Comscore Tracker

Riset Membuktikan kalau Gen Z Paling Suka Video Pendek

TikTok, Instagram Reels, and YouTube Shorts paling dominan

Jakarta, IDN Times - IDN Research Institute menggandeng Populix menggelar riset khusus untuk menggali dan mengenali lebih dalam Gen Z. Salah satu yang dibedah dalam riset ini adalah ketertarikan Gen Z akan media visual khususnya kecenderungan mereka untuk memanfaatkan fitur video pendek.

Oh ya, riset ini digelar dengan metode multistage random sampling, melibatkan 1.000 responden yang tersebar di 12 kota pada 27 Januari-7 Maret 2022, dan dengan margin of error sebesar < 5 persen. 

Hasil lengkap riset tertuang dalam report berjudul 'Indonesia Gen Z Report 2022'. Report ini dirilis bersamaan dengan acara Indonesia Millennials and Gen Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, pada 29-30 September 2022.

1. Sebanyak 74 persen Gen Z menggunakan Instagram setiap hari

Riset Membuktikan kalau Gen Z Paling Suka Video PendekIlustrasi Indonesia Millennials Report 2022 (Dok. IDN Times)

Dalam riset tersebut terungkap bahwa 3 dari 4 Gen Z (74%) menggunakan Instagram setiap hari. Ini sejalan dengan tren di Amerika Serikat di mana remaja dan dewasa muda lebih memilih Instagram daripada Facebook, karena yang terakhir lebih identik dengan media sosial orang tua.

Bagi Gen Z, tujuan Instagram tidak hanya sosial (menunjukkan kehidupan seseorang yang dikurasi dan berinteraksi sosial di platform) tetapi juga untuk penemuan dan sebagai platform belanja.

2. Pengembangan fitur shorts video di YouTube menjadi sangat relevan sebagai pesaing Instagram

Riset Membuktikan kalau Gen Z Paling Suka Video PendekIlustrasi Instagram (Dok. IDN Times)

YouTube mengikuti Instagram sebagai media sosial paling populer di kalangan Gen Z. Beberapa penyedia internet di Indonesia menawarkan kuota ekstra atau gratis untuk YouTube, yang membantu menjelaskan popularitasnya meskipun video merupakan media yang padat data.

Dikenal sebagai platform streaming video, YouTube kini telah mengembangkan lebih banyak fitur sosial seperti memungkinkan pengguna untuk menggunakan teks dan foto di feed mereka dan memperkenalkan fitur shorts video agar tetap relevan di tengah kesuksesan TikTok.

3. TikTok lebih populer untuk Gen Z usia lebih muda

Riset Membuktikan kalau Gen Z Paling Suka Video PendekIlustrasi Indonesia Millennials Report 2022 (Dok. IDN Times)

TikTok meningkat sebagai pesaing serius melawan Instagram, dengan 40 persen Gen Z mengakses TikTok setiap hari. Di antara Gen Z Indonesia, TikTok lebih populer untuk Gen Z yang lebih muda (43 persen dibandingkan yang lebih tua pada 36 persen), status sosial ekonomi yang lebih rendah (44 persen dibandingkan ke atas sebesar 32 persen dan menengah pada 40 persen), dan perempuan (50 persen dibandingkan dengan laki-laki sebesar 31persen).

Dapat dikatakan bahwa TikTok menantang dominasi Meta tentang bagaimana orang menghabiskan waktu dan perhatian mereka. Pertumbuhan media sosial milik China itu bahkan telah disebutkan oleh Mark Zuckerberg sendiri dan dalam dokumen internal yang dikenal sebagai surat kabar Facebook.

Baca Juga: 5 Influencer Paling Disukai Gen Z di Indonesia, Raffi Ahmad Teratas!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya