Comscore Tracker

7 Kecantikan Gua Buniayu, Pesona Wisata Bawah Tanah Sukabumi

Lokasi shooting Si Buta dari Gua Hantu, nih #LokalIDn

Apakah kamu bosan berwisata di atas permukaan tanah yang rasanya monoton? Mungkin sudah saatnya kamu mencoba berwisata di bawah permukaan tanah! Gua Buniayu bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisatamu.

Dalam bahasa Sunda, Buni berarti tersembunyi dan Ayu berarti kecantikan sehingga nama goa ini berarti Kecantikan yang tersembunyi. Penasaran apa saja kecantikan yang tersembunyi dalam gua ini? Yuk, simak informasinya.

1. Kawasan gua yang alami

7 Kecantikan Gua Buniayu, Pesona Wisata Bawah Tanah SukabumiInstagram.com/cundasatr_

Gua Buniayu merupakan kawasan goua yang terbentuk secara alami di dalam bumi dan terletak di Desa Cipicung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Luas kawasan ini sekitar 10 hektar dan dikelola oleh Perum Perhutani dengan nama Wisata Wana Gua Buniayu.

2. Berbagai jalur dan variasi gua

7 Kecantikan Gua Buniayu, Pesona Wisata Bawah Tanah SukabumiInstagram.com/alfianofr_

Gua Buniayu memiliki panjang sekitar 3,3 kilometer. Di dalamnya terdapat banyak lorong-lorong yang saling terhubung. Gua ini pun memiliki variasi jalur dan pintu masuk yang dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan lama durasi perjalanannya.

Gua umum atau gua wisata memiliki mulut gua yang horizontal diperuntukan bagi wisatawan umum yang tidak memiliki skill caving. Sedangkan mulut gua yang vertical diperuntukan bagi petualang, peneliti, ataupun wisatawan minat khusus yang memiliki skill caving.

3. Ornamen gua yang atraktif

7 Kecantikan Gua Buniayu, Pesona Wisata Bawah Tanah SukabumiInstagram.com/cundasatr_

Ornamen yang ada dalam gua Buniayu adalah stalaktit, stalagmit, flow stone, fosil hewan laut, dan lainnya. Ornamen gua tersebut terbentuk dari mineral kalsit atau kalsium karbonat dengan proses pengendapan air selama bertahun-tahun.

Stalaktit dan stalagmit merupakan ornamen yang paling banyak ditemukan di goa ini. Bentuknya beragam namun biasanya meruncing dari atas ke bawah atau sebaliknya. Pertumbuhan stalaktit dan stalagmit disini hanya sebesar satu milimeter per tahunnya, lho! Karena itu wisatawan harus berhati-hati agar tidak merusak ornamen-ornamen gua tersebut, ya.

Baca Juga: 10 Gua Paling Angker di Jawa Barat, Ada Tempat Singgah Nyi Roro Kidul

4. Zonasi berdasarkan intensitas cahaya

7 Kecantikan Gua Buniayu, Pesona Wisata Bawah Tanah SukabumiInstagram.com/alfianofr_

Terdapat tiga jenis zona khusus di dalam gua Buniayu. Perbedaan zona ini didasari oleh tingkat intensitas cahaya yang masuk dari permukaan. Yang pertama adalah Zona Terang. Di zona ini intensitas cahaya masih banyak dan manusia masih bisa melihat dengan jelas tanpa bantuan cahaya lampu. Zona ini terletak disekitaran mulut gua.

Kedua, Zona Senja. Di zona ini kamu sudah memerlukan bantuan cahaya lampu untuk melihat. Masih terdapat cahaya dari pantulan sinar matahari namun intensitasnya rendah.

Ketiga, Zona Kegelapan Abadi. Zona ini terletak di tengah gua dan tidak ada cahaya yang dapat menembus dari permukaan. Di titik ini kamu harus menggunakan cahaya lampu sebagai sumber penerangan, jika tidak kamu tidak bisa melihat apa pun.

Pada saat berwisata, biasanya di sini pemandu akan meminta wisatawan mematikan cahaya lampu dan diam sejenak. Tanpa suara, tanpa cahaya. Kamu akan merasakan sensasi berada di kegelapan abadi yang sunyi.

5. Fauna langka di gua

7 Kecantikan Gua Buniayu, Pesona Wisata Bawah Tanah SukabumiInstagram.com/cundasatr_

Fauna di bawah permukaan tanah pastilah berbeda dengan fauna di atas permukaan. Di gua ini kamu bisa menemukan beberapa jenis hewan seperti kelelawar, kalajengking, jangkrik gua, dan udang purba. Udang purba merupakan jenis fauna yang langka dan sulit ditemukan.

Hewan-hewan ini telah beradaptasi untuk hidup dalam keadaan gelap gulita, sehingga organ penglihatan mereka tidak lagi berfungsi dengan kata lain semua hewan ini buta. Mereka mengandalkan sonar, antena, ataupun bulu-bulu halus ditubuhnya untuk medeteksi keberadaan mahluk hidup lainnya. Sebaiknya kamu jangan sembarangan menyentuh mereka ya jika bertemu.

6. Aksesibilitas yang mencengangkan

7 Kecantikan Gua Buniayu, Pesona Wisata Bawah Tanah SukabumiInstagram.com/alfianofr_

Bagaimana sih kondisi jalan di dalam gua? Mungkin dua kata ini tepat untuk mendeskripsikannya: berlumpur dan licin. Ya, akses jalan di sepanjang gua ini berlumpur sehingga cukup licin untuk ditempuh.

Selain itu ukuran jalan di gua ini bervariasi sekali. Bisa saja kamu menemukan ukuran jalan yang luas seperti ruangan besar, namun kemudian menyempit menjadi seukuran badanmu saja. Tingginya juga berubah-ubah membuatmu harus sering mengubah posisi saat berjalan, bisa tegak, sedikit meringkuk hingga berjongkok.

Karena kondisi itulah wisatawan dibekali dengan alat pelindung seperti helm dan sepatu bot. Alat tersebut akan membantu kamu berjalan lebih lancar dan melindungi kepala mu dari benturan batu-batu di dalam gua. Selain itu juga diberikan head lamp sebagai sumber pencahayaan selama berada di dalam gua.

Jika kamu masuk melalui mulut gua vertikal, kamu akan memakai baju khusus yang melindungi tubuh dari goresan-goresan batu dan safety harness sebagai pengaman saat menuruni gua.

7. Fasilitas wisata yang memadai

7 Kecantikan Gua Buniayu, Pesona Wisata Bawah Tanah SukabumiInstagram.com/alfianofr_

Fasilitas wisata di kawasan ini sudah memadai. Kamu bahkan bisa menemukan kearifan lokal masyarakat Sukabumi jika menginap di penginapan milik warga dengan bangunan kayu dan penyediaan makanan dengan cara Ngeliwet, makan bersama dengan alas daun pisang. Jika kamu ingin lebih menyatu dengan alam, kamu bisa mendirikan tenda di area camping yang tersedia. 

Di lokasi ini sudah terdapat toilet dan kamar mandi, musala, loket tiket, ruang alat dan perlengkapan, gazebo, area camping, area parkir, tempat makan dan penginapan masyarakat.

Dari segi sumber daya manusia, terdapat pemandu wisata atau guide yang akan menemani dan mengatur wisatawan saat berwisata di dalam gua agar tidak tersesat dan tidak merusak ornamen gua. Wajib hukumnya untuk mentaati intruksi dari guide saat berwisata petualangan di gua, ya.

Itulah 7 kecantikan Gua Buniayu. Bagaimana? Apakah kamu sudah siap berpetualangan di bawah tanah?

Baca Juga: 9 Potret Menakjubkan Son Doong Cave Vietnam, Gua Terbesar di Dunia!

Situmorang Debora F Photo Writer Situmorang Debora F

cerdik seperti ular, tulus seperti merpati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya