Comscore Tracker

5 Objek Wisata Goa yang Layak Dikunjungi di Jogja, Sensasinya Unik!

#ANGPOIN Gunungkidul jadi surganya, ayo ke sana!

Menjelang akhir tahun, liburan menjadi salah satu kegiatan yang wajib direncanakan dengan matang. Ngomong-ngomong soal liburan, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu destinasi yang menjadi favorit banyak pelancong, baik dari dalam maupun luar negeri.

Bukan tanpa alasan, Yogyakarta punya banyak destinasi wisata dengan berbagai tema yang menarik dikunjungi. Kalau kamu bingung ingin menentukan tujuan wisata kamu selanjutnya, kamu bisa mencoba sensasi menelusuri goa yang ada di Yogyakarta.

Berikut beberapa rekomendasi wisata goa di Yogyakarta yang layak dikunjungi.

1. Goa Pindul

5 Objek Wisata Goa yang Layak Dikunjungi di Jogja, Sensasinya Unik!Instagram.com/elfrasatriyo

Goa Pindul merupakan tujuan wisata yang banyak diminati para pelancong. Menawarkan pengalaman menyusuri aliran sungai bawah tanah dengan ban dan pelampung, aktivitas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Soal keamanan kamu tak perlu khawatir. Sepanjang perjalanan menyusuri goa, kamu akan ditemani oleh seorang pemandu yang sekaligus bertugas menarik ban yang kamu tumpangi.

Selain pengalaman menyusuri goa di atas aliran sungai, kamu juga akan disuguhi dengan pemandangan stalagtit dan stalakmit di sepanjang dinding goa.

Kalau kamu berminat, objek wisata Goa Pindul ini berlokasi di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Goa Gelatik

5 Objek Wisata Goa yang Layak Dikunjungi di Jogja, Sensasinya Unik!Instagram.com/tribunjogja

Terletak tidak jauh dari Goa Pindul, kamu bisa langsung mengunjungi Goa Gelatik apabila belum puas dengan sensasi menyusuri Goa Pindul. Memiliki panjang 400 meter dan ukuran yang relatif sempit, pengunjung harus menundukkan kepala saat memasuki Goa Gelatik.

Kendati untuk memasuki goa ini membutuhkan usaha yang ekstra, tapi hal ini sebanding dengan indahnya pemandangan stalagtit serta stalakmit yang disuguhkan pada para pengunjung yang datang.

Baca Juga: 5 Spot Wisata Outbond di Yogyakarta yang Cocok untuk Kumpul Keluarga

3. Goa Seropan

5 Objek Wisata Goa yang Layak Dikunjungi di Jogja, Sensasinya Unik!Instagram.com/Akhmad_zona

Selain menyediakan pemandangan indah dinding goa yang dihiasi dengan stalagtit dan stalakmit, objek wisata ini juga cocok untuk kamu yang menyukai aktivitas yang menantang adrenalin. Sebab, medan di dalam goa ini sangat sesuai untuk aktivitas olahraga yang cukup ekstrem, seperti penyusuran goa dan panjat tebing.

Pas untuk kamu yang memang pencinta alam dan aktivitas yang menguji adrenalin. Buat kamu yang tertarik, Goa Seropan ini berlokasi di Desa Semuluh, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta.

4. Goa Cerme

5 Objek Wisata Goa yang Layak Dikunjungi di Jogja, Sensasinya Unik!Instagram.com/tahaleanoveri

Objek wisata Goa Cerme ini terletak di kabupaten Bantul dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat kota Yogyakarta. Untuk dapat sampai ke gerbang Goa Cerme, para pengunjung harus terlebih dahulu melewati anak tangga yang jumlahnya hampir 800 buah.

Goa cerme ini juga sangat unik karena memiliki panjang 1,5 km dan berada di 2 kabupaten yang berbeda. Di mana mulut goa berada di kabupaten Bantul dan pintu keluar berada di kabupaten Gunungkidul. Selain panjang, goa ini juga tergenang air sungai yang cukup dalam, yaitu 1 hingga 1,5 meter. Ditambah, di beberapa area dinding goa dapat ditemukan sarang kelelawar.

Selain menyajikan wisata alam yang tak terlupakan, Goa Cerme juga memiliki nilai historis yang dalam. Sebab, dulunya goa ini dijadikan tempat pertemuan oleh wali songo untuk membahas kepentingan masyarakat, serta terdapat sejumlah peninggalan di dalam Goa ini. Mengingat medannya yang cukup ekstrem, kamu yang ingin berkunjung harus dalam kondisi fisik yang kuat.

5. Goa Kalisuci

5 Objek Wisata Goa yang Layak Dikunjungi di Jogja, Sensasinya Unik!Instagram.com/pandueuvoria

Mirip dengan yang ada di Goa Pindul, Goa Klisuci juga menawarkan aktivitas menyusuri goa dengan menggunakan ban dan pelampiasan. Konon, aktivitas seperti ini pertama kali digagas di Goa Kalisuci, kemudian baru diikuti oleh Goa Pindul.

Untuk sampai ke pintu masuk Goa Kalisuci, para pengunjung harus menuruni tebing bebatuan yang lumayan curam, yang jika sedang musim hujan, bebatuan di sini akan menjadi licin. Untuk itu, kamu yang hendak berwisata di goa ini wajib berhati-hati dan dalam kondisi fisik yang kuat. Wisata Goa Kalisuci ini berlokasi di Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nah, itu tadi beberapa pilihan wisata goa di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi saat liburan nanti. Penting untuk diingat kamu harus selalu berhati-hati dan dalam kondisi fit jika hendak berwisata di objek wisata berupa goa, ya.

Baca Juga: 5 Wisata Edukatif di Yogyakarta yang Layak Dikunjungi Saat Liburan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya