Comscore Tracker

10 Wisata Asyik di Jalur Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Mudik

#MudikAsikIDNTimes Tempat melepas lelah selama perjalanan

Buat kamu yang rutin mudik antarkota di Pulau Jawa, pasti sudah akrab sama yang namanya Jalur Pantura, ya gak? Jalur Pantura alias Pantai Utara memang dikenal sebagai salah satu rute yang paling padat saat mudik Lebaran.

Membentang di sepanjang pesisir pantai utara Jawa, panjangnya mencapai 1.316 kilometer dan melewati lima provinsi. Di antaranya Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Tak hanya sebagai jalur mudik, Jalur Pantura ternyata juga menyimpan banyak tempat wisata memesona yang sanggup memanjakan para pemudik, lho. Nah, buat kamu yang nanti mudik melewati Pantura, gak ada salahnya mampir ke destinasi-destinasi berikut ini.

1. Taman Nasional Baluran, Situbondo

10 Wisata Asyik di Jalur Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Mudikinstagram.com/guidekece

Taman Nasional Baluran terletak di antara Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo, Jawa Timur. Taman nasional seluas 250 kilometer persegi ini kerap disebut "Africa van Java", karena memiliki keindahan alam yang sama seperti di Benua Afrika.

Di Baluran, kamu akan disuguhkan pemandangan padang savana yang sangat luas dengan berbagai jenis satwa liarnya. Baluran merupakan rumah bagi para satwa yang dilindungi, seperti gajah, rusa, kerbau, hingga burung merak.

2. Monumen Kapal Selam, Surabaya

10 Wisata Asyik di Jalur Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Mudikmonkasel.id

Jika melewati Kota Surabaya, kamu bisa mampir ke Monumen Kapal Selam (Monkasel). Kamu bisa menemukan kapal selam berukuran besar yang terpajang gagah di sisi Sungai Kalimas. Kamu juga diperkenankan masuk ke dalam kapal selam dan belajar tentang kemaritiman.

3. Pantai Delegan, Gresik

10 Wisata Asyik di Jalur Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Mudikinstagram.com/gresiktourism

Sedikit ke barat laut, kamu bisa menemukan Pantai Delegan yang berada di Gresik. Pantai Delegan memiliki pasir putih yang cantik dengan deburan ombak yang cenderung tenang. Cocok banget buat istirahat sejenak dari penatnya jalur mudik.

4. Air Terjun Nglirip, Tuban

10 Wisata Asyik di Jalur Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Mudikpiknikasik.com

Kalau mau menikmati suasana yang lebih menenangkan, cobalah mampir ke Air Terjun Nglirip di Tuban, Jawa Timur. Mata air ini berasal dari Hutan Kerawak dengan ketinggian lebih dari 25 meter. Suasananya yang asri siap mengembalikan mood-mu untuk melanjutkan perjalanan ke kampung halaman.

5. Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus, Kudus

10 Wisata Asyik di Jalur Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Mudikreservasi.com

Untuk wisata religi, kamu bisa mampir di Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Masjid Menara Kudus sendiri merupakan masjid kuno yang dibangun oleh Sunan Kudus pada 1549.

Keunikan masjid ini yakni arsitekturnya yang bercorak Hindu. Gapura, menara, dan bangunan-bangunan di sekeliling masjid banyak yang mirip dengan bangunan candi.

6. Lawang Sewu, Semarang

10 Wisata Asyik di Jalur Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Mudikinstagram.com/gaisandrew

Kamu juga bisa mampir ke Lawang Sewu di pusat Kota Semarang. Bangunannya yang kaya sejarah benar-benar bikin berdecak kagum siapa pun yang mengunjunginya. Arsitektur bangunannya juga cocok banget buat kamu yang doyan foto-foto.

Baca Juga: 10 Tips Bugar Saat Mudik dengan Kendaraan Pribadi, Aman & Nyaman

7. Grand Maerakaca, Semarang

10 Wisata Asyik di Jalur Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Mudikinstagram.com/aslisemarang

Tak jauh dari Lawang Sewu, ada Grand Maerakaca yang bisa jadi destinasi selanjutnya. Terdiri dari hutan bakau dengan beragam spot selfie yang menarik. Kamu bisa bersantai atau berfoto-foto di dermaga yang unik.

8. Museum Batik, Pekalongan

10 Wisata Asyik di Jalur Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Mudikinstagram.com/dini.syafa

Melewati Pekalongan, sayang banget kalau gak mampir ke Museum Batik Pekalongan. Museum ini beralamat di Jalan Jatayu Nomor 3, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

Kamu bisa belajar tentang batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia di sini. Bisa  juga berburu batik sebagai oleh-oleh untuk orang terkasih di kampung halaman.

9. Pantai Alam Indah, Tegal

10 Wisata Asyik di Jalur Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Mudikinstagram.com/dannyseptiawan

Sembari melepas lelah, kamu bisa mampir di Pantai Alam Indah di Tegal. Kamu bisa ngaso sejenak sembari menikmati semilir angin. Fasilitas waterboom, wisata berkuda, penyewaan sepeda, dan area bermain anak akan membuat perjalanan mudikmu jadi  lebih berwarna.

10. Kampung Batik Trusmi, Cirebon

10 Wisata Asyik di Jalur Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Mudikinstagram.com/cicirahardhani

Kampung Batik Trusmi merupakan pusat industri batik yang terletak di Dusun Trusmi, Kecamatan Plered, Cirebon. Ada lebih dari seribu perajin yang bernaung di pusat kesenian batik di Cirebon ini.

Kamu bisa menemukan beragam batik dengan harga yang murah meriah. Selain batik, kamu juga bisa berwisata kuliner khas Cirebon, seperti nasi lengko, nasi jamblang, dan empal gentong.

Dengan mengunjungi 10 destinasi wisata di atas, perjalanan mudikmu jadi lebih berwarna dan mengesankan. Semoga perjalananmu lancar ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Andry Trisandy
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya