TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buat Kamu Penggemar Musik, Yuk Kunjung Wisata 7 Museum Musisi Ini

Dari museum Elvis Presley hingga Queen 

Nearlythereyet.com

Jika mendengar kata 'museum', mungkin yang terlintas di benak kalian adalah sebuah bangunan yang penuh barang-barang kuno yang berhubungan dengan sains ataupun sejarah dunia. Tidak salah sih, namun museum tersebut mungkin sudah terdengar mainstream.

Nah, untuk itu, IDN Times akan merekomendasikan kalian sejumlah destinasi wisata museum yang sangat menarik, yaitu museum musisi. Penasaran ada museum untuk musisi siapa saja? Yuk simak! 

1. Graceland Mansion

Graceland.com

Graceland Mansion merupakan sebutan untuk museum yang didedikasikan untuk King of Rock and Roll. Ya, siapa lagi kalau bukan Elvis Presley. Museum ini merupakan mansion milik Presley yang terletak di 3764 Elvis Presley Boulevard, Memphis, Tennessee, Amerika Serikat.

Di lantai pertama, kalian dapat melihat langsung ruang tamu, ruang makan, dan kamar orangtua Presley. Presley juga memperluas rumah mewahnya dengan sebuah ruangan yang disebut Trophy Building, di mana kalian dapat melihat tuxedo pernikahan Presley, gaun pernikahan Priscilla Presley, serta koleksi mainan dan pakaian putrinya, Lisa Marie. 

Kamar sang musisi dan anaknya terletak di lantai dua, namun sayangnya, lantai dua tidak dibuka untuk pengunjung dan tidak pernah tersentuh (selain oleh pihak keluarga) semenjak kepergian Presley. 

Tiket untuk mengikuti tur keliling mansion ini dimulai dari harga 41 dollar AS (Rp570 ribu) untuk orang dewasa dan 21 dollar AS (Rp292 ribu) untuk anak-anak usia 7 - 12 tahun. 

2. ABBA : The Museum

Tripadvisor.com

Kalian pecinta film Mamma Mia! tentu sudah akrab dengan lagu-lagu grup pop asal Swedia, ABBA, kan? Nah, kalau begitu, kalian pasti akan sangat betah berada di museum yang satu ini. 

Di ABBA : The Museum, kalian akan diceritakan tentang perjalanan hidup Björn, Benny, Frida dan Agnetha mulai dari kanak-kanak hingga dewasa. Tak hanya itu, kalian juga dapat melihat langsung barang-barang pribadi para personelnya, alat musik, surat dari penggemar, dan tentu saja, kostum ABBA yang khas banget itu. 

Menariknya, ada sebuah telepon merah di museum ini yang nomornya hanya diketahui oleh keempat personel ABBA. Jika telepon tersebut berdering, segeralah angkat karena kalian akan langsung tersambung dengan salah satu personelnya. 

ABBA : The Museum terletak di Djurgårdsvägen 68, Stockholm, Swedia dan tiket masuk ke museum ini dibanderol seharga 250 Krona (Rp370 ribu) untuk dewasa dan 95 Krona (Rp141 ribu) untuk anak-anak berusia 7 - 15 tahun. 

Baca Juga: 7 Museum Paling Keren di Indonesia, Dijamin Gak Bikin Bosan!

3. The Beatles Story

Nearlythereyet.com

Tentu gak akan ada yang dapat menolak untuk mengunjungi museum The Beatles kan? Band paling berpengaruh sepanjang masa ini ternyata memiliki museum yang didedikasikan untuk mereka. 

Di museum yang terletak di Britannia Vaults, Albert Dock, Liverpool L3 4AD, Inggris ini, kalian dapat melihat langsung berbagai instrumen milik The Beatles, kostum, foto, kumpulan lirik yang ditulis tangan, sampai kacamata milik John Lennon. 

Tak hanya itu, museum ini juga dilengkapi dengan kafe bernama Fab4 Cafe, di mana kalian dapat bersantai sambil menikmati secangkir kopi. Kalian juga dapat berbelanja baju, alat tulis, ataupun berbagai dekorasi di Fab4 Store. 

Tiket untuk memasuki museum keren ini dibanderol seharga 17 Poundsterling (Rp295 ribu) untuk orang dewasa dan 10 Poundsterling (Rp174 ribu) untuk anak-anak usia 5 - 15 tahun. 

4. Mozarthaus

Mozarthausvienna.at

Bagi kalian yang menyukai musik klasik, maka museum yang satu ini mungkin akan cocok. Sesuai dengan namanya, museum ini didedikasikan bagi Wolfgang Amadeus Mozart. 

Di Mozarthaus, kalian akan memperoleh informasi seputar kehidupan Mozart di Wina, berbagai komposisi lagu, lukisan, serta cuplikan penampilan opera.

Kalian juga dapat singgah di apartemen Mozart, di mana ia dan keluarganya tinggal dari tahun 1784 - 1787. Apartemen tersebut terdiri dari 4 ruangan besar, 2 ruangan kecil, serta sebuah dapur. 

Mozarthaus terletak di Domgasse 5, Wina, Austria dan tiketnya dibanderol seharga 11 Euro (Rp172 ribu) untuk dewasa dan 4.5 Euro (Rp70 ribu) untuk anak-anak dan remaja hingga usia 19 tahun. 

5. Bob Marley Museum

Things-to-do-in-jamaica.com

Museum yang awalnya merupakan rumah Bob Marley dari tahun 1975 - 1981 ini terletak di 6 Hope Rd, Kingston, Jamaika. Ketika tiba di museum ini, kalian dapat melihat langsung berbagai penghargaan yang diperoleh Marley, Order of Merit dari pemerintah Jamaika, dan pakaian favorit Marley. 

Kalian juga dapat mengunjungi ruangan yang berisi kumpulan berita dari tur terakhir Marley, dan replika toko rekamannya. Kalian juga dapat masuk ke kamar Marley yang sederhana dan melihat gitar favoritnya yang terletak di dekat tempat tidur. Sayangnya, kalian tidak dapat mengambil foto di dalam museum ini.

Jika kalian tertarik untuk mengunjunginya, maka kalian perlu membeli tiket seharga 25 dollar AS (Rp348 ribu) untuk orang dewasa dan 12 dollar AS (Rp167 ribu) untuk anak-anak berusia 4 - 12 tahun. 

6. The Rolling Stones Museum

Wsj.com

The Rolling Stones Museum didirikan oleh seorang penggemar asal Slovenia bernama Slavko Franca di rumahnya. Di museum ini, kalian dapat menemukan lebih dari 1,000 benda yang berhubungan dengan The Rolling Stones, seperti tiket konser, foto, poster, rekaman, gelas bir, sampai sebuah pick gitar yang dilemparkan Keith Richards pada Franca dalam sebuah konser di Belgia. 

Museum ini terletak di Podvozna 15, Portorož, Slovenia. Sayangnya, belum diketahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengunjungi museum ini. 

Baca Juga: 5 Museum Terkece di Kota New York Ini Wajib Dikunjungi Pecinta Seni

Verified Writer

V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya