Comscore Tracker

5 Hotel Mewah Berkonsep Biophilic Terbaik Dunia, Ada yang di Indonesia

Padukan elemen alami pada arsitektur bangunan

Konsep biophilic pada proses perancangan arsitektur dari sebuah bangunan mampu meningkatkan hubungan antara manusia dan lingkungan alam yang berada di sekitarnya. Bahkan, konsep tersebut dapat diaplikasikan dengan menggunakan material alami pada desain interior ataupun arsitektur dari sebuah bangunan, lho!

Nah, beberapa hotel dan resort mewah yang terletak di berbagai belahan dunia ini telah menerapkan konsep biophilic dengan menggunakan elemen dan material alam pada desain interior ataupun eksterior bangunan sehingga mampu menciptakan daya tarik yang unik dan menarik secara keseluruhan. 

Yuk lihat di mana saja!

1. PARKROYAL COLLECTION Pickering 

5 Hotel Mewah Berkonsep Biophilic Terbaik Dunia, Ada yang di IndonesiaPARKROYAL COLLECTION Pickering (instagram.com/parkroyalcollectionpickering)

Hotel mewah yang terletak di pusat kota Singapura ini dapat kamu jadikan sebagai pilihan destinasi penginapan untuk menikmati konsep taman yang ramah lingkungan dengan proses perancangan yang dilakukan secara maksimal.

PARKROYAL COLLECTION Pickering mampu menawarkan suasana tenang dan damai terlepas dari kehidupan perkotaan yang ramai. 

Melalui arsitektur bangunan hotel yang telah dirancang oleh arsitek lokal populer bernama WOHA, kamu dapat menemukan sebuah fasad ikonik yang digunakan sebagai penghubung antara hotel seluas 15.000 meter persegi yang dilengkapi dengan tanaman hijau dan serangkaian fitur inovatif pada keseluruhan ruangan hotel, lho!

2. Alila Villas Uluwatu 

5 Hotel Mewah Berkonsep Biophilic Terbaik Dunia, Ada yang di IndonesiaAlila Villas Uluwatu (instagram.com/alilavillasuluwatu)

Alila Villas Uluwatu terletak pada sebuah dataran tinggi tebing dengan dilengkapi oleh pemandangan panorama pantai dan langit yang mempesona. Resort mewah ini  dirancang secara maksimal oleh WOHA sehingga mampu menawarkan 50 suite dan 34 villa yang dibuat menggunakan bahan dan material lokal yang alami.

Bahkan, Alila Villas Uluwatu mampu menampilkan arsitektur bangunan dan desain interior ruangan yang merupakan perpaduan dari lingkungan alam dan konsep sustainability seperti batuan lava yang digunakan untuk menyerap suhu panas.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan berbagai fasilitas biodegradable dan opsi lainnya yang dapat dikomposkan.

Baca Juga: 5 Hotel Mewah di Bangkok Ini Tawarkan Pemandangan Alam Mempesona

3. Patina Maldives 

5 Hotel Mewah Berkonsep Biophilic Terbaik Dunia, Ada yang di IndonesiaPatina Maldives (instagram.com/patinamaldives)

Resort mewah yang terletak di Fari Islands ini dikenal secara luas oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara melalui pemandangan alam yang mempesona dengan dilengkapi tanaman hijau yang mengelilingi setiap villa dan kolam renang. Bahkan, kamu dapat memilih berbagai jenis pilihan villa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Patina Maldives merupakan hasil karya dari seorang arsitek bernama Marcio Kogan. Kamu dapat menemukan 90 villa dan 20 studio yang terletak pada tepi Fari Marina Village.

Setiap ruangan dari Patina Maldives dilengkapi dengan desain interior yang didominasi oleh material rotan dan linen sehingga dapat mengaburkan garis antara material alam dan buatan.

4. 1 Hotel Haitang Bay 

5 Hotel Mewah Berkonsep Biophilic Terbaik Dunia, Ada yang di Indonesia1 Hotel Haitang Bay (1hotels.com)

1 Hotel Haitang Bay dirancang secara maksimal sehingga mampu menampilkan keindahan panorama alam yang mempesona dari Pulau Hainan. Hotel mewah ini menggunakan material bahan reklamasi dalam proses pembuatan arsitektur bangunan ataupun desain interior ruangan hotel secara keseluruhan. 

Kamu dapat menemukan area teras dan halaman yang dilengkapi dengan tanaman hijau sehingga memberikan suasana pedesaan yang menarik ketika mengunjungi 1 Hotel Haitang Bay.

Selain itu, hotel ini juga dilengkapi dengan struktur tunggal bangunan sehingga mampu memaksimalkan cahaya alami, ventilasi, dan menampilkan hubungan yang erat dengan lingkungan alam di sekitarnya. 

5. Oasia Hotel Downtown 

5 Hotel Mewah Berkonsep Biophilic Terbaik Dunia, Ada yang di IndonesiaOasia Hotel Downtown (oasiahotels.com)

Oasia Hotel Downtown dirancang oleh firma arsitektur terkenal bernama WOHA dengan dilengkapi 27 lantai yang menawarkan 314 kamar. Melalui ekosistem mini yang dibuat pada keseluruhan ruangan hotel, kamu dapat menikmati udara segar ketika sedang mengunjungi kawasan bisnis di pusat kota Singapura ini, yah!

Oasia Hotel Downtown dibangun dengan menggunakan material aluminium berwarna merah pada bagian eksterior bangunan sehingga dapat digunakan sebagai habitat dari 22 spesies tanaman seperti phycus, thunbergia, dan philodendron. Kamu juga dapat mengunjungi area Sky Terrace yang dilengkapi dengan area halaman berukuran luas pada lantai 12.

Sebagai salah satu konsep terpopuler yang seringkali diterapkan pada desain interior ataupun arsitektur dari sebuah bangunan, kamu dapat menemukan beberapa hotel ataupun resort mewah yang tersebar di seluruh dunia dengan menggunakan konsep biophilic sehingga mampu menjadi daya tarik yang unik dan menarik. 

 

Baca Juga: 10 Potret Villa dan Hotel Mewah Milik Artis di Bali, Ada Punya Rossa!

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya