Comscore Tracker

10 Destinasi Keren di Transilvania, Ada Kastil Drakula Lho!

Berwisata sembari menapaki jejak Vlad Drakula

Transylvania atau Transilvania merupakan kota asal Rumania yang penuh akan legenda dan misteri dan dijuluki sebagai rumah dari drakula penghisap darah oleh kebanyakan orang di dunia.

Selain itu, apabila berkunjung ke sini entah pergi ke benteng kuno, pusat peradaban suatu kota, dan sekalipun dusun terpencil layaknya dalam dongeng, para turis akan tetap dapat melihat legenda kelam sehingga Transilvania menjadi destinasi yang sulit terdefinisi dan dilupakan.

Siap untuk berkeliling Transilvania? Berikut 10 destinasi yang wajib dikunjungi selama berada di Transilvania.

1. Kastil Korvin

10 Destinasi Keren di Transilvania, Ada Kastil Drakula Lho!Pixabay/Georgex25

Tempat paling bersejarah di urutan pertama yang wajib untuk dikunjungi berada pada daerah Hunedoara, Transilvania Rumania. Hal ini terlihat dari kegagahan dan betapa tinggi menjulangnya Kastil Korvin.

Namun, siapa sangka di balik keindahan gaya gotik dari arsitektur kastil ini ditemukan sisi gelap mencekam yang dapat dirasakan oleh setiap turis yang berkunjung lho.

Masyarakat sekitar percaya bahwa dari kisah-kisah misteri dan gelap dari sejarah Kastil Korvin ini masih menghantui setiap lorong di dalamnya. Pada bagian dalam kastil yang dulunya difungsikan sebagai benteng, terdapat sebuah ruangan yang dulunya menjadi saksi bisu Vlad Tapes (Vlad Drakula) yang dikurung 7 tahun lamanya. 

2. Council Tower

10 Destinasi Keren di Transilvania, Ada Kastil Drakula Lho!Pixabay/falco

Bangunan bersejarah selanjutnya yakni Council Tower terletak di kota Sibiu. Dibangun pertama kali pada abad ke-13 dan digunakan sebagai benteng pertahanan yang kokoh dikarenakan arsitektur bangunan yang memadai, kota Sibiu sendiri merupakan salah satu kota terbesar di Transilvania, walaupun kota terbesar lain yang sering diketahui adalah Kota Cluj-Napoca.

Kota Sibiu kini tumbuh menjadi kota yang ramai dengan penduduk sekitar 170.000 jiwa dan Council Tower ini menjadi salah satu ikon khas dari kota Sibiu.

3. Alun-Alun Kota Sibiu

10 Destinasi Keren di Transilvania, Ada Kastil Drakula Lho!Pixabay/PaulCosmin

Masih tetap berada pada Kota Sibiu, terdapat alun-alun yang disebut sebagai ground square karena memang terletak tepat di tengah Kota Sibiu.

Letaknya yang cukup dekat dengan bangunan iconic yang dimiliki kota ini yaitu Council Tower memudahkan akses para wisatawan mengunjungi area ramah sosial setelah mengunjungi Council Tower.

Bagi seseorang dengan hobi fotografi, maka sangat disarankan untuk berkunjung dan menikmati keindahan artistik bangunan yang indah. Menarik bukan?

4. Kota Cluj Napoca

10 Destinasi Keren di Transilvania, Ada Kastil Drakula Lho!Pixabay/ML5909

Beralih mengarah ke utara dari wilayah Hunedoara tepatnya destinasi Kastil Korvin sebelumnya, terdapat sebuah kota yang ramai serta bernuansa abad ke-21. Sejarah mencatat bahwa kota ini dibangun pertama kali berasal dari bebatuan Romawi pada 2000 tahun silam.

Seperti yang telah diketahui banyak orang bahwa salah satu kota terbesar di Transilvania adalah Kota Cluj Napoca. Oleh karena itu kota Sibiu jadi destinasi wisata keren yang tidak boleh luput dari kunjungan para wisatawan tidak lain ialah Kota Cluj Napoca ini. 

5. Hutan Hoia

10 Destinasi Keren di Transilvania, Ada Kastil Drakula Lho!Pixabay/Skarletlurealta

Hutan Hoia mampu ditempuh dengan berkendara selama 20 menit menuju ke arah barat dari Kota Cluj Napoca. Hutan Hoia merupakan kawasan hutan yang cukup rindang, tetapi misterius. Hutan ini termasuk ke dalam daftar hutan terangker di dunia.

Apabila mengunjungi hutan tersebut, para wisatawan disarankan untuk janganlah pergi terlalu jauh menelusuri hutan hingga ke luar dari jalan setapak. Banyak sekali riwayat orang hilang, kejadian aneh paranormal, hingga isu-isu penampakan UFO di Hutan Hoia.

Perlu diketahui bahwa banyak orang memberi julukan "segitiga bermuda" versi daratan dari Rumania bagi hutan yang satu ini. Bahkan Hutan Hoia diyakini masyarakat sekitar merupakan gerbang untuk menuju ke dimensi lain. Bagaimana, masih berani mencoba untuk berkunjung ke sini?

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Paling Kece di Vienna, Bikin Mata Jadi Fresh!

6. Târgu Mureş

10 Destinasi Keren di Transilvania, Ada Kastil Drakula Lho!Facebook/Visit Targu Mures

Pada urutan nomor enam terdapat Kota Târgu Mureş. Târgu Mureş merupakan kota yang sangat unik. Dulunya kota ini merupakan kekuasaan Hungaria, tetapi sekarang sudah hampir 50% populasi yang tinggal di sini berasal dari Rumania. Hal inilah yang turut menyebabkan pencampuran dua aliran gaya klasik berbeda pada setiap model bangunan yang tampak di kota ini.

Nuansa klasik gotik dari bangunan bersejarah dan ditambah bangunan modern layaknya zaman sekarang seperti restoran dan banyak pertokoan mampu menambah ciri khas suasana kota yang disebut-sebut sebagai kota mawar ini.

Di lain sisi juga, Târgu Mureş dianggap sebagai kota penghargaan budaya dan kebanggaan antara Hungaria serta Rumania. Banyak sekali peristiwa yang telah dialami Târgu Mureş untuk menjadi kota kebudayaan layaknya saat ini. Mulai dari peperangan, wabah hitam, kebakaran, dan adanya revolusi membuat kota satu ini berkamuflase menjadi kota yang indah dan damai. 

7. Kota Shigisoara

10 Destinasi Keren di Transilvania, Ada Kastil Drakula Lho!Pixabay/Jwalters7

Berbeda suasana dari destinasi kota sebelumnya yaitu Târgu Mureş, kota Shigisoara bernuansa di mana waktu seolah-olah berjalan mundur sebab banyak sekali bangunan bersejarah di Kota Shigisoara ini.

Kota ini menjadi tempat kelahiran dan masa kecil dari Vlad Tapes (Vlad Drakula). Walaupun demikian, warna-warna terang dari bangunan yang ada di kota ini dapat menjadi sedikit penghibur dari pengaruh nuansa legenda yang kelam.

8. Benteng Rasnov

10 Destinasi Keren di Transilvania, Ada Kastil Drakula Lho!Pixabay/henkscharringa

Berada pada daerah Brașov, benteng Rasnov dibangun pada abad pertengahan untuk mencegah masuknya Bangsa Turki dan Tatar yang menyerang.

Lebih dari sekedar benteng biasa layaknya untuk bertahan dari serangan musuh, benteng Rasnov ini memiliki taman, rumah, hingga gedung sekolah di dalamnya yang dimaksudkan memiliki fungsi sebagai tempat berlindung sekaligus tempat penghibur saat masa-masa pengepungan yang kelam bagi penduduk desa kala itu. Keren banget ya! 

9. Kastil Drakula (Bran Castle)

10 Destinasi Keren di Transilvania, Ada Kastil Drakula Lho!Pixabay/MMZ84

Berjarak hanya 7 mil dari benteng Rasnov, berdiri bangunan paling bersejarah dan terkenal di Transilvania yaitu Kastil Bran atau dapat disebut Istana Bran.

Dipercaya bahwa Vlad Sang Drakula penghisap darah, dulunya pernah tingal di sini meskipun tidak diketahui secara pasti apakah memang benar Sang Drakula pernah tinggal di dalam kastil ini.

Saat ini, Kastil Bran menarik perhatian banyak wisatawan luar untuk menikmati keindahan sekaligus suasana Kastil Drakula secara lebih detail lagi.

10. Gereja Hitam (Biserica Neagr )

10 Destinasi Keren di Transilvania, Ada Kastil Drakula Lho!Pixabay/yelowlight

Di urutan destinasi terakhir, terdapat sebuah gereja bersejarah dengan arsitektur yang cantik sekaligus memiliki kisah kelam akan kehadirannya yaitu Gereja hitam.

Gereja ini memiliki salah satu sejarah terkelam yakni suatu peristiwa kebakaran yang pernah terjadi di tahun 1689 sehingga membuatnya disebut sebagai Gereja Hitam.

Gereja Hitam atau sering disebut Biserica Neagr ini berada pada daerah Brașov, di mana Brașov merupakan kota yang berada di sebelah Tenggara Transilvania. Masyarakat sekitar percaya bahwa Gereja Hitam saat ini memiliki keajabaiban tersendiri dari berbagai kisah yang mengitari masa lalunya.

Nah itulah 10 destinasi keren yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Transilvania sebagai rumah Drakula. Yuk rencanakan liburan ke sana dan bertemu dengan sisa jejak-jejak Vlad Sang Drakula!

Baca Juga: 10 Olahan Khas dari Kroasia, Negara Indah di Eropa Tengah 

Elvina Ekaningtyas Photo Writer Elvina Ekaningtyas

Be fun in this life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya