Comscore Tracker

Ada Rumah Full House, Ini 5 Lokasi Syuting KDrama di Ongjin-Incheon

Banyak pantai-pantai indah di sini lho!

Nama Ongjin mungkin masih sangat asing di telinga orang-orang yang tinggal di luar Korea Selatan. Namun, jika nama Incheon disebutkan pasti semua ingatan langsung tertuju pada salah satu kota metropolitan di Negeri Ginseng tersebut.

Ongjin atau resminya Ongjin-gun merupakan wilayah setingkat kabupaten (-gun atau county) yang secara administrasi berada di bawah Kota Metropolitan Incheon. Secara geografis, wilayah yang terdiri dari beberapa pulau kecil ini berada di pantai barat Korea Selatan. Bahkan, beberapa pulau jaraknya sangat dekat dengan garis batas Korea Utara.

Sebagai wilayah kepulauan, Ongjin memiliki banyak destinasi wisata berupa pantai dan penginapan. Beberapa di antaranya pernah digunakan sebagai lokasi syuting KDrama.

Ingin tahu di mana saja? Simak daftar tempat-tempatnya di bawah ini ya!

1. Full House

Ada Rumah Full House, Ini 5 Lokasi Syuting KDrama di Ongjin-Incheonpotret rumah lokasi syuting drama Full House (chinese.visitkorea.or.kr)

Para penggemar KDrama angkatan 2000-an pasti sangat familiar dengan bangunan rumah ini. Ya, rumah inilah yang menjadi lokasi syuting utama drama Full House pada tahun 2004 lalu. Han Ji Eun (Song Hye Kyo) adalah pemilik awal rumah ini kemudian Lee Young Jae (Rain) membelinya.

Berlokasi tepat di pesisir Pantai Sugi atau tepatnya di Desa Sido, Pulau Sido, Bukdo-myeon, Ongjin, Incheon, rumah ini memang sengaja dibangun untuk keperluan syuting drama Full House. Pasca penayangan drama tersebut, rumah ini pun menjadi destinasi wisata favorit wisatawan.

Sayangnya rumah ini telah hancur karena bencana alam pada tahun 2013 lalu dan hanya tersisa puing-puingnya. Semoga suatu saat ada yang membangun replikanya.

2. Seonjaedo Sea Scent

Ada Rumah Full House, Ini 5 Lokasi Syuting KDrama di Ongjin-Incheonpotret Kwon Sang Woo dan Choi Gang Hee di Seonjaedo Sea Scent (dok. KBS2/Queen of Mystery)

Seonjaedo Sea Scent merupakan sebuah restoran seafood yang terletak di Desa Seonje, Pulau Seonjaedo atau tepatnya di 55 Seonjae-ro, Yeongheung-myeon, Ongjin, Incheon. Restoran ini menyediakan tempat makan di dalam dan luar ruangan sehingga pelanggan bisa menikmati suasana pantai yang indah.

Tahun 2017 lalu, Seonjaedo Sea Scent muncul dealam drama Queen of Mystery. Pada episode 8, Ha Wan Seung (Kwon Sang Woo) dan Yoo Seol Ok (Choi Gang Hee) datang ke sini untuk mencari saudara ipar Seol Ok mencari yang menjadi korban pembunuhan berantai.

Baca Juga: 5 Bangunan Berarsitektur Keren di Lokasi Syuting Dali and Cocky Prince

3. Sandy Road antara Pulau Seonjaedo Island dan Pulau Mokseom

Ada Rumah Full House, Ini 5 Lokasi Syuting KDrama di Ongjin-Incheonpotret jalanan berpasir antara Pulau Seonjaedo Island dan Pulau Mokseom di Ongjin, Incheon (bestpsclub.com)

Para penggemar drama Legend of the Blue Sea (2016-17) tentu tidak asing dengan tempat yang satu ini. Jalan berpasir antara Pulau Seonjaedo Island dan Pulau Mokseom ini menjadi latar tempat pada episode 3 drama yang dibintangi Lee Min Ho dan Gianna Jun tersebut.

Shim Chung (Gianna Jun) hendak mencari keberadaan Heo Joon Jae (Lee Min Ho) dan berenang dari Spanyol menuju Korea Selatan. Ia tiba di tempat ini dan bertemu dengan sekelompok ahjumma.

Jalan berpasir tersebut menghubungkan Pulau Seonjaedo dengan Pulau Mokseom yang keduanya terletak di Desa Seonjae, Yeongheung-myeon, Ongjin, Incheon. Jalan ini terbentuk sebagai akibat dari air laut yang surut dua kali sehari sehingga orang-orang bisa berjalan melintasnya.

4. Yeongheungdo Pension Town

Ada Rumah Full House, Ini 5 Lokasi Syuting KDrama di Ongjin-Incheonpotret kompleks Yeongheungdo Pension Town di Ongjin (영흥도펜션타운.com)

Baru melihat gambarnya saja, kompleks penginapan cantik bernama Yeongheungdo Pension Town ini tentu bisa menarik siapapun untuk datang ke sana. Bangunan-bangunan penginapan berdinding kayu dan berartsitektur modern ini membuat betah siapapun yang menginap di sana. 

Selain penginapan, di kompleks yang terletak di Pulau Yeongheung, 145-28 Yeongheungbuk-ro, Yeongheung-myeon, Ongjin, Incheon ini juga menyediakan lapangan permainan bertahan, lapangan futsal, lapangan sepak takraw, area bermain anak-anak, area barbekyu, tempat karaoke, dan kolam renang air laut.

Yeongheungdo Pension Town pernah menjadi lokasi syuting drama Familiar Wife (2018). Pada episode 7, Cha Joo Eun (Park Hee Von) dan Oh Sang-sik (Oh Eui Sik) mengundang Cha Joo Hyuk (Ji Sung), Lee Hye Won (Kang Han Na), Seo Woo Jin (Han Ji Min), dan Yoon Jong Hoo (Jang Seung Joo) datang ke penginapan ini untuk merayakan ulang tahun pernikahan mereka

5. Simnipo Beach

Ada Rumah Full House, Ini 5 Lokasi Syuting KDrama di Ongjin-Incheonpotret Simnipo Beach dan arena perkemahannya (gocamping.or.kr)

Masih di Pulau Yeongheung dan tak jauh dari Yeongheungdo Pension Town, terdapat sebuah pantai indah bernama Simnipo Beach. Pantai ini pernah menjadi lokasi syuting episode terakhir drama Are You Human Too (2018) dan digambarkan sebagai tempat pertemuan Kang So Bong (Gong Seung Yeon) dengan robot Nam Shin III (Seo Kang Joon).

Simnipo Beach merupakan pantai berpasir sepanjang kurang lebih 4 km yang terletak di Desa Nae, 420-26 Yeongheungbuk-ro, Yeongheung-myeon, Ongjin, Incheon.

Di pantai tersebut juga terdapat hutan pinus berusia ratusan tahun yang dilindungi dan difungsikan untuk 'mendinginkan' suasana, khususnya pada musim panas. Juga tersedia area perkemahan di area perkemahan di sekitar hutan pinus dan tak jauh dari bibir pantai serta fasilitas-fasilitas penunjang lainnya, seperti restoran, kafe, kamar mandi dan toilet umum, dan lahan parkir yang cukup luas.

Meski tidak semua tempat bisa dikunjungi saat ini, setidaknya para penggemar KDrama mengetahui tempat-tempat yang muncul dalam adegan-adegan memorable dari drama favorit mereka. Selain itu juga banyak alternatif tempat di sekitar lokasi syuting tersebut yang juga bisa dikunjungi. Kalian berminat datang ke sana?

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata untuk Menikmati Indahnya Kota Busan, Korea Selatan

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya