Comscore Tracker

Informasi Wisata Gili Ketapang: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips 

Bisa jadi referensi untuk liburan akhir tahun

Kalau ingin menikmati keindahan wisata bahari, kamu gak perlu pergi jauh-jauh ke Gili di Lombok. Probolinggo juga memiliki sebuah gili yang bernama Gili Ketapang, lho.

Gili Ketapang disebut sebagai wisata bahari terindah di Jawa Timur. Terutama keindahan bawah lautnya yang menjadi incaran para pencinta snorkeling.

Meski kecil, panorama alamnya akan membuatmu terpesona. Ditambah keindahan pantai berpasir putih dan air laut biru yang menenangkan. Kalau kamu tertarik, simak dulu informasi wisata Gili Ketapang berikut ini!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Informasi Wisata Gili Ketapang: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips Pantai di Gili Ketapang, Probolinggo, Jawa Timur (instagram.com/puterijsmn)

Lokasi: Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB.

Harga tiket: Rp10 ribu per orang untuk sewa perahu ke Gili Ketapang.  

2. Rute menuju Gili Ketapang

Informasi Wisata Gili Ketapang: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips Suasana pantai di Gili Ketapang, Probolinggo, Jawa Timur (instagram.com/fazha_fauzan)

Rute paling mudah adalah dari Surabaya melalui Sidoarjo. Dari Sidoarjo, arahkan kendaraan menuju pertigaan gempol. Setelah bertemu pertigaan, belok kiri menuju Kota Bangil, kemudian ikuti jalan lurus hingga sampai di Kota Pasuruan. 

Dari Pasuruan, lanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Probolinggo. Setelah itu, arahkan kendaraan menuju perempatan pilang. Ikuti terus jalan tersebut hingga bertemu Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. 

Dari Pelabuhan, kamu harus naik kapal menuju Gili Ketapang. Estimasi waktu sekitar 30-40 menit untuk sampai di lokasi. 

3. Daya tarik Gili Ketapang

Informasi Wisata Gili Ketapang: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips Spot favorit di Gili Ketapang, Probolinggo, Jawa Timur (instagram.com/uh.syahdiah)

Daya tarik utama pulau ini adalah panoramanya yang indah. Saat sampai di sana, kamu akan disuguhkan dengan pantai berpasir putih yang bersih dan lembut.

Berpadu dengan warna air laut yang biru dan pepohonan hijau di sekitarnya. Pemandangannya bak lukisan, indah banget. 

Selain panorama pantai, daya tarik lain Gili Ketapang adalah pemandangan bawah lautnya. Gili Ketapang disebut sebagai salah satu wisata bahari terindah di Jawa Timur.

Kamu bisa bertemu ikan nemo dan biota laut lainnya, berenang bersama ikan-ikan dan terumbu karang yang cantik. Gak heran kalau keindahan bawah laut ini menjadi incaran para pencinta snorkeling. 

Selain itu, paket wisata yang beragam dan terjangkau juga menjadi daya tarik wisatawan. Ada beberapa paket wisata yang bisa dipilih, mulai dari paket snorkeling, pemancingan, banana boat, jetski, hingga berkemah. 

Baca Juga: 10 Aktivitas Seru Selama Liburan di Gili Trawangan, Bikin Malas Pulang

4. Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Informasi Wisata Gili Ketapang: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips Snorkeling di Gili Ketapang, Probolinggo, Jawa Timur (instagram.com/giliketapang_trip)

Ada sejumlah aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Gili Ketapang. Mulai dari susur pulau yang akan membuat liburanmu lebih memuaskan. Kamu bisa menyusuri pulau dengan perahu ke pantai barat, pantai timur, hingga Goa Kucing. 

Snorkeling menjadi aktivitas terfavorit di Gili Ketapang. Suasana bawah lautnya benar-benar mengagumkan.

Kamu bisa berfoto bersama biota laut yang cantik, seperti ikan nemo hingga terumbu karang, Bahkan tersedia fasilitas foto bawah air, lho. 

Meski biaya masuk terjangkau, kamu tetap harus mengeluarkan biaya untuk beberapa paket kegiatan tertentu, seperti:

  • snorkeling Rp90 ribu.
  • drone Rp150 ribu. 
  • pemancingan private boat Rp800 ribu. 
  • banana boat Rp150 ribu. 
  • gua Kucing Rp135 ribu. 

Selain bisa melakukan beberapa kegiatan tersebut, jangan lupa jelajahi spot yang Instagramable di sana. Mulai dari berfoto di sekitar pantai hingga di Goa Kucing. Fasilitas umum di Gili Ketapang pun cukup memadai, ada gazebo, toilet, hingga warung-warung makan.  

5. Tips berkunjung ke Gili Ketapang

Informasi Wisata Gili Ketapang: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips Bersantai melihat sunset di Gili Ketapang, Probolinggo, Jawa Timur (instagram.com/ozyluts)

Supaya liburanmu di Gili Ketapang tetap seru dan nyaman, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  • Disarankan membawa sunscreen atau tabir surya, karena cuaca panas.
  • Membawa botol air minum dan camilan yang praktis.
  • Menggunakan penutup kepala atau topi.
  • Membawa obat-obatan pribadi.
  • Menjaga perilaku dan sopan santun.
  • Membuang sampah pada tempatnya. 
  • Membawa uang tunai dan pakaian ganti secukupnya. 
  • Selalu taati protokol kesehatan selama liburan di Gili Ketapang.

Itulah informasi wisata mengenai Gili Ketapang yang bisa jadi bekal liburanmu. Tempat ini bisa menjadi alternatif liburan untuk akhir tahun. Gak kalah indah dengan beberapa Gili yang ada di Lombok. 

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Wisata Gili Trawangan Lombok: Informasi Lokasi Rute, Harga dan Tips

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya