Comscore Tracker

5 Kebun Binatang di Amerika Serikat dengan Koleksi Hewan Langka

Mereka lakukan upaya konservasi satwa langka dari seluruh dunia

Kebun binatang dapat kamu jadikan sebagai destinasi wisata untuk memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam mengenai berbagai jenis spesies hewan yang berasal dari seluruh dunia. Kamu juga dapat menemukan pengalaman unik untuk bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan hewan tersebut, lho!

Beberapa kebun binatang yang terletak di Amerika ini mampu memberikan pengawasan ketat terhadap hewan secara maksimal dengan melakukan upaya konservasi terhadap satwa langka. Bahkan, kamu dapat menemukan habitat naturalistik yang membantu keberlangsungan hidup dari hewan tersebut. 

Yuk lihat di mana saja kebun binatang menarik yang ada di Amerika Serikat berikut ini!

1. San Diego Zoo 

5 Kebun Binatang di Amerika Serikat dengan Koleksi Hewan LangkaSan Diego Zoo (zoo.sandiegozoo.org)

San Diego Zoo dikenal luas oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara sebagai habitat dari 12.000 hewan yang terdiri dari 650 spesies dan subspesies. Bahkan, kebun binatang yang telah didirikan sejak tahun 1916 ini menawarkan konsep kandang terbuka yang telah dilengkapi dengan keadaan dan suasana habitat asli dari hewan tersebut. 

Kamu dapat menemukan 8 ruangan berbeda yang dipisahkan berdasarkan keadaan geografi seperti Outback yang berisikan spesies hewan dari benua Australia, serta Monkey Trails dan Forest Tales dengan hewan yang berasal dari hutan hujan Asia dan Afrika.

San Diego Zoo juga membantu proses kelahiran panda yang telah dikembalikan ke habitat aslinya di China, lho!

2. Houston Zoo 

5 Kebun Binatang di Amerika Serikat dengan Koleksi Hewan LangkaHouston Zoo (houstonzoo.org)

Kebun binatang yang terletak pada area seluas 55 hektar di pusat kota Texas ini dapat kamu temukan secara mudah.

Houston Zoo menjadi habitat bagi 6.000 hewan dengan 900 spesies yang berasal dari berbagai belahan dunia. Bahkan, Houston Zoo menawarkan koleksi burung terbesar di Amerika dari 200 spesies yang terbagi menjadi 3 lokasi berbeda. 

Houston Zoo juga telah bekerja sama dengan 40 proyek konservasi yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup dari satwa liar yang telah terancam punah seperti penyu Texas, gajah, singa Afrika, orang utan Kalimantan, dan clouded leopard yang dapat kamu temukan di area kebun binatang ini.

Baca Juga: 10 Kebun Binatang Terbesar di Dunia, Koleksi Satwanya Menggemaskan

3. Denver Zoo 

5 Kebun Binatang di Amerika Serikat dengan Koleksi Hewan LangkaDenver Zoo (denverzoo.org)

Kebun binatang yang didirikan sejak tahun 1896 ini telah berkembang menjadi institusi Colorado yang inovatif. Bahkan, Denver Zoo mampu memperkenalkan habitat naturalistik yang dapat meningkatkan kesehatan hewan serta mendukung 600 proyek penelitian dan konservasi global yang terletak di 60 negara.

Denver Zoo terletak pada sebuah area seluas 80 hektar yang terletak di Taman Kota Denver, di mana kamu kebun binatang ini telah menjadi habitat bagi 4.125 hewan dari 613 spesies yang berbeda.

Kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik seperti Close Animal Encounters yang menawarkan kesempatan untuk bertemu secara langsung dengan berbagai jenis hewan seperti gajah, gorila, dan ular, lho!

4. Henry Doorly Zoo 

5 Kebun Binatang di Amerika Serikat dengan Koleksi Hewan LangkaHenry Doorly Zoo (omahazoo.com)

Kebun binatang yang didirikan pada tahun 1894 ini telah menjadi habitat bagi 17.000 hewan dengan 962 spesies yang terletak pada area seluas 130 hektar. Henry Doorly Zoo berpusat pada bidang konservasi, serta mengeksplorasi genetika molekuler, kedokteran konservasi, dan fisiologi reproduksi hewan. 

Kamu dapat menemukan berbagai jenis habitat yang diletakkan di dalam ruangan berbeda seperti Kingdom of the Night yang dilengkapi dengan area rawa dan pameran malam, Lied Jungle dengan desain hutan hujan, dan Desert Dome dengan area padang gurun yang mempesona.

Selain itu, Henry Doorly Zoo juga menawarkan area akuarium yang berisikan penyu dan hiu, lho!

5. Lincoln Park Zoo 

5 Kebun Binatang di Amerika Serikat dengan Koleksi Hewan LangkaLincoln Park Zoo (instagram.com/lincolnparkzoo)

Lincoln Park Zoo didirikan sejak tahun 1868 pada area seluas 35 hektar, di mana kamu dapat mengunjungi kebun binatang ini dengan tiket masuk gratis.

Kebun binatang yang terletak di Lincoln Park Chicago ini telah dijadikan sebagai habitat dari 1.100 hewan dengan 200 spesies yang berbeda seperti beruang kutub, penguin, dan gorila. 

Sebagai salah satu kebun binatang tertua di Amerika Utara, Lincoln Park Zoo telah menjadi bagian dari Association of Zoos and Aquariums dengan menawarkan program konservasi dan sains yang berbasis pada kebun binatang terbesar di Amerika Serikat. Kamu juga dapat mengunjungi berbagai pameran seperti Farm-in-the-Zoo dan Kovler Sea Lion Pool, yah!

Amerika Serikat sering melakukan upaya konservasi satwa langka yang telah dilakukan oleh berbagai organisasi. Beberapa kebun binatang yang terletak di Amerika ini mampu memberikan pengawasan yang ketat dengan membentuk habitat naturalistik yang dapat menjamin kesejahteraan dari hewan tersebut. 

 

Baca Juga: 5 Wisata Arung Jeram Terpopuler di Amerika Serikat, Seru Banget!

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya