3 Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango yang Bisa Kamu Tempuh

Hati-hati dengan pacet di jalur ini

Intinya Sih...

  • Gunung Gede Pangrango adalah destinasi mendaki favorit di Indonesia, terletak di tiga kabupaten Jawa Barat.
  • Jalur pendakian Gunung Putri adalah jalur terpendek dengan medan terjal dan estimasi waktu 6-8 jam.
  • Jalur Cibodas menjadi favorit dengan pemandangan empat kawah aktif dan durasi pendakian 7-10 jam.
  • Jalur Selabintana merupakan trek terpanjang yang menantang dengan kemungkinan bertemu pacet dan estimasi waktu tempuh 8-12 jam.

Gunung Gede Pangrango menjadi salah satu destinasi mendaki favorit di Indonesia. Gunung ini terletak di tiga kabupaten yakni Bogor, Cianjur, dan Sukabumi, Jawa Barat.

Gunung dengan ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut ini menawarkan pengalaman pendakian yang seru dan sekaligus menantang. Selain itu, Gunung Gede juga menjadi pusat penelitian dan botani, sehingga masuk dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Bagi kamu yang ingin mendaki Gunung Gede Pangrango ini, ada beberapa jalur yang bisa dilewati. Berikut tiga jalur pendakian Gunung Gede Pangrango yang bisa kamu tempuh.

1. Jalur Gunung Putri

3 Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango yang Bisa Kamu TempuhJalur Gunung Putri (instagram.com/temenintrip)

Jalur Gunung Putri merupakan trek paling pendek dibandingkan jalur lainnya. Jalur ini direkomendasikan bagi kamu yang ingin menuju Alun-alun Suryakencana. 

Ada beberapa pos yang harus kamu lewati untuk mencapai puncak. Mulai dari Pos Jaga Gunung, Pos Baru, Pos Bayangan Tanah Merah, Pos 1 Informasi Lama, Pos 2 Legok Leunca, Pos 3 Buntut Lutung, Pos 4 Simpang Maleber, Pos 5 Alun-alun Suryakencana Timur, Alun-alun Suryakencana Barat, dan summit point

Namun, jalur Gunung Putri memiliki medan yang lebih terjal dan trek curam, apalagi saat memasuki kawasan hutan tropis, yakni sekitar Tanah Merah dan Lawang Seketeng. Sedangkan, estimasi waktu untuk sampai ke puncak adalah sekitar 6-8 jam.

2. Jalur Cibodas

3 Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango yang Bisa Kamu TempuhJalur Cibodas (instagram.com/johnsimanjuntak)

Jalur Cibodas menjadi trek favorit para pendaki. Kamu akan melewati jalur setapak berbatu hingga kawasan hutan tropis. 

Rute pendakian via Cibodas ini dimulai dari pos pendaftaran, kemudian menuju Tarentong, Telaga Biru, Rawa Panyangcangan, Rawa Denok, Rawa Denok 2, Batu Kukus 1, Batu Kukus 2, Batu Kukus 3, Pondok Pemandangan, Air Panas, Kandang Batu, Panca Weuleuh, Kandang Badak, dan Puncak. 

Ketika di puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan empat kawah yang masih aktif, yakni Kawah Baru, Kawah Ratu, Kawah Lanang, dan Kawah Wadon. Durasi pendakian butuh waktu sekitar 7-10 jam untuk sampai ke puncak Gunung Gede. 

Baca Juga: 5 Mitos Gunung Gede Pangrango, Area Sakral hingga Kuntilanak

3. Jalur Selabintana

3 Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango yang Bisa Kamu TempuhJalur Selabintana (instagram.com/andryads)

Jalur Selabintana merupakan trek terpanjang menuju puncak Gunung Gede. Kamu harus menyusuri hutan, sungai, dan medan menantang lainnya.  

Para pendaki biasanya akan menemukan pacet, sejenis lintah yang menghisap darah dari tubuh. Biasanya kaki para pendaki akan dipenuhi pacet ketika melalui jalur ini. Estimasi waktu tempuhnya sekitar 8-12 jam. 

Itu dia beberapa jalur pendakian Gunung Gede Pangrango sebagai rekomendasi liburanmu. Mulai dari jalur yang terpendek hingga terpanjang, semua tersedia, tinggal sesuaikan dengan preferensimu. 

Baca Juga: 10 Gunung Indah Indonesia dengan Jalur Pendakian Tersulit

Topik:

  • Dewi Suci Rahayu

Berita Terkini Lainnya