Comscore Tracker

Inilah 5 Tempat Terpencil di Dunia, dan Bagaimana Cara Mencapainya? 

Jika ingin travel yang gak biasa, kamu patut ke tempat ini

Dijaman yang serba mudah dan modern ini, setiap negara berlomba-lomba membangun infrastruktur dan teknologi yang terus berinovasi. Saat ini, kita semakin mudah untuk bepergian ke seluruh dunia menggunakan pesawat terbang komersial. Beda halnya dengan orang dulu yang harus mengarungi lautan untuk mencapai daratan yang berbeda. Itu sebabnya nenek moyang kita disebut sebagai pelaut.

Meski begitu, masih ada lho beberapa tempat yang tersisa di Bumi ini yang jauh dari jangkauan manusia. Tempat-tempat ini meliputi lima kota, pulau, dan tanah yang paling terpencil di dunia, dan kira-kira bagaimana ya untuk sampai ke sana, jika ada manusia yang berani mencobanya?

1. Oymyakon, Rusia

Inilah 5 Tempat Terpencil di Dunia, dan Bagaimana Cara Mencapainya? sciencealert.com

Terletak di sudut terpencil Siberia, kota Rusia ini dikenal sebagai salah satu tempat yang paling dingin yang pernah dihuni di bumi. Suhu musim dinginnya rata-rata mencapai minus 58 derajat Fahrenheit. Tempat ini gak bisa ditanami tumbuhan karena suhu dinginnya, sehingga penduduk di sana bertahan hidup dengan memburu rusa, dan ikan beku.

Dan butuh beberapa hari hanya untuk masuk atau keluar wilayah ini. Kamu bisa naik penerbangan dari Moskow ke kota Yakutsk atau Magadan, tetapi kamu masih harus menempuh perjalanan berjarak 560 mil (900 kilometer) dari Oymyakon melalui Road of Bones.

2. Supai, Arizona, AS

Inilah 5 Tempat Terpencil di Dunia, dan Bagaimana Cara Mencapainya? flickr.com

Desa terpencil dari Suku Indian Havasupai ini terletak di bagian barat Grand Canyon dan terbuka bagi pengunjung yang memesan tempat perkemahan. Kedengarannya cukup menarik, kan? Tapi jangan senang dulu. Untuk sampai ke sana, dibutuhkan empat jam perjalanan dari Grand Canyon Village ke Havasupai Hilltop. Sesampai di sana, kamu sebaiknya memakai sepatu hiking karena kamu diharuskan untuk mendaki. Layanan Taman Nasional memberi kamu waktu tiga hari untuk sampai ke sana.

Kamu juga bisa menyewa kuda jika gak mau menanjat dalam perjalanan 10 mil. Namun kamu harus memiliki reservasi untuk berkemah atau menginap. 

3. Kepulauan Kerguelen, Wilayah Selatan Perancis dan Antartika

Inilah 5 Tempat Terpencil di Dunia, dan Bagaimana Cara Mencapainya? alluringworld.com

Tempat ini dijuluki "Kepulauan Desolate," salah satu pulau di Samudra Hindia ini hanya dapat diakses dengan perahu selama empat hari dalam setahun. Sebagai bagian dari Tanah Antartika Prancis dan Selatan, Kepulauan Kerguelen berjarak 2.000 mil dari peradaban (di bagian paling selatan Afrika) dan ditutupi oleh pegunungan dan gletser yang gak ramah bagi manusia.

45 hingga 100 peneliti yang menghuni pulau-pulau dalam sepanjang tahun harus bertahan selama 300 hari dengan hujan lebat, hujan es, atau salju, serta angin yang begitu kencang sehingga serangga di sana berevolusi menjadi serangga yang gak memiliki sayap.

4. Pulau Socotra, Yaman

Inilah 5 Tempat Terpencil di Dunia, dan Bagaimana Cara Mencapainya? piximus.net

Sebagai negara kepulauan yang berjarak 211 mil dari pantai Yaman di Samudera Hindia, Socotra sangat terisolasi sehingga sepertiga dari spesies tanaman dan hewannya gak ditemukan di tempat lain di Bumi. Pernah menjadi bagian dari benua super Gondwana, Socotra terpisah pada jutaan tahun yang lalu, memungkinkan banyak spesies unik untuk berkembang.

Banyak yang mengatakan bahwa mengunjungi Socotra seperti mengunjungi planet lain. Namun, bepergian ke sana gak mudah, lho. Jika kamu melalui laut, kamu akan menemui masalah karena dua musim hujan tahunan dan prevalensi bajak laut. Jika ke sana melalui jalur udara, kemungkinan kamu akan melalui daratan Yaman, dan itu bukan hal yang bagus karena negara itu sedang perang saudara.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Unik di Praha, Kota Cantik Bergaya Eropa Tempo Dulu

5. Kabupaten Motuo, Tiongkok

Inilah 5 Tempat Terpencil di Dunia, dan Bagaimana Cara Mencapainya? tibettravel.org

Kabupaten Motuo yang terletak di sisi selatan Himalaya, adalah satu-satunya tempat di China yang gak memiliki akses jalanan. Hal tersebut bukan karena pemerintah gak ingin membangun jalan, tapi melainkan kondisi alamnya yang kurang bersahabat seperti adanya tanah longsor dan longsoran salju selalu menggagalkan upaya pembangunan akses jalan ke daerah tersebut.

Meskipun ini adalah salah satu tempat paling terpencil di dunia, kamu bisa saja mengunjungi Motuo, tapi kamu harus siap dengan risiko besar. Orang-orang yang ingin mengunjungi tempat yang indah dan misterius ini harus berjalan melintasi Himalaya yang masuk zona berbahaya dan melintasi jembatan gantung sepanjang 200 meter. Siap?

Melihat pelosoknya tempat-tempat di atas, sepertinya kita harus berpikir berkali-kali ya jika ingin ke sana.

Baca Juga: Menawan, 7 Destinasi di Asia Ini Membuatmu Serasa Jadi Bangsawan Lho

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya