Comscore Tracker

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Dunia

Bakalan betah kalau berwisata ke negara-negara ini

Kebersihan adalah aspek penting yang harus selalu dijaga dalam sebuah lingkungan tertentu. Di mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga, desa, kota, hingga negara, kebersihan selalu berkorelasi dengan kenyamanan dan kesehatan warga masyarakatnya. Di dunia ini, ada beberapa negara yang dijuluki sebagai negara terbersih.

Ya, negara-negara tersebut memang memiliki kota dengan lingkungan yang sangat bersih, indah, dan nyaman untuk dijadikan tempat tinggal bagi warganya. Nah, bagaimana? Penasaran dengan negara-negara bersih tersebut? Yuk, disimak!

1. Norwegia

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniaworldtravelguide.net

Negara berpenduduk 6 juta jiwa ini memang terkenal sebagai negara makmur dan bersih. Hampir semua kota di Norwegia memang terlihat sangat bersih dan akan sulit ditemukan tumpukan sampah di sana. Menurut laman AZO Cleantech, sejak 1960, Norwegia sudah memiliki sistem yang akan mengatur dan mengelola kebersihan lingkungan hidup.

Pembangunan sistem kelistrikan, sanitasi, bendungan, dan tempat pembuangan sampah yang modern sudah dilakukan oleh pemerintah Norwegia sejak zaman dulu. Pemerintah Norwegia bahkan sudah mulai membangun teknologi pembangkit listrik dari alam sehingga penggunaannya tidak berdampak negatif bagi lingkungan hidup.

2. Islandia

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniatheculturetrip.com

Islandia atau Iceland adalah negara dingin yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan 1.000 kilometer dari Norwegia. Populasi penduduk Islandia juga sangat sedikit, yakni sekitar 800 ribu jiwa. Namun, negara indah ini memiliki pendapatan per kapita yang sangat besar dan menjadi salah satu negara kaya di dunia.

Bagaimana dengan kebersihan negaranya? Faktanya, Islandia menjadi salah satu negara dengan lingkungan terbersih di Eropa, bahkan dunia. Bahkan, sepuluh tahun lalu, Islandia pernah dinobatkan sebagai negara terbersih di dunia, seperti ditulis dalam laman Forbes. Meskipun saat ini peringkatnya menurun, Islandia masih termasuk ke dalam jajaran negara terbersih di dunia.

3. Denmark

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniaworldwhiskyday.com

Denmark merupakan salah satu negara Nordik yang berukuran paling kecil. Meskipun kecil, Denmark banyak menorehkan prestasi positif bagi dunia, yakni menjadi negara terbersih dari korupsi sekaligus negara dengan lingkungan hidup terbersih. Negara berpopulasi 6 juta jiwa tersebut bahkan juga menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

The Borgen Project mencatat bahwa seluruh warga Denmark telah mendapatkan akses air bersih. Tingkat kemiskinan di Denmark juga sangat rendah sehingga kebersihan lingkungan dapat selalu dijaga oleh tiap-tiap warga dengan kesadaran yang tinggi. Tak mengherankan jika Denmark masuk dalam daftar negara paling bersih dan bahagia di muka Bumi.

4. Luksemburg

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniabeteruitholidayparks.com

Jika berwisata ke Luksemburg, akan sangat jarang kamu temukan sampah di jalan atau sungai. Ya, Luksemburg merupakan negara Eropa yang memiliki mayoritas warga taat hukum dan berbudaya bersih terhadap lingkungan. Rumah-rumah kuno di sudut-sudut kota bahkan masih tampak terawat dengan baik.

Negara seluas 2.500 km persegi ini tidak berbatasan dengan laut. Yup, negeri berpopulasi 900 ribu jiwa ini berbatasan langsung dengan Belgia, Prancis, dan Jerman. Dengan lingkungan yang aman, nyaman, dan bersih, tak heran jika warga Luksemburg memiliki harapan hidup yang cukup tinggi.

5. Jepang

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniafodors.com

Selain memiliki etos kerja yang sangat tinggi, warga Jepang juga memiliki budaya untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan layak ditinggali. Diberitakan dalam laman BBC, budaya mencintai kebersihan lingkungan di Jepang sudah ditanamkan sejak sekolah. Anak-anak sekolah akan melakukan tugas membersihkan lingkungan sekolah secara berkala.

Setelah lulus dari sekolah tersebut, mereka akan tetap memiliki kebiasaan untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar mereka. Bahkan, di beberapa wilayah Jepang, tempat sampah dan petugas kebersihan jalanan sangat sulit ditemukan. Orang-orang Jepang akan membawa pulang sampah mereka masing-masing. Hal ini justru membuktikan bahwa warga Jepang sudah sadar betapa pentingnya kebersihan itu.

6. Uni Emirat Arab

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniaworldatlas.com

Uni Emirat Arab memang tidak menduduki peringkat atas sebagai negara terbersih di dunia. Namun, dalam hal kemajuan dan prestasi kebersihan lingkungan, Uni Emirat Arab mampu mendongkrak negaranya menjadi salah satu yang diperhitungkan oleh dunia. Setidaknya, hal ini telah dikonfirmasi oleh laman berita Gulf News.

Survei 2 tahunan yang dilakukan oleh dua universitas asal Amerika Serikat, Universitas Yale dan Universitas Columbia, menyimpulkan bahwa Uni Emirat Arab mampu berbenah dan memperbaiki kualitas dan kebersihan lingkungan hidupnya secara cepat dan masif. Jika prestasi ini dipertahankan, bukan mustahil Uni Emirat Arab dapat bersaing dengan negara-negara Eropa dalam hal kebersihan lingkungan hidup.

7. Kosta Rika

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniakimkim.com

Bukan yang terbersih di dunia, tetapi tetap saja udara di Kosta Rika menjadi salah satu yang paling bersih di dunia, diberitakan dalam laman The New Economy. Predikat yang diberikan pada 2015 lalu rupanya bisa dipertahankan oleh pemerintah Kosta Rika hingga kini.

Salah satu sistem kebersihan Kosta Rika yang diakui oleh dunia adalah sistem daur ulang dan tentu saja penggunaan energi yang tidak merusak alam. Itu sebabnya, kualitas air dan udara di negeri berpenduduk 7 juta jiwa ini selalu terjaga dengan sangat baik.

Baca Juga: Negara Elang, Ini 7 Fakta Menarik Negara Albania yang Harus Kamu Tahu

8. Australia

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniafindingbeyond.com

Dilansir laman UN Environment Progamme, Australia telah tergabung dalam daftar negara yang memiliki target di masa depan untuk menghilangkan plastik dari perairan laut di negaranya. Setidaknya, pada 2025 mendatang pemerintah Australia memiliki target mendaur ulang 70 persen sampah yang ada di perairan laut negaranya.

Nah, terlepas dari program global tersebut, Australia memang sudah dikenal sebagai negara dengan lingkungan yang bersih dan modern. Beberapa kali Australia bahkan mendapatkan penghargaan tingkat dunia karena prestasinya di bidang pengelolaan limbah dan lingkungan hidup.

9. Selandia Baru

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniacdn.cnn.com

Negara tetangga dari Australia ini juga masuk ke dalam daftar sebagai negara dengan lingkungan terbersih di dunia. Tak mau kalah dengan negara tetangganya, Selandia Baru juga beberapa kali pernah mendapatkan penghargaan tingkat internasional karena prestasi pemerintahnya yang mampu menjadikan lingkungan di Selandia Baru sangat bersih dan bebas polusi.

Hampir di semua kota dan desa yang ada di negara berpopulasi 5 juta jiwa ini memang terlihat sangat bersih dan memiliki sanitasi yang modern demi ketersediaan air bersih. Wajar saja, negara yang juga dijuluki sebagai Eropa Kecil ini memang memiliki warga yang sangat taat terhadap peraturan pemerintah.

10. Swedia

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniasmartcitiesworld.net

Swedia atau Kerajaan Swedia adalah sebuah negara Nordik yang berada di Eropa Utara. Wilayah yang berbatasan langsung dengan Swedia adalah Norwegia, Finlandia, Laut Baltik, dan Teluk Bothnia. Pada 2018 lalu, Swedia pernah menempati peringkat puncak sebagai negara dengan kualitas udara terbersih di dunia, dicatat dalam laman The Local.

Bersaing dengan negara-negara tetangganya macam Norwegia dan Finlandia, negeri berpenduduk sekitar 11 juta jiwa ini mampu mempertahankan peringkat 10 besar sebagai negara dengan lingkungan terbersih di dunia. Prestasi ini tentu didapatkan berkat peran serta seluruh warga negara Swedia yang menjunjung tinggi kebersihan dan keamanan lingkungan.

11. Finlandia

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniarouteperfect.com

Negara-negara Nordik memang terkenal dengan budaya warganya yang suka dengan kebersihan lingkungan. Salah satu negeri Nordik, Finlandia, merupakan salah satu negara terbersih di dunia sekaligus paling bahagia di muka Bumi. Negara berpenduduk 6 juta jiwa ini bahkan juga diklaim sebagai negara paling asri di Eropa, dicatat dalam laman Good News Finland.

Bukan hanya itu, seperti yang kita ketahui bahwa Finlandia adalah negara dengan tingkat literasi dan kelulusan sarjana tertinggi di dunia. Banyaknya warga yang berpendidikan tinggi membuat Finlandia menjadi negara yang bersih, aman, nyaman, dan makmur.

12. Jerman

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniathecrazytourist.com

Sejak dulu, Jerman telah menjadi salah satu negara yang sangat berpengaruh di Eropa. Jerman bahkan menjadi negara yang membawa peradaban maju di Eropa secara umum. Nah, untuk urusan kebersihan lingkungan, tentu Jerman gak kalah dengan negara-negara Nordik.

Dalam laman berita Deutsche Welle ditulis bahwa Jerman menjadi salah satu negara Eropa yang diklaim sebagai negara yang paling memperhatikan kebersihan lingkungan. Negeri yang kental dengan sepak bolanya tersebut bahkan mampu meraih peringkat teratas sebagai negara paling higienis di dunia. Oh ya, orang Jerman juga dikenal sebagai orang yang sangat gemar menyapu dan mengepel rumah. Keren, ya!

13. Belanda

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniaholland.com

Bagi yang sudah pernah mengunjungi Belanda, kamu pasti akan setuju bahwa Belanda adalah negeri yang sangat bersih, baik itu air, udara, maupun lingkungannya. Di Belanda juga banyak ditemukan taman atau perkebunan yang ditanami oleh tanaman hias semacam tulip. Belanda juga memiliki sistem sanitasi terbaik di dunia, padahal letak kota-kota Belanda mayoritas lebih rendah ketimbang permukaan air laut.

Bersepeda di dalam kota adalah hal lumrah yang dilakukan sebagian besar masyarakat Belanda. Data yang didapat dari laman numbeo.com, polusi di Belanda berada pada titik yang sangat rendah. Untuk masalah kebersihan air dan udara, Belanda boleh berbangga karena menjadi panutan bagi negara-negara lainnya di dunia.

14. Kanada

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniacnbcfm.com

Kanada adalah negara di luar Eropa yang mampu mencatatkan namanya sebagai negara terbersih, ternyaman, teraman, bahkan paling bahagia di dunia. Semua kota yang ada di Kanada memiliki lingkungan yang sangat bersih secara umum. Berturut-turut, salah satu kota di Kanada, yakni Calgary, menjadi kota terbersih di dunia.

US News dalam lamannya memberitakan bahwa Kanada adalah negara peringkat ke-2 sebagai negara terbaik di dunia. Kategori ini meliputi kebersihan, pelayanan umum, kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan masyarakat, pendapatan per kapita, dan tingkat kebahagiaan warga negaranya.

15. Swiss

Buat Kagum! Ini 15 Negara dengan Lingkungan Terbersih di Duniaswitzerland-tour.com

Peringkat pertama negara terbersih di dunia adalah Swiss. Yup, negara berpenduduk 10 juta jiwa ini memang kerap dijadikan patokan atau tolok ukur bagi negara lain di bidang kebersihan dan kenyamanan lingkungannya. Kualitas air dan udara di Swiss juga tak perlu diragukan lagi. Dunia bahkan menilai bahwa Swiss memiliki indeks paling rendah untuk urusan polusi. Dengan kata lain, Swiss merupakan negara yang nyaris tanpa polusi.

Secara geografis, Swiss memang terletak di sekitar pegunungan yang membuat iklim udara di sana terasa sejuk sepanjang hari. Hebatnya lagi, prestasi negara yang terkenal dengan palang merahnya tersebut juga bisa dipertahankan dari tahun ke tahun. Nah, tak salah jika ada banyak negara yang belajar dari pemerintah Swiss bagaimana cara mengelola lingkungan yang baik dan benar.

Itulah beberapa negara dengan lingkungan terbersih di dunia. Bagaimana? Setelah pandemik COVID-19 ini selesai, gak ada salahnya kamu berwisata ke negara-negara tersebut. Oke?

Baca Juga: Dijuluki Negara Api, Ini 5 Fakta Menarik Negara Azerbaijan

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya