Comscore Tracker

Kece Abis! 7 Lokasi Syuting Spider-Man: Far From Home di Venesia

#PANJATPOIN Bisa jadi rekomendasi liburan musim panas nanti

Spider-Man: Far From Home menjadi salah satu film Marvel Cinematic Universe yang tayang pada tahun 2019 ini. Film yang dibintangi Tom Holland, Zendaya, Jake Gyllenhaal, Samuel L. Jackson, Cobie Smulders, dan Jon Favreau ini dirilis pada 2 Juli 2019 dan berhasil mengumpulkan menembus worldwide box office sebesar USD 1.129 juta atau sekitar 16,07 triliun rupiah!

Selain jalan ceritanya yang seru, faktor lain yang membuat Spider-Man: Far From Home menarik adalah pemilihan Venesia, Italia, sebagai salah satu latar tempat. Hmm, penasaran kan tempat mana saja di Venesia yang menjadi lokasi syuting film tersebut?

1. Venice Marco Polo Airport

Kece Abis! 7 Lokasi Syuting Spider-Man: Far From Home di Venesiamanens-tifs.it

Venice Marco Polo Airport menjadi bandara tempat pendaratan pesawat yang membawa Peter Parker (Tom Holland) dan kawan-kawan dari Queens, Amerika Serikat. Perjalanan panjang tersebut cukup menyebalkan bagi Peter karena dia gagal duduk di samping MJ (Zendaya).

Sampai di bandara, tas koper Peter dicurigai membawa benda terlarang. Ketika dibuka oleh petugas, Peter terkejut karena spider suit-nya ada di sana sehingga ia khawatir identitasnya akan terbongkar. Rupanya sang petugas hanya menyita sebuah pisang. Ada-ada saja!

Venice Marco Polo Airport merupakan bandara yang terletak di wilayah kota Tessera, Venesia, Italia, dan melayani rute penerbangan nasional maupun internasional. Bandara ini tak pernah sepi sepanjang tahun karena pesona Venesia yang selalu menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Pada tahun 2018 lalu, bandara ini telah melayani lebih dari 11 juta penumpang sehingga menjadikannya sebagai bandara tersibuk keempat di Italia.

2. Grand Canal

Kece Abis! 7 Lokasi Syuting Spider-Man: Far From Home di Venesiaplanetware.com

Grand Canal inI terlihat dalam beberapa scene film Spider-Man: Far From Home, diantaranya ketika Peter dan kawan-kawan baru tiba di Venesia dan menaiki perahu menuju penginapan serta adegan penyerangan yang dilakuan The Elementals berwujud monster air. Peter yang terkejut dengan kejadian ini langsung membantu evakuasi warga dan wisatawan di sana.

Grand Canal merupakan salah satu jalur lalu lintas utama di pusat kota Venesia. Kanal ini memiliki panjang 3,8 km, lebar antara 30 hingga 90 meter, dan kedalaman rata-rata 5 meter. Jika berkunjung ke sini, jangan lupa naik gondola dan berlayar sembari menikmati pemandangan bangunan-bangunan klasik khas Eropa.

Baca Juga: Lagi Liburan di Venesia? 5 Tempat Ini Wajib Kamu kunjungi! 

3. Basilica di Santa Maria della Salute

Kece Abis! 7 Lokasi Syuting Spider-Man: Far From Home di Venesiaplanetware.com

Ketika menyusuri sungai menuju penginapan, Peter dan kawan-kawan melintasi salah satu bangunan ikonik di Venesia. Tempat tersebut bernama Basilica di Santa Maria della Salute atau Saint Mary of Health, sebuah gereja Katolik Roma yang terletak di Punta della Dogana. Warga Venesia cukup menyebutnya dengan kata “Salute”.

Basilica di Santa Maria della Salute ini mulai dibangun pada tahun 1631 M sebagai perwujudan “janji” masyarakat Venesia setelah terbebas dari wabah yang mematikan.

Sebelumnya, pada tahun 1630, sebagian besar masyarakat Venesia diserang wabah dan banyak korban yang meninggal. Mereka kemudian membuat persembahan dan bersumpah akan membangun gereja yang didedikasikan untuk Saint Mary.

