Comscore Tracker

10 Potret Angkor Wat, Candi Terbesar yang Dibangun pada Abad ke-12

Salah satu destinasi wisata sejarah terbaik di Kamboja

Angkor Wat merupakan satu-satunya candi yang masih difungsikan sebagai pusat kegiatan religius hingga sekarang. Candi penghormatan Raja Suryawarman II ini sebelumnya merupakan candi Hindu yang dibaktikan kepada Dewa Wisnu, kemudian bertransformasi menjadi candi Buddha menjelang akhir abad ke-12.

Candi yang terletak di Siem Reap ini sudah menjadi ikon bagi negara Kamboja. Menempati lahan seluas 1,626 hektar, Angkor Wat menjadi candi keagamaan terbesar di Dunia menurut Guinness World Records.

Bagi kamu yang belum pernah ke sana, berikut merupakan 10 potret Angkor Wat yang juga merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO.

1. Terletak 5,5 kilometer di sebelah utara kota modern Siem Reap, Angkor Wat adalah situs yang terletak paling selatan dalam lingkup kawasan arkeologi Angkor

10 Potret Angkor Wat, Candi Terbesar yang Dibangun pada Abad ke-12Gerbang Utara Angkor Wat (instagram.com/sellsnick)

2. Menurut mitos yang beredar, Angkor Wat dibangun atas perintah Dewa Indra yang ingin membuat istana untuk putranya, Preca Ket Mealea

10 Potret Angkor Wat, Candi Terbesar yang Dibangun pada Abad ke-12Pintu masuk Angkor Wat (instagram.com/angkorwattrip)

3. Menurut salah satu musafir Tiongkok dari abad ke-13, Zhou Daguan, banyak pihak yang meyakini bahwa Angkor Wat dulunya dibangun hanya dalam waktu semalam oleh Dewa Undagi

10 Potret Angkor Wat, Candi Terbesar yang Dibangun pada Abad ke-12Bagian dalam Angkor Wat (instagram.com/angkorwattrip)

4. Berbeda dengan raja-raja Khmer sebelumnya yang menganut aliran Saiwa, Suryawarman II malah membaktikan Angkor Wat kepada Dewa Wisnu

10 Potret Angkor Wat, Candi Terbesar yang Dibangun pada Abad ke-12Lorong yang ada di Angkor Wat (instagram.com/angkorwattrip)

5. Pada masa itu, Angkor Wat digunakan sebagai kuil kenegaraan sekaligus ibu kota kerajaan Khmer

10 Potret Angkor Wat, Candi Terbesar yang Dibangun pada Abad ke-12Tampak depan dari Angkor Wat (instagram.com/angkorwattrip)

Baca Juga: Pesona Alam Memukau, Inilah 5 Taman Nasional Terbaik di Kamboja

6. Pada tahun 1177, kira-kira 27 tahun sesudah Suryawarman II meninggal dunia, Kota Angkor diserbu bangsa Campa

10 Potret Angkor Wat, Candi Terbesar yang Dibangun pada Abad ke-12Bekas Kolam Angkor Wat (instagram.com/bon_vivant_ripon)

7. Kedaulatan kerajaan Khemr dipulihkan oleh Jayawarman VII. Sang raja mendirikan ibu kota dan candi kenegaraan baru beberapa kilometer di sebelah utara yang ia baktikan untuk kepentingan agama Buddha, karena merasa sudah dikecewakan dewa-dewi Hindu

10 Potret Angkor Wat, Candi Terbesar yang Dibangun pada Abad ke-12Tangga dalam Angkor Wat (instagram.com/justabitofconscience)

8. Menjelang abad ke-13, Angkor Wat mengalami perubahan sedikit demi sedikit, dari sebuah pusat ibadah umat Hindu menjadi pusat peribadatan umat Buddha

10 Potret Angkor Wat, Candi Terbesar yang Dibangun pada Abad ke-12Puncak dari Angkor Wat (instagram.com/bon_vivant_ripon)

9. Candi ini merupakan salah satu lambang penting negara Kamboja, serta merupakan kebanggaan nasional yang menjadi unsur penting di dalam hubungan diplomatik anatara Kamboja dengan negara lain

10 Potret Angkor Wat, Candi Terbesar yang Dibangun pada Abad ke-12Waduk yang mengitari Angkor Wat (instagram.com/feedcambodia)

10. Gambar Angkor Wat sudah menjadi bagian dari berbagai versi bendera Negara Kamboja sejak 1863 saat versi pertama muncul

10 Potret Angkor Wat, Candi Terbesar yang Dibangun pada Abad ke-12Angkor Wat dilihat dari udara (instagram.com/mitolojikevren)

Itulah 10 potret dan sedikit sejarah mengenai Angkor Wat. Nampaknya, tidak lengkap rasanya bila melewatkan keindahan tempat-tempat bersejarah ketika berkunjung ke Kamboja. Bagaimana, ingin pergi ke sana setelah pandemi berakhir?

Baca Juga: 5 Kudapan Kamboja yang Legit Memanjakan Lidahmu, Sudah Pernah Coba?

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 5 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya