Comscore Tracker

5 Kastil Terpopuler di Rumania, Salah Satunya Tempat Tinggal Drakula Lho!

#Travel Destinasi yang gak boleh dilewatkan saat traveling ke Rumania!

Tak lengkap rasanya membahas suatu negara di Eropa tanpa memasukkan keindahan kastilnya. Kastil di Eropa dikenal memiliki asitektur bangunan yang megah bak istana dan juga memiliki sejarah panjang sebagai tempat tinggal tokoh-tokoh penting pada zaman dahulu kala. Salah satunya adalah negara Rumania, berada di bagian tengah dan tenggara Eropa, Rumania juga memiliki banyak kastil menawan yang bahkan masuk dalam daftar terpopuler di dunia.

Penasaran seperti apa saja kastil-kastil di sana? Ini dia 5 kastil terpopuler diantara para turis saat berkunjung ke Rumania!

1. Bran castle

5 Kastil Terpopuler di Rumania, Salah Satunya Tempat Tinggal Drakula Lho!Ctvnews.ca

Jika membahas tentang negara Rumania, pasti tak jauh dari sosok Drakula. Penulis Bram Stoker yang merupakan sosok pencipta tokoh fiktif menakutkan ini, dikabarkan mendapatkan inspirasi sang karakter dari sosok Vlad the impaler yang merupakan tokoh berkuasa di Rumania zaman dahulu kala dan memimpin perang dengan cara yang keji.

Dikisahkan bahwa tempat tinggal sang drakula di dalam buku karya Bram Stoker ini adalah merupakan Barn castle yang terletak di jantung Transylvania. Tak pelak karena hal ini Bran castle pun menjadi magnet bagi wisatawan saat berkunjung ke Rumania, terutama cukup ramai saat halloween tiba.

Meski perlu diketahui bahwa sejatinya kastil tersebut sebenarnya tak ada hubungannya sama sekali dengan sosok sang drakula. Telah berganti penghuni selama ratusan tahun, sosok terakhir yang mendiami kastil tersebut merupakan seorang ratu bernama Ratu Maria pada tahun 1920an yang kemudian merenovasi dan mengubahnya menjadi salah satu kediaman terfavoritnya.

2. Corvin castle

5 Kastil Terpopuler di Rumania, Salah Satunya Tempat Tinggal Drakula Lho!En.wikipedia.org

Jika ingin mencari yang lebih horror, bukan Barn Castle melainkan Corvin castlelah tempatnya. Bahkan, kastil ini disebut sebagai kastil paling menakutkan yang ada di Rumania dengan gaya gothic yang dimilikinya. Dibangun disekitar tahun 1446, Corvin castle merupakan kediaman bagi raja Hungaria pada masa itu.

Dikabarkan kastil ini menyimpan banyak sejarah kelam dimana salah satunya yang banyak sejarawan yakini, merupakan tempat dimana Vlad the impaler atau vlad dracula tinggal sebagai tahanan.

3. Poenari Castle

5 Kastil Terpopuler di Rumania, Salah Satunya Tempat Tinggal Drakula Lho!Dracula-castle.com

Masih terkait dengan Vlad the impaler dan bahkan disebut sebagai kediaman sesungguhnya dari sang drakula ialah Poenari castle yang terletak 860 meter di ketinggian dan dekat dengan gunung Făgăraș. Kastil satu ini merupakan kastil megah yang kabarnya pernah menjadi kediaman bagi Vlad sang drakula. Bahkan dikabarkan bahwa istri dari Vlad wafat di kastil ini dengan cara bunuh diri dengan melompat dari menara lantaran dirinya menolak menjadi tawanan bangsa Turki.

Berbeda dengan kastil lainnya, untuk mengeksplor kastil ini tergolong tidaklah mudah. Meski akan ada bis yang mengantarkan, namun selebihnya para wisatawan harus melakukan pendakian yang lumayan panjang. 

4. Peles castle

5 Kastil Terpopuler di Rumania, Salah Satunya Tempat Tinggal Drakula Lho!Nomanbefore.com

Jauh dari kesan kelam, berikutnya ada Peles castle yang merupakan salah satu istana dan dulunya digunakan sebagai tempat tinggal musim panas bagi anggota kerajaan. Memiliki desain gothic namun dengan sentuhan mewah warna keemasan untuk dekorasinya membuat kastil ini dijuluki sebagai salah satu kastil tercantik yang ada di Eropa.

Terdapat 160 ruangan di dalamnya dengan desain menarik dan terdapat banyak lukisan mewah serta ukiran-ukiran menghiasi dinding ruangan. Gak heran kalau kemegahannya menjadikan kastil ini sebagai salah satu yang disukai di Rumania.

 

5. Sturdza castle

5 Kastil Terpopuler di Rumania, Salah Satunya Tempat Tinggal Drakula Lho!Socatour.ro

Sturdza castle yang memiliki desain sedikit berbeda dengan kastil pada umumnya di Eropa. Dijuluki sebagai salah satu kastil romantis yang ada di Rumania, kastil ini dibangun dengan motto "Beauty shines everywhere". Terdapat danau dan taman dengan pepohonan di sekitar area kastil yang usianya bahkan lebih tua daripada kastilnya sendiri. 

Kastil ini pernah dijadikan tempat berlindung anak-anak yatim piatu dan yang membutuhkan selama masa penjajahan. Sementara kastil ini juga ini merupakan rumah bagi 60.000 buku langka mengingat keluarga Sturdza yang memiliki kastil ini dikenal sebagai kolektor buku sejati. Namun sayangnya, pada perang dunia kedua para tentara Rusia membakar hampir keseluruhan buku-buku tersebut hingga tak tersisa.

 

Nah, itu tadi 5 kastil terpopuler yang ada di Rumania. Keistimewaan sebuah kastil tidak hanya karena desain interior yang megah saja, tapi juga lantaran nilai historis di dalamnya. Setuju kan?

Calledasia Photo Verified Writer Calledasia

Broken crayons can still colour

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya