Comscore Tracker

11 Tempat di Jepang yang Wajib Dikunjungi Fans Film Studio Ghibli

Semua tempatnya Instagramable

Film-film produksi Studio Ghibli memiliki daya tarik tersendiri yang meninggalkan kesan di hati para penontonnya. Popularitas film Studio Ghibli mencapai seluruh dunia, terutama Spirited Away dan My Neighbor Totoro. Banyak yang berandai jika bisa memasuki dunia magis yang ada di film Studio Ghibli, mungkin salah satunya kamu. 

Nah, berikut 11 lokasi di Jepang yang jadi inspirasi, mirip, atau bahkan meniru film Studio Ghibli. Jika kamu penggemar filmnya, bisa jadi referensi destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Simak, yuk! 

Baca Juga: 5 Film Studio Ghibli yang Family-Friendly, Cocok Ditonton saat Lebaran

1. Shima Onsen / Sekizenkan, Prefektur Gunma (Spirited Away)

11 Tempat di Jepang yang Wajib Dikunjungi Fans Film Studio GhibliShima Onsen (japan-guide.com)

Shima Onsen merupakan kota resort sumber air panas terkenal yang terletak di prefektur Gunma. Sekizenkan, salah satu ryokan (penginapan tradisional Jepang) di sini mirip dengan bangunan di film Spirited Away. 

Hayao Miyazaki sang pembuat Spirited Away mengkonfirmasi jika Sekizenkan ini salah satu inspirasinya. Jembatan merah, arsitektur bangunan kayu, serta vibe dari tempat ini mirip pemandian milik Yubaba di Spirited Away

2. Stasiun Shimonada, Prefektur Ehime (Spirited Away)

11 Tempat di Jepang yang Wajib Dikunjungi Fans Film Studio GhibliStasiun Shimonada (twitter.com/tanukitsuneko)

Tempat kedua ini pasti mengingatkanmu salah satu scene di Spirited Away saat Chihiro menaiki kereta melewati laut. Stasiun Shimonada terletak di prefektur Ehime, dikenal sebagai stasiun yang dekat dengan laut. Peron stasiunnya minimalis dan tidak memiliki staff, serta pemandangan Laut Iyo yang bikin takjub.

Sekitar 15 menit berjalan dari Stasiun Shimanoda, kamu bisa menemukan rel yang mengarah ke laut. Bedanya rel stasiun ini berfungsi untuk membantu kapal naik ke darat. Apalagi perairan Laut Iyo yang jernih membuat rel kereta ini nampak seperti yang ada di film Spirited Away

3. Bukit Sayama, Prefektur Saitama (My Neighbor Totoro)

11 Tempat di Jepang yang Wajib Dikunjungi Fans Film Studio GhibliBukit Sayama (matcha-jp.com)

Bukit Sayama terletak di seberang prefektur Saitama dan Tokyo, luas areanya sekitar 3.500 hektar. Bukit-bukit di sini menjadi salah satu inspirasi latar tempat di film My Neighbor Totoro, dan kini hutannya dijuluki hutan Totoro. 

Saat berjalan di area bukit ini, kamu akan merasa seolah-olah akan bertemu Totoro. Jika menyusuri jalannya akan mencapai danau Sayama. Ketika cuaca cerah, Gunung Fuji bisa dilihat dari Bukit Sayama.

Di Bukit Sayama ini terdapat rumah tradisional Jepang berusia lebih dari 100 tahun yang dinamai rumah Kurosuke. Rumah ini mirip dengan tempat Satsuki dan Mei pindah. Kamu bisa menemukan boneka Totoro besar dan membeli barang yang cuma ada di rumah Kurosuke. 

4. Rumah Satsuki dan Mei, Prefektur Aichi (My Neighbor Totoro)

11 Tempat di Jepang yang Wajib Dikunjungi Fans Film Studio GhibliRumah Satsuki dan Mei (id.japantravel.com)

Rumah ini terletak di prefektur Aichi, dibangun pada tahun 2005 untuk memperingati Aichi Expo. Rumah ini dibuat sangat mirip dengan rumah Satsuki dan Mei di film My Neighbor Totoro. Mulai dari eksterior rumah, ruang belajar, ruang cuci, aula, dan lainnya dibuat semirip mungkin sesuai adegan di film.
Jika kamu ingin berkunjung ke rumah ini, disarakan untuk membeli tiket di hari sebelumnya. Mengingat rumah ini adalah salah satu objek wisata populer. 

5. Totoro Pass / Bus kucing, Hokkaido (My Neighbor Totoro)

11 Tempat di Jepang yang Wajib Dikunjungi Fans Film Studio GhibliCatbus Totoro (hokkaidofan.com)

Totoro Pass terletak di Hokkaido sebelah barat, tepatnya di Fukagawa. Di tempat ini terdapat Catbus, bus kucing seperti yang ada di Neighbor Totoro.

Awalnya bus ini digunakan oleh para petani setempat untuk istirahat. Di tahun 1998, penduduk lokal mengecat ulang bagian luar bus dengan desain Catbus. Meski nggak mirip-mirip banget seperti aslinya, tapi Totoro Pass masih menjadi spot terkenal bagi penggemar Totoro. 

Baca Juga: 9 Film Animasi Studio Ghibli tentang Cinta Ini Sangat Romantis

6. Pulau Yakushima / Shiratani Unsukiyo Ravine, Prefektur Kagoshima (Princess Mononoke)

11 Tempat di Jepang yang Wajib Dikunjungi Fans Film Studio GhibliShiratani Unsukiyo Ravine (fun-japan.jp)

Pulau Yakushima terletak di lepas pantai selatan prefektur Kagoshima. Pulau ini terkenal dengan pesona hutan serta pohon Jomon Cedar yang berusia lebih dari 3.500 tahun. Sang sutradara Hayao Miyazaki bercerita jika ia mengunjungi Pulau Yakushima sebelum membuat Princess Mononoke.

-lumut hijau yang menutupi tanah dan batu membuat suasana hutan ini seperti yang ada di film Princess Mononoke. 

7. Pulau Tomogashima / Okinoshima, Prefektur Wakayama (Castle In The Sky)

11 Tempat di Jepang yang Wajib Dikunjungi Fans Film Studio GhibliPulau Tomogashima (ana.co.jp)

Kepulauan Tomogashima terletak di pantai barat laut prefektur Wakayama. Kepulauan ini terdiri dari 4 pulau tak berpenghuni yakni Jinoshima, Torajima, Kamishima, dan Okinoshima.

Salah satu pulaunya yaitu Okinoshima menyimpan reruntuhan benteng bekas perang. Benteng tersebut memiliki gudang amunisi yang terbuat dari batu bata yang ditutupi tanaman merambat dan lumut, menjadikan benteng ini mirip banget dengan Laputa di film Castle In The Sky. 

8. Tomonoura, Prefektur Hiroshima (Ponyo)

11 Tempat di Jepang yang Wajib Dikunjungi Fans Film Studio GhibliTomonoura (japan-guide.com)

Tomonoura adalah kota pelabuhan yang terletak di prefektur Hiroshima, tepatnya kota Fukuyama. Kota ini dikenal memiliki jalanan dengan gaya retro yang tak berubah sejak jaman Edo (1603 - 1687).

Ada yang bersepekulasi jika Hayao Miyazaki mendapat inspirasi membuat Ponyo ketika tinggal di Tomonoura. Banyaknya kapal dan rumah bergaya tradisional Jepang di pinggir pantai membuat Tomonoura mirip banget seperti di film Ponyo

9. Harbor View Park, Prefektur Kanagawa (From Up on Poppy Hill)

11 Tempat di Jepang yang Wajib Dikunjungi Fans Film Studio GhibliHarbor View Park (town.ietan.jp)

Harbor View Park adalah salah satu tempat yang sempurna untuk melihat pemandangan Pelabuhan Yokohama. Studio Ghibli meyatakan secara resmi bahwa mereka memodelkan lokasi dalam film From Up on Poppy Hill berdasarkan Harbor View Park. Di sini lah rumah kos Umi, Coquelicot Manor, berada di film tersebut.

10. Yamashita Park, Prefektur Kanagawa (From Up on Poppy Hills)

11 Tempat di Jepang yang Wajib Dikunjungi Fans Film Studio GhibliTaman Yamashita (yokohamajapan.com)

Taman Yamashita menyuguhkan pemandangan luas dan indah di Pelabuhan Yokohama. Dalam film From Up on Poppy Hill, Umi berjalan di sepanjang jalan tepi pantai di Pelabuhan Yokohama bersama seorang temannya bernama Shun.
Kapal besar Hikawa Maru, Menara Laut Yokohama, dan bendera sinyal maritim internasional yang ada di Taman Yamashita juga ikut tampil di film nya, lho!

11. Seibien Garden, Prefektur Aomori (The Secret World of Arrietty)

11 Tempat di Jepang yang Wajib Dikunjungi Fans Film Studio GhibliSeibien Garden (nippon.com)

Taman Seibien terletak di prefektur Aomori, tepatnya di Kota Hirakawa. Taman ini dibuat dengan gaya bugaku-ryu, gaya asli daerah Tsugaru di Aomori Utara. Taman Seibien disebut sebagai salah satu dari tiga taman terkenal pada periode Meiji (1868 - 1912). Rumah bergaya Meiji yang ada di tengah taman mirip dengan di film The Secret World of Arriety.

Saat berjalan melewati taman, kamu akan menemukan Seibikan, yakni rumah berarsitektur gaya Jepang di lantai satu dan gaya Barat di lantai dua dan tiga. Arsitektur khas inilah yang akan mengingatkanmu pada tempat tinggal keluarga Sho dan Arriety. 

Itulah sebelas lokasi di Jepang yang bisa dikunjungi penggemar film Studio Ghibli. Lokasinya indah dan tak kalah dengan yang ada di film bukan? Tempat mana nih yang paling ingin kamu kunjungi? 

Baca Juga: 5 Film Romansa Terbaik Karya Studio Ghibli, Sweet Abis!

Dina Erika Photo Verified Writer Dina Erika

Hi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya