Comscore Tracker

7 Rekomendasi Destinasi Liburan di Pulau Geoje ala KDrama

Gak kalah cantik deh dari Pulau Jeju! 

Mungkin kebanyakan dari kita baru mengenal Pulau Jeju dan Pulau Nami sebagai pulau paling indah dan populer di Korea Selatan. Tak salah memang, tetapi ada pulau lain yang tak kalah indah dari dua pulau tersebut, yaitu Pulau Geoje.

Pulau Geoje terletak di wilayah Kota Geoje, Provinsi Gyeongsang Selatan (Gyeongsangnam-do), sekitar 333 km ke arah selatan Seoul. Dengan luas area sekitar 383,44 kilometer persegi menjadikannya sebagai pulau terbesar kedua di Korea Selatan setelah Pulau Jeju. Antara Pulau Geoje dengan daratan dihubungkan dengan jembatan di Kota Tongyeong.

Karena berada di pesisir laut, Pulau Geoje menyuguhkan pemandangan dan tempat-tempat indah yang selalu menjadi destinasi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak jarang, beberapa tempat di pulau ini juga dijadikan lokasi syuting KDrama lho!

Penasaran tempat mana saja yang pernah menjadi lokasi syuting KDrama? Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

1. Haegeumgang Village 

7 Rekomendasi Destinasi Liburan di Pulau Geoje ala KDramaenglish.visitkorea.or.kr

Desa Haegeumgang merupakan sebuah pemukiman kecil yang terletak di bagian tenggara Pulau Geoje atau tepatnya di wilayah Taman Nasional Hallyeohaesang, wilayah Nambu, Geoje, Provinsi Gyeongsangnam. Desa ini dulunya bernama Desa Galgot dan pada tahun 1995 diubah namanya menjadi Haegeumgang.

Desa ini pernah menjad lokasi syuting drama Tale of The Nine Tailed (tvN, 2020) dan digambarkan sebagai Pulau Eowha. Pada episode 2 dan 3, Lee Yeon (Lee Dong-wook) mengikuti Nam Ji-ah (Jo Bo-ah) ke Pulau Eohwa untuk menyelidiki misteri tengkorak manusia yang ditemukan para nelayan.

Kalian ikut merinding gak ketika nonton adegan-adegan yang disuguhkan di desa ini?

2. Heungnam Beach 

7 Rekomendasi Destinasi Liburan di Pulau Geoje ala KDramatour.geoje.go.kr

Pantai Heungnam merupakan pantai berpasir kecil sepanjang 360 meter dan lebar 30 meter yang terletak di Desa Sibang, Wilayah Jangmok, Pulau Geoje. Pantai ini dikenal sebagai salah satu spot surfing favorit di Korea Selatan.

Para pengunjung dapat melihat Kota Busan dari kejauhan di pantai ini. Selain itu, pemandangan senja di sini juga sangat indah seperti yang terlihat dalam drama When My Love Blooms (tvN, 2020).

Pada episode 4, Yoon Ji-soo (Jeon So-nee) dan Han Jae-hyun (Jin-young GOT7) versi muda datang ke Pantai Heungnam ini setelah naik kereta semalam. Alur pun maju ke masa 25 tahun kemudian. Ji-soo (Lee Bo-young) dan Jae-hyun (Yoo Ji-tae) versi dewasa kembali bertemu di pantai ini.

3. Okpo Coastal Trail 

7 Rekomendasi Destinasi Liburan di Pulau Geoje ala KDramakoreandramaland.com

Okpo Coastal Trail ini juga menjadi salah satu lokasi syuting drama When My Love Blooms (tvN, 2020). Setelah adegan di Pantai Heungnam, Yoon Ji-soo (Lee Bo-young) dan Han Jae-hyun (Yoo Ji-tae) versi dewasa berjalan menyusuri jalan setapak di pesisir pantai sembari mengenang masa lalu mereka.

Okpo Coastal Trail yang membentang sepanjang 4 km antara Pelabuhan Okpo dan Pantai Deokpo, bagian pesisir timur Pulau Geoje. Jalanan ini terbuat dari kayu merah serta melewati hutan pinus dan Okpo Great Victory Commemorative Park atau Taman Jungang Okpo yang dibangun pada tahun 1996 untuk mengenang perjuangan Jenderal Yi Sin-shin mengalahkan pasukan Jepang dalam Perang Okpo (1592).

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Alam di Korea Selatan yang Bikin Hati Sejuk

4. Windy Hill 

7 Rekomendasi Destinasi Liburan di Pulau Geoje ala KDramaenglish.visitkorea.or.kr

Windy Hill merupakan destinasi wisata paling populer di Pulau Geoje. Bagaimana tidak, taman di atas tebing yang tinggi ini memiliki pemandangan laut yang indah, hamparan padang rumput yang hijau dan subur, serta kincir angin yang menjadi magnet tersendiri.

Terletak di kawasan Taman Nasional Hallyeohaesang, Desa Galgot, Wilayah Nambu, Pulau Geoje, Windy Hill ini ditetapkan sebagai bagian dari '100 Tempat yang Harus Dikunjungi di Korea' untuk 2019-2020’ oleh Kementrian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan melalui Korea Tourism Organization (KTO).

Windy Hill ini pernah menjadi lokasi syuting beberapa KDrama, di antaranya Merry Go Round (MBC, 2003-04); Eve’s Garden (SBS, 2003-04), Just Dance (KBS2, 2018-19); dan Secret Boutique (SBS, 2019). Kalian sudah nonton?

5. Dojangpo Fishing Village 

7 Rekomendasi Destinasi Liburan di Pulau Geoje ala KDramaenglish.visitkorea.or.kr

Dojangpo Fishing Village (Desa Nelayan Dojangpo) ini terletak di antara Tebing Sinseondae dan Windy Hill, tepatnya di kawasan Taman Nasional Hallyeohaesang, Desa Galgot, Wilayah Nambu, Pulau Geoje.

Tempat sangat ini populer dan disukai banyak orang karena pemandangannya yang indah. Tebing Sinseondae yang membentang di sekitarnya terbentuk dari bebatuan yang membujur sehingga terlihat seolah-olah bebatuan tersebut menahan lautan. Tidak jauh dari sni terdapat breakwater atau pemecah gelombang.

Dojangpo Fishing Village pernah menjadi lokasi syuting drama Secret Boutique (SBS, 2019). Pada episode 11, Jenny Jang (Kim Sun-a) mengambil cuti dan mengunjungi tempat-tempat dari masa kecilnya. Yoon Sun-woo (Kim Jae-young) pun mengikutinya. Kemudian mereka menikmati olahan makanan laut di beberapa kios di sepanjang breakwater.

6. Yeocha Mongdol Beach 

7 Rekomendasi Destinasi Liburan di Pulau Geoje ala KDramatour.gyeongnam.go.kr

Pantai Yeocha Mongdol merupakan pantai dengan bebatuan kecil yang berada di Teluk Yeocha, Desa Dapo, Pulau Geoje. Di pantai ini juga terdapat Yeocha Port Breakwater yang berfungsi sebagai pemecah gelombang air laut.

Pantai Yeocha Mongdol ini pernah menjadi lokasi syuting drama I’m Not A Robot (MBC, 2017-18). Pada episode 24/25, Jo Ji-ah (Chae Soo-bin) datang ke pantai ini setelah berpisah dengan Kim Min-kyu (Yoo Seung-ho). Min-kyu tiba-tiba kembali mencari Ji-ah dengan berlari di sepanjang breakwater ini hingga menemukanya sedang duduk menangis di tepi pantai.

7. Oedo Botania 

7 Rekomendasi Destinasi Liburan di Pulau Geoje ala KDramaoedobotania.com

Sedikit melipir tak jauh ke sebelah selatan Pulau Geoje terdapat Oedo Botania, yaitu taman botani laut yang terletak di Pulau Oedo, Geoje, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Maritim Hallyeohaesang.

Oedo Botania memiliki sejarah panjang sejak 50 tahun lalu. Pasangan Lee Chang-ho dan Choi Ho-sook membeli Pulau Oedo pada tahun 1969 untuk digunakan sebagai lahan peternakan babi dan perkebunan jeruk. Namun, aktivitas tersebut mengalami kegagalan sehingga pasangan Lee dan Choi mencoba untuk merintis taman botani pada tahun 1976.

Oedo Botania semakin berkembang selama puluhan tahun berikutnya berkat tangan hebat pasangan Lee dan Choi serta dukungan pemerintah dan masyarakat. Berbagai fasilitas dan bangunan penunjang dibangun untuk melengkapi taman ini, mulai dari observatorium, kafe, mercusuar dan pemecah gelombang, music hall, dan sebagainya. Namanya pun semakin dikenal sejak menjadi lokasi syuting Winter Sonata (KBS, 2002) dan Hospital Ship (MBC, 2017).

Nah, itu dia 7 rekomendasi destinasi liburan di Pulau Geoje dan sekitarnya. Kalian bisa memasukkannya dalam wishlist rencana liburan setelah pandemi COVID-19 berakhir nanti ya!

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata di Yongin, Korea Selatan, Menarik Banget!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya