Comscore Tracker

5 Desa Wisata di Indonesia Ini Wajib Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidup

Jauh dari hiruk pikuk kota, refreshing banget!

Indonesia ini negeri yang kaya, suku, budaya, ras, agama, sumber daya, hingga potensi alamnya melimpah ruah. Seolah takkan pernah ada habisnya jika membicarakan kekayaan dan keindahan yang dimiliki Indonesia. Laut luasnya yang biru dan selalu jadi destinasi paling diburu, pegunungan tingginya yang selalu ingin didaki, semua berpadu sempurna membentuk nusantara yang tiada dua.

Tak cukup berhenti pada kekayaan laut dan gunungnya, pasalnya kita juga patut berbangga hati. Sebab di Indonesia ternyata bisa ditemukan 5 desa unik dengan daya tarik adat dan tradisinya yang masih kental terjaga. Menariknya lagi, 5 desa ini hanya bisa kita temukan di Indonesia saja, hingga menarik minat dan perhatian dari berbagai turis mancanegara.

Nah, kalau turis mancanegara saja sudah berbondong-bondong mengunjungi, kamu bagaimana? Jangan-jangan kamu masih belum tahu desa mana saja yang disebut terunik? Wah, jangan sampai ketinggalan informasi ya guys, disimak baik-baik daftar desa wisata terbaik di Indonesia berikut ini.

1. Desa Wae Rebo

5 Desa Wisata di Indonesia Ini Wajib Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidupindonesiananelok.com

Tak hanya populer di Indonesia, Desa Wae Rebo di Kecamatan Satarmase, NTT ini justru sudah dikenal di seluruh dunia. Mengusung latar hijau yang asri dan hamparan gunung yang menyejukkan, desa ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Di dalam desa ini terdapat 7 rumah utama yang menjadi daya tarik tersendiri berkat bentuknya yang menyerupai kerucut dan tertata rapi secara melingkar. Setiap rumah bisa dihuni 6—8 keluarga. Tentu saja keberadaan rumah ini jadi sangat unik karena melihat tren rumah yang sedang berkembang adalah rumah bergaya modern minimalis.

Mempertahankan tradisi lama di tengah perkembangan teknologi tentu bukan perkara yang mudah. Oleh sebab itu, wajar bila akhirnya Desa Wae Rebo diberikan penghargaan sebagai desa terunik sebagai apresiasi dalam pelestarian budaya dan lingkungannya.

2. Desa Penglipuran

5 Desa Wisata di Indonesia Ini Wajib Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidupsarahbeekmans.com

Pulau Dewata, Bali memang memiliki puluhan destinasi wisata yang sudah mendunia. Memiliki pantai dengan ombak besar yang selalu jadi buruan para wisatawan, Bali nyatanya juga menyimpan sejuta pesona yang lain, seperti contohnya Desa Penglipuran. Sebuah desa yang dikenal berkat keasrian dan kebersihannya yang selalu dijaga. Bahkan desa ini pernah mendapatkan piala adipura.

Terletak di wilayah Bangli, desa seluas 112 hektar ini dipenuhi dengan pemukiman yang asri karena pepohonan yang berjajar di sepanjang jalan. Budaya Bali kental terasa di dalamnya, masyarakatnya yang masih menggunakan baju adat, juga upacara adat yang masih rutin diselenggarakan.

Tak ada asap kendaraan bermotor yang membuat polusi udara, berjalan di desa ini mutlak bisa menyegarkan jiwa dan raga. Jadi kalau ke Bali, jangan lupa mampir ke sini ya! Harga tiket masuknya murah kok, hanya Rp 7.500,00 setiap orang.

Baca Juga: Ingin Kabur Sejenak dari Hiruk Pikuk Kota? Kunjungi 6 Desa Wisata Ini

3. Desa Baduy

5 Desa Wisata di Indonesia Ini Wajib Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hiduppropertynbank.com

Suku Baduy adalah salah satu suku yang namanya sering disebut, baik di media massa maupun kehidupan nyata. suku yang menghuni wilayah Banten ini bahkan memiliki desa tempat tinggalnya sendiri.

Bernama Desa Baduy, ada 2 bagian yang terdapat di dalamnya, yaitu bagian Baduy dalam dan luar. Kita pun tak akan serta merta memasuki desa Baduy begitu tiba, karena terlebihd ahulu harus melewati Desa Ciboleger yang jadi gerbang utama untuk memasuki pemukiman suku Baduy.

Namun ada perjuangan yang harus dilakukan guna mendapatkan keindahan alam dari desa Baduy, karena kita harus melalui jalan menuju pemukiman kurang lebih selama 5 jam. Lamanya perjalanan yang harus ditempuh tentu saja seimbang dengan pesona alam yang ditawarkan di Desa Baduy. Sepanjang perjalanan pun, kita tidak akan merasa lelah karena selalu ada pemandangan yang mempesona dan udara sejuk di sekitar.

Setibanya di Desa Baduy, pemandangan kuno yang sangat artistik, di sinilah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan konvensional dengan rumah yang tersusun dari bamboo. Udaranya masih segar, air sungainya masih terjaga kejernihannya, sungguh alam ini terlampau indah.

Di sinilah tempat terbaik untuk menyatu bersama alam, bercengkrama dengan manusia yang bersahabat dengan alam, jauh dari peradaban kota yang kadang membuat sesak.

4. Desa Trunyan

5 Desa Wisata di Indonesia Ini Wajib Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidupklook.com

Pesona Bali tak hanya terletak pada keindahan alamnya, nuansa mistis ternyata juga bisa jadi pesona dan daya tarik tersendiri, seperti contohnya yang ada di Desa Trunyan, Kabupaten Bangli. Adat dan tradisi yang kental terjaga bersanding sempurna dengan nuansa mistis di dalamnya.

Di desa yang masih memiliki pemandangan hijau nan asri inilah, setiap orang yang berkunjung akan menumi berbagai tengkorak manusia berserakan di sepanjang jalan. Inilah salah satu tradisi dari Bali, meletakkan jenazah di atas tanah tanpa dikubur atau dibakar untuk ditebarkan abunya. Badan jenazah hanya diletakkan begitu saja di atas tanah, pesona mistis yang membuat histeris.

5. Desa Kete Kesu

5 Desa Wisata di Indonesia Ini Wajib Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidupsulawesi-experience.com

Serupa dengan Desa Trunyan, Desa Kete Kesu di Tanah Toraja, provinsi Sulawesi Selatan ini juga memiliki daya tarik mistis di dalamnya. Mengamini kepercayaan bahwa jenazah manusia akan lebih baik jika dikuburkan di tebing batu, hingga menjadikan wilayah ini dipenuhi dengan berbagai tengkorak yang berserakan di pinggir tebing.

Namun tak semua dikuburkan dengan cara seperti itu, ada juga penguburan jenazah yang diletakkan di gua alam, gunung batu, hingga patane (sebutan untuk makam rumah). Di temapt inlah kamu akan menyaksikan ragam budaya mistis seolah membawa magis dengan keberadaan erong atau peti mati yang ditandai dengan symbol berupa alat kelamin hingga kepala hewan. Tak tanggung-tanggung, usia erong di sini bahkan mencapai 500 tahun.

Kalau sudah tahu fakta seperti di atas, sayang banget kan untuk dilewatkan? Jadi kapan nih kamu berencana liburan ke 5 desa wisata budaya ini?

Baca Juga: 10 Festival Wisata Indonesia Paling Seru Selama Desember, Mantul Nih!

Alifatul Mufarrohah Photo Community Writer Alifatul Mufarrohah

find me on http://www.alifatul.com or @al.alif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You