4. Rialto Bridge

Kece Abis! 7 Lokasi Syuting Spider-Man: Far From Home di Venesiaplanetware.com

Sama seperti Grand Canal, Rialto Bridge juga muncul dalam beberapa scene film Spider-Man: Far From Home, salah satunya adalah scene setelah The Elementals muncul. Peter yang melihat banyak orang di jembatan ini kemudian berusaha mengevakuasi mereka. Namun ia malah terkena hantaman dari monster air tersebut.

Rialto Bridge merupakan jembatan tertua yang membelah Grand Canal dan menjadi penghubung antara dua distrik di Venesia, yaitu San Marco dan San Polo.

Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1588 dan selesai tiga tahun kemudian. Fungsinya tidak hanya sebagai tempat penyeberangan, tetapi juga area perdagangan. Toko-toko di sini disewakan oleh pemerintah dan uang sewanya digunakan untuk pemeliharaan jembatan.

5. Piazza San Marco

Kece Abis! 7 Lokasi Syuting Spider-Man: Far From Home di Venesiapalazzinagrassi.com

Setelah check in di penginapan, Peter dan kawan-kawan pergi ke Piazza San Marco, sebuah tempat lapang seperti alun-alun yang dipenuhi banyak pengunjung dan bangunan tua di sekelilingnya.

Mereka terlihat jalan-jalan, membeli aksesoris, bermain dengan burung-burung merpati, dan tentunya berfoto. Peter yang menyendiri kemudian pergi ke toko aksesoris untuk membeli kalung yang hendak ia berikan kepada MJ.

Piazza San Marco merupakan alun-alun utama di Venesia dan menjadi pusat pertemuan masyarakat dan juga wisatawan. Bangunan-bangunan tua di sekelilingnya berfungsi sebagai pusat sosial, keagamaan, dan politik, seperti bangunan St. Mark Basilica di sebelah timur dengan menara lonceng (campanile) dan Doge’s Palace di sampingnya; Napoleonic Wing dan Libreria (perpustakaan) di sebelah barat; Procuratie Vechie di sebelah utara; dan Procuratie Nouve di sebelah selatan.

6. Campo Santa Maria Formosa

Kece Abis! 7 Lokasi Syuting Spider-Man: Far From Home di Venesiaviator.com

Setelah adegan kejar-kejaran antara Peter dan Mysterio (Jake Gyllenhaal) melawan The Elementals di Grand Canal, Mysterio kemudian mengarahkan sang monster air ke sebuah tempat lapang.

Monster tersebut menyenggol sebuah menara lonceng sehingga hampir roboh sedangkan di bawahnya ada teman-teman Peter sedang berlindung. Peter kemudian menggunakan berbagai cara untuk menahan menara tersebut hingga kepalanya terbentur lonceng dua kali. Aw!

Menara lonceng tersebut terletak di Campo Santa Maria Formosa, tidak jauh dari Rialto Bridge. Santa Maria Formosa sendiri merupakan sebuah gereja yang dibangun ulang pada tahun 1492 dengan gaya arsitektur Renaissance. Gereja sebelumnya berasal dari abad ke-7 yang sudah cukup tua kemudian dihancurkan dan diganti dengan gereja baru yang sampai sekarang masih berdiri kokoh.

7. Arsenale’s Porta Magna

Kece Abis! 7 Lokasi Syuting Spider-Man: Far From Home di Venesiawaymarking.com

Peter beberapa kali tidak menghiraukan panggilan dari Nick Fury (Samuel L Jackson) hingga akhirnya Fury menyusulnya ke Venesia setelah kejadian penyerangan oleh The Elementals. Fury kemudian membawa Peter ke sebuah tempat dengan menaiki perahu dan menyusuri kanal. Ia memberikan sebuah “warisan” dari Tony Stark untuk Peter.

Mereka berdua menyusuri sebuah kompleks bekas galangan kapal dan gudang senjata bernama Arsenale’s Porta Magna diVenetian Arsenal. Tempat ini dulu berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar tentara Angkatan Laut Republik Venesia selama abad pertengahan.

Saat ini, beberapa lokasi di kompleks tersebut berfungsi sebagai museum serta tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan masyarakat dan pemerintah.

Nah, itulah rekomendasi wisata ala film Spider-Man: Far from Home. Ada yang udah pernah kamu kunjungi?

Baca Juga: 5 Pilihan Wisata Kurma di Indonesia, Gak Harus ke Timur Tengah!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You