Comscore Tracker

Cek 6 Tempat Wisata Memesona yang Hanya Bisa Kamu Jumpai di Turki

Dari situs sejarah hingga pemandangan alam ada di sini

Turki, negara unik perpaduan antara Asia dan Eropa ini menyimpan banyak cerita peradaban Islam di masa lalu. Di negara inilah tersimpan bukti sejarah kekaisaran Ottoman yang merupakan kerajaan terbesar dan terpanjang dalam sejarah dunia. Bagi kamu pecinta sejarah, mengunjungi Turki adalah pilihan yang sangat tepat. 

Selain terkenal dengan sejarahnya, Turki punya sejuta pesona. Termasuk kota Istanbul yang memiliki pemandian air panas seperti istana kapas yang tentunya tidak bisa dijumpai di negara lain.

Belum cukup, wisata menarik di Turki gak cuma yang udah disebutin di atas. Mana saja?

1. Blue Mosque

Cek 6 Tempat Wisata Memesona yang Hanya Bisa Kamu Jumpai di Turkinegarasejutaperkara.blogspot.com

Blue Mosque yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Masjid Biru ini memiliki nama asli Sultan Ahmet Camii. Daya tarik masjid ini adalah kubah bertumpuk dan menaranya yang besar serta arsitekturnya dengan perpaduan gaya ala Romawi dan Timur Tengah.

Sesuai dengan namanya, masjid Sultan Ahmet ini didominasi oleh warna biru. Jika malam tiba, lampu-lampu dimasjid ini akan semakin membuatnya tampak lebih megah sekalipun dilihat dari kejuhan. Masjid ini memiliki 9 kubah dan 6 menara yang menjulang tinggi.

2. Topkapi Palace

Cek 6 Tempat Wisata Memesona yang Hanya Bisa Kamu Jumpai di Turkihttps://www.flickr.com/photos/wazari/8086446725/lightbox/

Topkapi Palace yang sekarang berfungsi sebagi museum ini dahulunya adalah istana pusat pemerintahan sekaligus tempat tinggal para sultan dan pejabat tinggi kekaisaran Ottoman.  Selain menelusuri area istana, di Topkapi Palace kamu akan menjumpai sebuah bangunan besar yang dari luar terlihat seperti pabrik. Namun jika ditelusuri, bangunan ini pada zaman dahulu merupakan dapur istana yang digunakan untuk memasak makanan bagi 4.000 orang penghuni istana. Tak terbayangkan betapa besarnya dapur ini, bukan ?

3. Haghia Sophia

Cek 6 Tempat Wisata Memesona yang Hanya Bisa Kamu Jumpai di Turkiflickr.com/GanjarNugraha

Hagia Sophia, bangunan bergaya Byzantium ini sempat beralih fungsi menjadi masjid oleh kaisar Utsmani. Sekalipun telah dialihfungsikan menjadi masjid, bangunan yang pernah menjadi lokasi syuting film “99 Cahaya di Langit Eropa” ini hanya mengalami sedikit perubahan, yaitu pada penambahan kaligrafi khas Islam dan mimbar untuk imam. Selama kurang lebih 500 tahun berfungsi sebagai masjid, kini bangunan yang terdiri dari 2 lantai ini resmi difungsikan sebagai museum oleh pemerintah setempat dan bisa diakses oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Baca Juga: 8 Situs Bersejarah di Kota Selcuk, Turki. Bak ke Zaman Romawi

4. Cappadocia

Cek 6 Tempat Wisata Memesona yang Hanya Bisa Kamu Jumpai di Turkimaya-turizm.com

Objek wisata unik yang terkenal adalah Cappadocia, sebuah kota batu yang ditemukan lebih dari 3000 tahun yang lalu. Kota yang terletak di lembah ini memiliki formasi bebatuan unik yang terbentuk akibat erupsi gunung-gunung berapi pada 2 milyar tahun yang lalu yang kemudian permukaannya terkikis oleh angin dan hujan secara terus menerus selama ribuan tahun.

Cappadocia, yang berarti Land Of Beutiful Horses ini termasuk dalam situs warisan UNESCO. Kota bawah tanah yang memilki bangunan sampai tingkat 11 kebawah ini mampu menjadi tempat tinggal bagi 50.000 orang. Di sini kamu bisa merasakan pengalaman menginap di bangunan batu kuno.

5. Galata Bridge

Cek 6 Tempat Wisata Memesona yang Hanya Bisa Kamu Jumpai di Turkidailytripistanbul.com

Jembatan ini memiliki panjang 490 meter dan punya desain unik, yaitu terdiri dari dua tingkat di kedua ujungnya dengan lantai bawah dipenuhi restoran dan cafe, sementara bagian tengah jembatan ini hanya terdiri dari satu tingkat sehingga dapat dilalui kapal di bagian bawahnya. Selain itu Galata Bridge memiliki jalur kendaraan bermotor, satu jalur kereta trem, dan dua jalur khusus pejalan kaki.

Di sini kamu bisa menikmati suasana khas Turki, satu hal yang patut dicoba adalah mencicipi makanan populer balik ekmek (sandwich ikan) di kapal terapung yang tertambat ujung jembatan ini. 

6. Kolam Air Panas Pamukkale

Cek 6 Tempat Wisata Memesona yang Hanya Bisa Kamu Jumpai di Turkiinternationaltraveller.com

Pamukkale merupakan pemandian air panas yang konon dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit, seperti asma, rematik, dan berbagai macam penyakit kulit dan mata. Selain dapat menikmati mandi air panas, pemandian Pamukkale ini juga menyuguhkan pemandangan indah nan unik. Pemandian yang sekilas terlihat seperti hamparan istana kapas ini terbentuk dari logam kalsium yang mengeras, maka tak heran jika semua bidang di pemandian air panas ini berwarna putih dengan permukaan seperti salju yang lembut. Di pemandian ini, pengunjung bebas berendam di kolam-kolam mata air panas berundak atau terasiring yang terbentuk secara alami.

Keren-keren ya? Kalau kamu sudah mengincar Turki jadi destinasi wisatamu selanjutnya, tempat-tempat di atas bisa kamu masukkan ke dalam daftarmu.

Baca Juga: 6 Fakta tentang Turki yang Jarang Kamu Tahu

Camelia Safitri Photo Verified Writer Camelia Safitri

Walks to find something new

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya