribu).

https://www.youtube.com/embed/pQn6ioXUpDk

Sayangnya, banyak yang meragukan perkembangan manusia bionik di masa depan. Untuk membuat cyborg atau manusia sepenuhnya terbuat dari besi seperti Terminator yang memiliki kecerdasan buatan akan terganjal masalah etika. Ada ketakutan sendiri jikalau mereka nanti berbalik menguasai peradaban manusia.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Tentang Robot Pintar, Menuju Dunia yang Jauh Lebih Modern

Setyo Ari Cahyono Photo Community Writer Setyo Ari Cahyono

Physician who love science, writing and art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

19
MEI
2019
14 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

18.59

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 19 May 2019 14:00:05

Progress: 730.417 dari 813.350 TPS (89.80353%)

Just For You