Comscore Tracker

Tak Berpenghuni, 7 Pulau di Indonesia Ini Ternyata Sangat Mempesona!

Kamu harus traveling ke pulau-pulau ini ya, guys!

Ada lebih 17.000 pulau di Nusantara, yang membuat Indonesia jadi negara kepulauan terbesar di dunia. Namun, hanya sekitar 30-35 persen saja yang berpenghuni. Pemerintah Indonesia sendiri baru mendaftarkan 13.466 pulau, termasuk 92 pulau kecil terluar ke Kantor PBB di New York, AS.

Menariknya, dari sekian banyak pulau tak berpenghuni itu, ternyata menyimpan pesona yang memukau. Seperti 7 pulau tak berpenghuni di Indonesia yang sangat indah ini.

1. Pulau Pasumpahan

Tak Berpenghuni, 7 Pulau di Indonesia Ini Ternyata Sangat Mempesona!Travel Kompas

Dimulai dari sisi barat, pulau tropis nan eksotis ini masuk dalam wilayah administratif Kotamadya Padang, Sumatera Barat. Hamparan pasir putih dan lautan hijau biru yang masih sangat jernih menjadi pemandangan yang akan memanjakan mata kamu saat berada di Pulau Pasumpahan. Pokoknya, kamu bakal nyaman buat bersantai dan asyik untuk snorkeling!

2. Pulau Nipa

Tak Berpenghuni, 7 Pulau di Indonesia Ini Ternyata Sangat Mempesona!tanahnusantara.com

Berstatus pulau terluar Indonesia dekat wilayah Singapura, Pulau Nipa menyimpan keindahan yang belum terjamah. Pada tahun 2000, pulau ini nyaris tenggelam karena penambangan pasir yang berlebihan untuk reklamasi Singapura.

Sekarang, pulau seluas 62 hektare yang berada di wilayah administratif Kotamadya Batam, Kepulauan Riau ini dijaga oleh TNI Angkatan Laut.

3. Pulau Cemara Besar

Tak Berpenghuni, 7 Pulau di Indonesia Ini Ternyata Sangat Mempesona!piknikdong.com

Pulau ini ditumbuhi oleh pohon cemara di hampir seluruh daratannya, sehingga dinamakan Pulau Cemara Besar, terletak di Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah. Tak heran jika pulau ini terkenal dengan kesejukannya.

Setelah menghabiskan waktu melakukan aktifitas snorkeling atau menyelam untuk menikmati keindahan surga bawah lautnya, kamu pun bisa bersantai.

4. Pulau Selayar Bawean

Tak Berpenghuni, 7 Pulau di Indonesia Ini Ternyata Sangat Mempesona!bisnissurabaya.com

Terletak di seberang utara Kabupaten Gresik, Jawa Timur, pulau ini dikenal dengan banyak nama. Dalam Bahasa Melayu disebut Pulau Boyan, atau Pulau Majeti yang artinya Pulau Putri. Namun, orang lebih mengenalnya dengan nama Pulau Selayar, Bawean.

Menariknya, bentuknya terlihat seperti pulau saat air laut pasang. Jika air laut surut, maka akan terlihat seperti gunung.

5. Pulau Intata

Tak Berpenghuni, 7 Pulau di Indonesia Ini Ternyata Sangat Mempesona!regykurniawan.com

Berstatus sebagai pulau terluar, termasuk dalam 11 pulau terluar di kawasan Provinsi Sulawesi Utara, ternyata Pulau Intata sangat eksotis. Lautnya masih jernih berwarna biru hijau tosca, pasirnya lembut dan putih, serta kawasannya alami dan sejuk.

Letaknya berbatasan langsung dengan wilayah perairan Filipina, dan tidak jauh di seberangnya ada pula Pulau Kakorotan.

6. Pulau Mandiki

Tak Berpenghuni, 7 Pulau di Indonesia Ini Ternyata Sangat Mempesona!goodnewsfromindonesia.id

Dengan keindahan alam yang memanjakan mata, kamu akan berdecak kagum saat menginjakkan kaki di Pulau Mandiki. Pulau ini berada di semenanjung barat Sumbawa, Nusa Teggara Barat, dengan ciri khas bebatuan indah di beberapa bagian pulau sehingga dikenal pula dengan nama Pulau Batu. Para petualang yang ingin berlibur tenang bisa datang ke pulau ini.

7. Pulau Pombo

Tak Berpenghuni, 7 Pulau di Indonesia Ini Ternyata Sangat Mempesona!netralnews.com

Sebagai kawasan konservasi, baik daratan maupun lautannya, Pulau Pombo tentu sangat menarik bagi para wisatawan. Kamu bisa mengamati burung dan tracking menyusuri, hingga berenang, snorkeling, dan diving di lautnya.

Nama pulau ini sendiri berasal dari spesies Burung Pombo yang banyak ditemukan di pulau yang hanya berjarak sekitar 5 km dari Pulau Ambon ini.

Jadi mana dulu nih yang ingin kamu sambangi?

Adela Eka Putra Marza Photo Community Writer Adela Eka Putra Marza

'Anak pesisir' dari tepi laut Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang punya ketertarikan besar terhadap pariwisata dan budaya. Ia menikmatinya dalam setiap perjalanan, dan menuangkannya dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You