Comscore Tracker

11 Destinasi Wisata Paling Menarik di Chiang Rai Thailand

Dari kuil serba putih hingga jejak opium di Golden Triangle

Chaing Rai, IDN Times - Pemerintah Thailand kini sedang menggenjot dunia pariwisata mereka. Salah satunya dengan mempromosikan tempat-tempat wisata yang belum dikenal. 

"Bukan hanya Bangkok dan Phuket tapi banyak tempat lain yang tersembunyi. Kami harap tempat-tempat tersembunyi ini menjadi tujuan wisata baru," kata Director of Asean, South Asia and South Pacific Division, Tourism Authority of Thailand, Kulpramote Wannalert, di Bangkok, Rabu (26/9). 

Salah satu tempat yang ditargetkan menjadi destinasi wisata baru adalah Kota Chiang Rai. Berada di utara Thailand, Chiang Rai bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dari Bandara Suvarnabhumi. Jarak tempuhnya sekitar 90 menit. 

Di Chiang Rai, banyak pilihan wisata unik, dari mulai kebun teh, villa milik keluarga Kerajaan Thailand, hingga kuil-kuil yang sangat instagramable. 

Yuk, kita telusuri satu per satu tempat-tempat wisata di Chiang Rai! 

1. Golden triangle, tempat para pengedar opium pernah bertransaksi

11 Destinasi Wisata Paling Menarik di Chiang Rai ThailandIDN Times/Dwi Agustiar

Salah satu tujuan wisata di Chiang Rai yang menarik untuk dikunjungi adalah Golden Triangle atau segitiga emas. Kenapa menarik? Karena wilayah ini dulunya adalah tempat para pengedar opium bertransaksi. 

Jarak menuju Golden Triangle dari Bandara Airport Chiang Rai hanya sekitar 70 km. Bisa ditempuh dalam waktu 90 menit dengan kendaraan roda empat. 

Golden Triangle ini berada di dataran tinggi, sehingga dari lokasi ini kamu bisa melihat Sungai Mekong yang menjadi perbatasan tiga negara, yakni Thailand, Laos, dan Myanmar. 

Kenapa disebut Golden Triangle? Pemandu wisata kami, Nuangwan, mengatakan istilah Golden Triangle muncul dari transaksi opium yang pernah terjadi di tempat tersebut. 

"Karena masing-masing pengedar memiliki mata uang dari negaranya sendiri-sendiri, akhirnya transaksi opium disepakati menggunakan emas," kata Nuangwan, Minggu (23/9).  

Kini tak ada lagi transaksi opium di Golden Triangle. Sebab pemerintah Thaiand telah memusnahkan semua ladang opium. Selain itu hukuman berat juga mengancam pengedar dan pengguna opium.

Baca Juga: Wisata: Melacak Jejak Opium di Golden Triangle

2. Hall of Opium

11 Destinasi Wisata Paling Menarik di Chiang Rai ThailandIDN TImes/Dwi Agustiar

Mau tahu lebih jauh tentang opium? Dari Golden Triangle kamu bisa langsung meluncur ke Hall of Opium yang jaraknya tidak jauh, hanya sekitar 15 menit berkendara. 

Di museum ini kamu bisa mengetahui secara lebih lengkap informasi seputar opium, dari mulai bentuk bunganya, cara memproduksinya, hingga perang opium yang melibatkan Inggris dan China. 

Selain itu kamu juga bisa mengetahui dampak opium terhadap kesehatan dan bagaimana Pemerintah Thailand berjuang keras memusnahkan ladang-ladang opium yang dulu tumbuh subur di daerah Golden Triangle. 

Oya, untuk masuk ke museum yang keren ini, kamu harus membayar sebesar 200 Baht atau sekitar Rp 90 ribuan. 

3. Belajar kreatif di Desa Bang Pang Ha

11 Destinasi Wisata Paling Menarik di Chiang Rai ThailandIDN Times/Dwi Agustiar

Tempat lain yang bisa kamu tuju adalah Desa Bang Pang Ha. Lokasi desa ini juga tidak begitu jauh dari Hall of Opium, sekitar 60 menit perjalanan dengan kendaraan. 

Di desa ini kamu bisa mampir ke kediamanan Jinnaluck. Wanita Thailand ini sangat kreatif, lho. Ia, misalnya, mengubah batang-batang Murberry menjadi beragam kerajinan kertas, mulai dari lukisan, payung, hingga busana pengantin! 

Di sini kamu juga akan diajari cara mengubah kertas dari batang Mulberry menjadi kerajinan unik. Oya, Jinnaluck juga memproduksi sabun dan masker kecantikan berbahan alami, lho. 

Yang pasti, berkunjung ke tempat ini gak hanya membuatmu semakin kreatif, tapi juga akan menginspirasimu. 

4. Doi Tung Royal Villa, vila keluarga Kerajaan Thailand

11 Destinasi Wisata Paling Menarik di Chiang Rai ThailandIDN Times/Dwi Agustiar

Destinasi wisata wajib lainnya di Chiang Rai adalah Doi Tung Royal Villa atau vila keluarga Kerajaan Thailand. Rumah ini pernah ditinggali oleh Srinagarindra atau Princess Mother, anggota keluarga kerajaan yang paling dihormati, lho! 

Berada di pucuk bukit, hampir seluruh bangunan vila ini terbuat dari kayu, selaras dengan pohon-pohon tinggi yang tumbuh di sekitarnya. Sayangnya, pengunjung dilarang mengambil gambar di dalam vila. 

Namun jangan khawatir mati gaya, sebab kamu masih bisa berkeliling di halaman vila yang banyak ditumbuhi bunga-bunga cantik. Udara di sini juga terasa segar, lho! 
Oya, tiket masuk menuju vila sebesar 90 Baht atau sekitar Rp 40 ribuan. 

Baca Juga: Yuk! Bertamu ke Villa Kerajaan Thailand 

5. Menikmati warna warni bunga di Mae Fah Luang Garden

11 Destinasi Wisata Paling Menarik di Chiang Rai ThailandIDN Times/Dwi Agustiar

Lokasi Mae Fah Luang Garden ini berada satu kompleks dengan Dou Tung Villa. Bahkan, dari vila tersebut kamu hanya perlu berjalan kaki menuju Mae Fah Luang Garden. Harga tiket masuk ke taman ini sebesar 90 Baht atau sekitar Rp 40 ribuan. 

Di sini kamu bisa menikmati warna-warni aneka bunga yang tumbuh di taman seluas 12 hektare ini. Selain itu udaranya juga sangat sejuk. Cocok banget buat kamu yang doyan selfie, nih. Oya, dulunya Mae Fah Luang Garden ini adalah ladang-ladang opium, lho.  

Setelah pohon-pohon opium dimusnahkan, ladang-ladang tersebut kemudian dihijaukan lagi, ditanami bunga-bunga, sehingga menjadi cantik. Pemusnahan opium dan penghijauan bukit ini merupakan instruksi langsung dari Srinagarindra atau Princess Mother lho. 

Menurut Nuangwan, Princes Mother juga memerintahkan pembangunan Doi Tung Villa. "Agar beliau bisa memantau langsung pemusnahan opium," kata Nuangwan atau kerap disapa Ning. 

Baca Juga: FOTO: Mae Fah Luang Garden, Taman Paling Instagramable di Thailand!

6. Kebun teh Choui Fong Tea Plantation

11 Destinasi Wisata Paling Menarik di Chiang Rai ThailandIDN Times/Dwi Agustiar

Tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi di Chiang Rai adalah kebun teh Choui Fong Tea. Berada di dataran tinggi, kebun teh ini menyediakan pemandangan yang ciamik.  

Selain itu kamu juga bisa mencicipi langsung teh dari perkebunan ini. Kalau kamu lapar, kamu juga bisa mencoba beragam menu yang disajikan. Soal harga, jangan takut kelewat mahal. 

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke kebun teh ini adalah saat pagi atau sore.  
Oya, dari pusat Kota Chiang Rai, perkebunan teh ini bisa kamu capai dengan mobil. Waktu tempuhnya sekitar 60 menit. 

7. Kuil Wat Rong Khun atau White Temple

11 Destinasi Wisata Paling Menarik di Chiang Rai ThailandIDN Times/Dwi Agustiar

Ke Chiang Rai rasanya belum lengkap tanpa ke Wat Rong Khun atau kuil putih. Dinamakan demikian karena kuil ini memang serba putih. 

Memasuki halaman depan kuil ini, suasana menyeramkan langsung terasa. Sebab di bagian depan kuil, terdapat tangan-tangan yang terjulur. 

"Ini adalah penggambaran neraka, tangan-tangan itu seolah meminta tolong," kata Nuangwan menjelaskan. 

Suasana menyeramkan juga terlihat dari kepala-kepala super heroes yang digantung di ranting-ranting pepohonan yang tumbuh di sekitar kuil. 

"Super hero itu tidak bisa membantu apa-apa. Yang bisa membantumu adalah dirimu sendiri," kata Nuangwan lagi. 

Oya, di kuil ini juga terdapat toilet yang super cantik, lho. Bahkan toilet ini disebut-sebut sebagai toilet terindah di dunia. Penasaran, kan? 

8. Wat Rong Suea Ten atau Kuli Biru yang memesona

11 Destinasi Wisata Paling Menarik di Chiang Rai ThailandIDN Times/Dwi Agustiar

Selain kuil putih, Chiang Rai juga punya kuil biru. Kuil ini memang didominasi warna biru. Di dalam kuil terhdapat patung Budha berukuran sangat besar. 

Banyak warga Thailand yang beribadah di kuil ini. Jarak kuil dari pusat kota juga tidak terlalu jauh. Dan untuk masuk ke kuil ini kamu gak perlu membeli tiket alias gratis! 

9. Baan Dam atau Black House

11 Destinasi Wisata Paling Menarik di Chiang Rai ThailandIDN Times/Dwi Agustiar

Tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi di Chaing Rai adalah Baan Dam atau Black House. Seperti namanya, tempat wisata satu ini memang terkesan 'gelap'. Ini lantaran banyak kerajinan tangan yang terbuat dari tengkorak binatang, salah satunya adalah tanduk kerbau. 

Di museum ini kamu juga bisa melihat kulit buaya yang dibuat menjadi sedemikian artistik dan beragam karya seni lainnya. Buat kamu yang doyan mengunggah foto-foto ke Instagram, tempat satu ini cocok banget buatmu! 

10. Patung raksasa Dewi Kwan Im

11 Destinasi Wisata Paling Menarik di Chiang Rai ThailandIDN Times/Dwi Agustiar

Satu lagi destinasi wisata di Chiang Rai yang gak boleh kamu lewati, yakni patung raksasa Dewi Kwan Im. Kamu bisa masuk ke dalam patung Dewi Kwan Im ini, lho. 

Di dalamnya terdapat 26 lantai. Di lantai 24 hingga 26 terdapat berbagai ukiran yang sangat indah. Semuanya serba putih, khas warna Dewi Kwan Im. Dari puncak patung ini kamu juga bisa melihat seluruh kota Chiang Rai.

11. Pasar malam Chiang Rai

11 Destinasi Wisata Paling Menarik di Chiang Rai ThailandIDN Times/Dwi Agustiar

Nah, buat kamu yang doyan berburu barang unik, kamu bisa pergi ke pasar malam Chiang Rai. Berada di pusat kota, pasar ini mudah sekali dijangkau. 

Di pasar ini kamu bisa membeli beragam jenis kerajinan khas Thailand. Selain itu kamu juga bisa membeli baju ataupun kaos. Harganya murah-murah, lho. 

Untuk satu kaos, misalnya, kamu hanya perlu membayar 100 Baht atau sekitar Rp 45 ribuan. Harganya bisa lebih murah kalau kamu jago menawar. 

Penasaran, kan? Yuk, ke Chiang Rai!

Baca Juga: Gua Tempat 12 Anak Thailand Pernah Terjebak Kini Ditutup

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya