Comscore Tracker

5 Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia yang Perlu Diketahui

Ada Indonesia apa gak ya?

Kelapa merupakan salah satu buah yang biasa ditemui di pantai, namun tidak semua pantai dapat ditumbuhi oleh tanaman ini, di mana hanya dapat tumbuh di area tropis saja. Tanaman bernama latin Cocos nucifera ini sebelumnya ditemukan oleh bangsa Portugis dan Spanyol di Kepulauan Pasifik, hingga kemudian diperkenalkan ke seluruh dunia. 

Sehingga kemudian tanaman ini dikembangkan dan menjadi komoditas utama pada negara-negara tertentu. Nah, maka dari itu terdapat beberapa negara penghasil kelapa terbesar di duina yang perlu kalian ketahui berikut ini. 

1. Sri Lanka

5 Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia yang Perlu Diketahuiinstagram.com/mashh95/

Pertama terdapat negara di Asia Selatan, yakni Sri Lanka yang jadi salah satu produsen kelapa terbesar di dunia dan masuk dalam peringkat lima. Tingkat produksi kelapa di Sri Lanka mencapai 2,5 juta ton dalam setahun dan jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. 

Besarnya produksi kelapa di Sri Lanka, karena iklim di negara ini yang sangat cocok dengan tanaman ini. Selain itu kondisi geografis Sri Lanka yang berupa pulau, tentunya memberikan peluang besar bagi pohon kelapa untuk tumbuh. 

2. Brasil

5 Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia yang Perlu Diketahuimaria-brazil.org

Brasil juga menjadi salah satu negara penghasil kelapa terbesar di dunia, yang masuk dalam peringkat empat. Negara terbesar ke lima di dunia yang ada di Amerika Selatan ini memiliki produksi tahunan kelapa sebesar 2,9 juta ton. 

Iklim tropis di Brasil juga menjadi salah satu yang mendorong tingginya jumlah produksi kelapa di negara ini. Sedangkan daerah penghasil kelapa terbesar di Brasil, mayoritas ada di utara seperti Roraima, Para dan selatan berada di Parana. 

3. India

5 Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia yang Perlu Diketahuithenational.ae

India merupakan salah satu negara di Asia Selatan yang juga menjadi produksi terbesar kelapa, yang berada pada peringkat ke tiga. Produksi kelapa di negara ini mampu mencapai sejumlaj 11,9 juta ton, yang jauh berada di atas Brasil. Kelapa jadi salah satu komoditas penting di negara ini, terutama bagi masyarakat pedesaan. 

Daerah penyumbang produksi kelapa terbesar di India terutama di bagian selatan, seperti Kerala, Karnataka, Tamil Nadu, Goa dan lainnya. Serta pada area kepulauan India, seperti Andaman dan Nicobar serta Lakshadweep. 

Baca Juga: Daftar 10 Negara yang Paling Aman Buat Liburan di Tahun 2020

4. Filipina

5 Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia yang Perlu Diketahuitradinorganic.com

Berikutnya terdapat Filipina yang masuk dalam peringkat kedua penghasil kelapa terbesar di dunia. Negara kepulauan di Asia Tenggara ini memiliki jumlah produksi kelapa yang sangat besar, sejumlah 15,4 juta ton, setiap tahunnya dan jumlahnya makin meningkat setiap tahunnya. 

Sebelumnya, Filipina menjadi pemroduksi buah kelapa terbesar di dunia namun sekarang berada di posisi kedua, yang mana sebagian produksinya diekpor ke sejumlah negara. Sementara area penghasil kelapa terbesar berada di pulau Luzon, Visayas Timur dan Mindanao Selatan. 

5. Indonesia

5 Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia yang Perlu Diketahuiinstagram.com/playboyinlovezzzz/

Terakhir yang menjadi negara dengan produksi buah kelapa terbesar di dunia adalah Indonesia. Negara terbesar di Asia Tenggara ini mampu memproduksi sebesar 18,3 juta ton kelapa dalam setahunnya, serta jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun. 

Indonesia sebelumnya berada pada peringkat kedua dalam produksi kelapa, hingga mampu menyalip Filipina untuk menjadi peringkat pertama. Selain itu sebagian produksinya juga diekspor ke sejumlah negara, sehingga Indonesia menjadi pemain besar dalam industri ini. Sedangkan daerah dengan produksi kelapa tertinggi berada di Provinsi Sulawesi Utara. 

Itu tadi beberapa negara penghasil buah kelapa terbesar di dunia yang harus kalian ketahui. Pastinya informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian. 

Baca Juga: Ini Daftar Negara yang Telah Evakuasi Warganya dari Wuhan

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya