Comscore Tracker

5 Festival Tradisional Paling Meriah di Argentina, Kental Budaya!

Rutin digelar setiap tahun, nih

Masyarakat Argentina sering menyelenggarakan berbagai festival menarik setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk melestarikan serta memperkenalkan budaya dan tradisi setempat kepada generasi muda dan para wisatawan.

Dalam festival budaya tersebut, banyak sekali atraksi dan pertunjukan seru yang bisa kamu lihat, mulai dari parade, konser musik, tarian, hingga ritual keagamaan. Diselenggarakan di beberapa wilayah di Argentina, seperti Buenos Aires, Cordoba, dan Mendoza, berikut ini merupakan sederet festival paling populer yang patut kamu saksikan saat berlibur di Argentina!

1. Buenos Aires Tango Festival

5 Festival Tradisional Paling Meriah di Argentina, Kental Budaya!Buenos Aires Tango Festival (instagram.com/cucculellirodolfo)

Tango merupakan tarian tradisional khas Argentina yang memperlihatkan gerakan-gerakan tubuh yang memukau. Dilansir laman Traveltriangle, setiap tahunnya perayaan tarian Tango yang bernama Buenos Aires Tango Festival rutin diselenggarakan di Buenos Aires. Nantinya, akan banyak hadir penari-penari Tango profesional dari seluruh dunia yang ikut memeriahkan festival ini.

Pihak penyelenggara juga akan menyediakan kursus Tango gratis bagi pengunjung yang tertarik untuk memelajarinya. Festival ini diadakan pada bulan Agustus dan berlangsung selama dua minggu.

2. Oktoberfest

5 Festival Tradisional Paling Meriah di Argentina, Kental Budaya!Oktoberfest (instagram.com/emiachiarri.fotografias)

Beberapa negara di dunia memang banyak merayakan Oktoberfest setiap tahun, salah satunya adalah Argentina. Oktoberfest merupakan festival yang berasal dari negara Jerman dimana dalam perayaan ini pengunjung bisa menikmati berbagai jenis minuman bir khas Jerman. Sejarah diadakannya festival ini bermula dari komunitas imigran asal Jerman yang tinggal di wilayah Cordoba untuk mendirikan pabrik bir.

Sesuai dengan namanya, Oktoberfest rutin digelar setiap bulan Oktober yang berlokasi di Beer Garden City, Cordoba. Selain menikmati bir, pengunjung juga disuguhkan dengan hidangan kuliner khas Jerman yang menggugah selera.

Baca Juga: 5 Festival di Pulau Jawa yang Menarik untuk Dilihat Secara Langsung

3. Vendimia

5 Festival Tradisional Paling Meriah di Argentina, Kental Budaya!Vendimia (instagram.com/klvow)

Vendimia merupakan festival minuman wine tradisional Argentina yang digelar di wilayah Mendoza. Perayaan ini diadakan setiap bulan Maret lantaran pada bulan tersebut merupakan musim panen dari para petani-petani anggur lokal yang sebagian besar adalah produsen wine. Dalam festival Vendimia, masyarakat lokal dan wisatawan bisa mencicipi wine khas setempat secara gratis.

Perayaan ini pertama kali diselenggarakan di tahun 1930-an dengan sangat sederhana. Kini, festival Vendimia sendiri menjadi lebih meriah dengan adanya pertunjukan konser musik yang menarik minat pengunjung dari berbagai belahan dunia.

4. Festival Cosquin

5 Festival Tradisional Paling Meriah di Argentina, Kental Budaya!Festival Cosquin (instagram.com/soniharp)

Festival Cosquin menjadi salah satu perayaan paling populer di negara Argentina. Dilansir laman Southamerica.travel, festival ini akan berlangsung selama sembilan hari yang diselenggarakan di sebuah kota kecil di wilayah Cordoba.

Nantinya para pengunjung akan menyaksikan berbagai pertunjukan musik serta tarian daerah dari seluruh wilayah di Argentina. Selain itu, banyak juga masyarakat lokal yang menjajakan beragam jenis makanan dan minuman tradisional khas Argentina yang bisa dinikmati pada Festival Cosquin ini.

5. Carnaval in Gualeguaychu

5 Festival Tradisional Paling Meriah di Argentina, Kental Budaya!Carnaval in Gualeguaychu (instagram.com/salieronlosbabbaluci)

Hampir setiap daerah di Argentina menyelenggarakan karnaval yang merupakan perayaan dari umat Katolik. Namun, jika kamu ingin menyaksikan karnaval dengan suasana yang lebih meriah, kamu bisa mengunjungi daerah Gualeguaychu yang memakan waktu perjalanan selama beberapa jam dari Ibu Kota Buenos Aires.

Festival ini diselenggarakan setiap akhir bulan Februari hingga awal Maret. Festival ini menampilkan berbagai macam pertunjukan dan parade yang menarik. Ribuan masyarakat yang tinggal di sekitar daerah Gualeguaychu akan berkumpul di jalanan sambil larut dalam kegembiraan.

Sederet festival yang rutin diselenggarakan di Argentina tersebut merupakan salah satu cara untuk pelestarian budaya yang tetap efektif untuk dilakukan hingga hari ini. Jika punya kesempatan berkunjung ke Argentina, festival budaya mana yang ingin kamu kunjungi?

Baca Juga: Selain Ati-Atihan, 5 Festival Budaya di Filipina Ini Wajib Dihadiri

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya