Comscore Tracker

6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Asan, Ada Kampus Police University

Tempat mana saja yang paling kalian ingat?

Asan atau nama resminya Asan-si merupakan sebuah wilayah setingkat kotamadya yang berada di Provinsi Chungcheongnam. Letaknya berbatasan langsung dengan Seoul Metropolitan City di bagian utara. Saking dekatnya, dari Seoul menuju Asan dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit dengan KTX (kereta api berkecepatan tinggi).

Asan menjadi rumah bagi beberapa pabrik industri besar, seperti Hyundai Motor, Samsung LCD, dan Samsung Electronic. Dalam bidang pariwisata, Asan juga memiliki banyak destinasi yang seru untuk dikunjungi. Beberapa diantaranya pernah dijadikan lokasi syuting KDrama. Di mana saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Gongseri Catholic Church

6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Asan, Ada Kampus Police UniversityGongseri Catholic Church Asan (gongseri.or.kr)

Masih ingat dengan adegan pembuka drama Uncontrollably Fond (2016) ketika Shin Joon Young (Kim Woo Bin) berakting menikahi kekasihnya kemudian berkelahi di depan gereja? Atau adegan konfrontasi terakhir antara Han Tae Sul (Cho Seung Woo), Kang Seo Hae (Park Shin Hye), dan Sigma (Kim Byung Chul) dalam drama Sisyphus: The Myth (2021)?

Kedua adegan tersebut dilakukan di Gongseri Catholic Church yang terletak di 10 Gongseriseongdang-gil, Inju-myeon, Asan. Gereja ini didirikan sekitar tahun 1894 sebagai paroki utama keuskupan Daejeon sekaligus gereja katolik pertama di Provinsi Chungcheongnam. Di sekeliling gereja terdapat hutan yang cukup rimbun sehingga suasananya tenang dan teduh.

2. Sun Moon University—Asan Campus

6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Asan, Ada Kampus Police Universitypotret Lee Dong Wook dan Yoo In Na di Sun Moon University Asan Campus (dok. tvN/Touch Your Heart)

Sun Moon University—Asan Campus ini sudah belasan kali muncul dalam KDrama dan kerap digambarkan sebagai lembaga peradilan, misalnya dalam drama Touch Your Heart (2019) sebagai pengadilan, dalam drama Penthouse 2 (2021) sebagai Pengadilan Distrik Seoul, dan dalam drama One The Woman (2021) sebagai Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul.

Sun Moon University—Asan Campus merupakan perguruan tinggi swasta yang terletak di 70 Seonmun-ro 221beon-gil, Tangjeong-myeon, Asan. Bangunan utama yang terlihat dalam beberapa KDrama tersebut memiliki 12 lantai dan selesai dibangun pada pada bulan April 2002. Sun Moon University juga memiliki kampus lain di Cheonan.

3. Blue Crystal Village

6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Asan, Ada Kampus Police Universitypotret Blue Crystal Village di Asan (korean.visitkorea.or.kr)

Blue Crystal Village atau juga dikenal sebagai Asan Mediterranean Village merupakan sebuah kompleks pusat perbelanjaan yang dibuka pada tahun 2013. Letaknya di 55-7 Tangjeongmyeon-ro 8beon-gil, Desa Galsan, Tangjeong-myeon, Asan.

Bangunan-bangunan di sana terinspirasi dari arsitektur Santorini dan Parthenon di Yunani serta Provence di Prancis. Di dalamnya terdapat toko, kafe, zona untuk berfoto, penginapan, dan juga pedestrian dengan deretan pohon ginko yang teduh.

Tahun 2020 lalu, Blue Crystal Village muncul pada adegan pembuka drama Dinner Mate. Woo Do Hee (Seo Ji Hye) menceritakan adegan favoritnya dari film klasik Breakfast at Tiffany's dan seakan membayangkan dirinya menjadi Audrey Hepburn. Ia berhenti di depan toko perhiasan sembari menyantap croissant dan segelas kopi.

Baca Juga: 10 Lokasi Syuting KDrama Yumi's Cells yang Menarik untuk Dikunjungi

4. Onyangoncheon Station

6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Asan, Ada Kampus Police Universitypotret bagian eksterior Onyangoncheon Station (english.visitkorea.or.kr)

Masih ingat dengan adegan pertemuan "tidak sengaja" antara Yoo Na Bi (Han So Hee) dan Park Jae Eon (Song Kang) di sebuah stasiun pada episode 4 drama Nevertheless (2021)? Pada saat itu Yoo Na Bi mengunjungi ibunya, tapi ia mendadak kesal dan buru-buru pergi ke stasiun untuk pulang. Tiba-tiba ia melihat Park Jae Eon berdiri di peron seberang. 

Adegan tersebut dilakukan di Stasiun Onyangoncheon yang terletak di 1496 Oncheon-daero, Oncheon-dong, Asan, dan melayani Seoul Subway Jalur 1 dan Jalur Janghang yang dioperasikan oleh Korail.

Stasiun ini pertama kali dibuka pada tahun 1922 dan bangunan yang sekarang baru selesai dibangun pada tahun 2008. Dinamakan Onyangoncheon karena lokasinya tak jauh dari sumber mata air panas Onyang.

5. Monamour Asan

6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Asan, Ada Kampus Police Universitypotret bagian taman Monamour Asan (instagram.com/monamour1857)

Monamour merupakan kompleks museum, restoran, kafe, galeri, ruang pertunjukan, dan juga wedding hall yang dibuka pada tahun 2019. Lokasinya berada di 624 Suncheonhyang-ro, Jangjon-dong, Asan. Bagian paling unik dari kompleks ini tentu saja infinity pool yang mengapit jalan setapak dan berada di bagian depan bangunan utama.

Dalam drama Dali dan Cocky Prince (2021) Monamour digambarkan sebagai bagian dari Cheongsong Art Museum yang didirikan oleh mendiang ayah Kim Da Li (Park Gyu Young). Selain itu, lokasi ini juga muncul dalam drama SF8 (2020) dan 365: Repeat the Year (2020).

6. Korean National Police University

6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Asan, Ada Kampus Police Universitypotret para pemain Police University di Korean National Police University (dok. KBS2/Police University)

Korean National Police University (KNPU) menjadi salah satu lokasi syuting drama Police University (2021) yang dibintangi Jung Jin Young, Cha Tae Hyun, dan Krystal Jung. Perguruan tinggi kepolisian ini didirikan pada tahun 1979 untuk mencetak calon perwira polisi yang mampu menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat. Lokasinya berada di 100-50, Hwangsan-gil, Sinchang-myeon, Asan. Kampus di Asan ini baru ditempati pada tahun 2016 lalu.

Beberapa bagian yang digunakan untuk syuting drama Police University adalah lapangan utama, pintu masuk, dan juga halte bus. Karena ini merupakan perguruan tinggi sekaligus akademi, jadi tidak sembarangan orang bisa masuk ke dalamnya.

Bagaimana? Semua tempatnya memorable di benak kalian sebagai penggemar KDrama, kan? Meski tidak semua tempat bisa dikunjungi, tapi tidak ada salahnya untuk tahu dan jadi referensi jika suatu saat berkunjung ke Asan.

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya