Comscore Tracker

7 Rekomendasi Wisata Ala KDrama di Kota Chuncheon, Ada Nami Island!

Semua tempatnya memorable banget lho!   

Bagi para wisatawan internasional, nama Chuncheon mungkin kurang familiar. Tetapi jika disebut ‘Nami Island’ dijamin mereka semua langsung tahu di negara mana pulau ini berada. Tak ada yang salah dengan hal itu, tetapi lebih detailnya Nami Island ini ada di Kota Chuncheon lho! Hayo, siapa yang baru tahu juga?

Chuncheon merupakan ibu kota Provinsi Gangwon yang diperkirakan sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu. Kota ini dikenal sebagai sebagai tempat lahirnya Dak-galbi (ayam tumis pedas) dan Mak-guksu (mie soba). Bahkan setiap bulan Agustus diselenggarakan Chuncheon Chicken Ribs & Makguksu Festival di kota ini lho!

Dalam bidang pariwisata, Chuncheon mengalami kemajuan yang sangat pesat seiring dengan perkembangan industri hiburan Korea Selatan dan Hallyu Wave ke seluruh dunia, terutama setelah Nami Island menjadi lokasi syuting drama Winter Sonata.

Tempat-tempat wisata lain di Chuncheon pun juga semakin dikenal dan dikunjungi wisatawan setelah menjadi lokasi syuting KDrama. Wah, di mana saja itu?

1. Nami Island  

7 Rekomendasi Wisata Ala KDrama di Kota Chuncheon, Ada Nami Island!pemandangan Nami Island dari atas (visitkorea.or.id)

Nami Island atau Namiseom merupakan sebuah pulau yang terletak di 1 Namisum-gil, Namsan-myeon, Chuncheon, sekitar2,5 jam perjalanan dari Seoul menggunakan kendaraan umum. Pulau ini dibuka pada tahun 1996 dan menjadi booming setelah dijadikan lokasi syuting drama Winter Sonata (KBS2, 2002).

Uniknya, Nami Island ini memiliki brand nama ‘Namimara Republic’ yang bermakna sebagai negara imajinatif. Para pengunjung yang masuk harus apply visa alias tiket masuk dan nanti akan diperiksa di border/pintu masuk. Hal ini bertujuan agar para pengunjung merasakan pengalaman berbeda dan seakan memasuki dunia lain yang sangat indah.

Nami Island bisa dikunjungi kapanpun karena setiap musimnya akan menampilkan pemandangan lanskap yang berbeda, mulai dariCherry Tree Lane yang indah pada musim semi, Metasequoia Lane yang cerah pada musim panas, dedaunan berwarna-warni pada musim gugur, dan salju yang indah pada musim dingin. 

Selain Winter Sonata, drama-drama lain yang pernah melakukan syuting di Nami Island ini diantaranya High School King (tvN, 2014); Rosy Lovers (MBC, 2014-15); Mother (tvN, 2018); Mother of Mine (KBS2, 2019); When My Love Blooms (tvN, 2020); dan Hi Bye, Mama! (tvN, 2020).

2. Jade Garden  

7 Rekomendasi Wisata Ala KDrama di Kota Chuncheon, Ada Nami Island!Jade Garden Chuncheon (english.visitkorea.or.kr)

Jade Garden merupakan kompleks arboretum atau taman botani yang dibuka pada tahun 2011 dan berlokasi di 80 Haetgol-gil, Namsan-myeon, Chuncheon. Kompleks ini berdiri di atas lahan seluas 163.500 m2 dengan 24 taman bertema yang menjaga topografi alami dan memilki konsep seperti di Eropa.

Pada bagian pintu masuknya terdapat Visitor Center dengan bangunan bergaya Tuscany, Italia. Di area taman terdapat English Border Garden dan Italian Wedding Garden. Bagi pengunjung yang suka berjalan kaki bisa mencoba salah satu dari tiga jalur setapak, yaitu Namunaeum-gil, Danpungnamu-gil, dan Supsokbaram-gil. Di kompleks ini juga tedapat toko souvenir, kafe, dan restoran.

Keindahan Jade Garden terlihat dalam beberapa KDrama yang melakukan pengambilan gambar di sini, diantaranya Love Rain (KBS2, 2012); Full House 2 (TBS, SBS Plus 2012); That Winter, The Wind Blows (SBS, 2013); Moorim School (KBS2, 2016); Angel's Last Mission: Love (KBS2, 2019); Extraordinary You (MBC, 2019); dan More Than Friends (JTBC, 2020).

3. Chuncheon Grand Bridge  

7 Rekomendasi Wisata Ala KDrama di Kota Chuncheon, Ada Nami Island!Chuncheon Grand Bridge yang menghubungkan pusat kota Chuncheon dengan Pulau Jungdo (dlenc.co.kr)

Masih ingat dengan adegan Choi Mikhaela (Lee Sung Kyung) melihat kecelakaan beruntun di sebuah jembatan pada episode pertama drama About Time (tvN, 2018) atau adegan Kim Bon alias Terius (So Ji Sub) yang dijebak oleh pemimpin NIS Kwon Young Sil (Seo Yi Sook) kemudian melompat dari jembatan pada episode 16 drama Terius Behind Me (MBC, 2018)?

Kedua adegan dramatis tersebut dilakukan di Chuncheon Grand Bridge yang baru dibuka pada tahun 2018 lalu. Berlokasi di 609 Geunhwa-dong, Chuncheon, jembatan ini menghubungkan pusat kota Chuncheon dengan Pulau Jungdo.

Di Pulau Jongdo inilah Legoland keempat di Benua Asia sedang dibangun dan akan dibuka pada tahun 2022 nanti. Wah, gak sabar!

Baca Juga: Ada Hutan Bambu, 8 Destinasi Wisata di Damyang Korea Selatan!

4. Gyeonggang Station  

7 Rekomendasi Wisata Ala KDrama di Kota Chuncheon, Ada Nami Island!potret bagian depan Gyeonggang Station Chuncheon (railpark.co.kr)

Para penggemar drama Doctors (SBS, 2016) tentu masih ingat dengan adegan Yoo Hye Jung (Park Shin Hye) yang masih SMA bersama gurunya, Hong Ji Hong (Kim Rae Won), bersepeda dengan sangat bahagia di sebuah jembatan. Tak lama kemudian hujan turun sangat deras sehingga keduanya harus berteduh di sebuah stasiun tua yang dalam kehidupan nyata adalah Gyeonggang Station.

Gyeonggang Station dulunya merupakan stasiun yang melayani kereta api jalur Gyeongchun. Dinamakan Gyeonggang karena posisinya dekat dengan perbatasan Provinsi Gyeonggi dan Gangwon, tepatnya di 62-52 Seobaek-gil, Desa Seocheon, Namsan-myeon, Chuncheon. Stasiun ini beroperasi sejak tahun 1939 hingga 2010.

Saat ini, Gyeonggang Station digunakan sebagai destinasi wisata rail bike atau bersepeda di atas jalur kereta sepanjang 7,2 km. Dengan membayar sebesar KRW 35.000 atau sekitar IDR 444.000, para pengunjung bisa bersepeda sembari menikmati pemandangan alam yang cantik di atas rel setinggi 30 meter dan melintasi Sungai Bukhan. Kalian tertarik?

5. Gangchon Rail Park  

7 Rekomendasi Wisata Ala KDrama di Kota Chuncheon, Ada Nami Island!potret wisatawan yang menaiki rail bike di Gangchon Rail Park Chuncheon (english.visitkorea.or.kr)

Selain Gyeonggang Station, ada lagi stasiun lawas di Chuncheon yang saat ini telah dialihfungsikan sebagai destinasi wisata rail bike, yaitu Gangchon Stationatau Gangchon Rail Park. Lokasinya berada di Desa Gangchon, 30 Gangchon-ro, Namsan-myeon, Chuncheon.

Gangchon Station dibangun pada 1939 dan telah berhenti beroperasi sejak 2010 sebagai akibat dari pembangunan Gangchon Station yang baru. Pemerintah setempat kemudian membuka Gangchon Rail Park pada tahun 2012. Pengunjung bisa menaiki sepeda di sepanjang jalur kereta api dengan pemandangan Sungai Bukhan atau jalan-jalan di sebuah terowongan kereta api yang telah diaspal.

Gangchon Rail Park ini pernah menjadi lokasi syuting drama Dokgo Rewind (KakaoTV, 2018); When My Love Blooms (tvN, 2020); The King: Eternal Monarch (SBS, 2020); Vincenzo (tvN/Netflix, 2021); dan Sweet Home (Netflix, 2020-21). Masih ingat adegan apa saja yang ditampilkan di tempat ini?

6. Old Gimyujeong Station  

7 Rekomendasi Wisata Ala KDrama di Kota Chuncheon, Ada Nami Island!Old Gimyujeong Station Chuncheon (bbkk.kr)

Tak jauh beda dengan Gyeonggang Station dan Gangchon Station, Old Gimyujeong Station ini juga dibangun pada tahun 1939 sebagai stasiun kereta api yang melayani jalur Gyeongchun dan dihentikan operasinya pada tahun 2010. The New Gimyujeong Station pun telah dibangun tak jauh dari stasiun yang lama ini.

Berlokasi di 1435 Gimyujeong-ro, Desa Jeung, Sindong-myeon, Chuncheon, Old Gimyujeong Station ini dulunya bernama Sinnam Station, sesuai dengan nama asli wilayah berdirinya. Pada tahun 2004, Sinnam Station berganti nama menjadi Gimyujeong Station untuk mengenang seorang novelis terkenal sekaligus ikon Chuncheon, yaitu Kim Yu Jeong (1908-1937).

Saat ini, Old Gimyujeong Station berfungsi sebagai wisata sejarah, arsip, serta pernah menjadi lokasi syuting drama When My Love Blooms (tvN, 2020) dan Oh My Ladylord (MBC, 2021).

FYI, kotak surat yang terlihat pada episode 11 drama Oh My Ladylord itu benar-benar ada di sana lho! Para pengunjung bisa menulis surat kepada orang lain dan akan dikirim satu tahun kemudian. Kalian tertarik berkunjung ke sini?

7. KT&G SangsangMadang Chuncheon   

7 Rekomendasi Wisata Ala KDrama di Kota Chuncheon, Ada Nami Island!KT&G Sangsangmadang Chuncheon (english.visitkorea.or.kr)

Masih ingat dengan Ragusang Art Gallery yang muncul sebagai salah satu latar pada episode 14 drama Vincenzo (tvN/Netflix, 2021) atau adegan konser festival SMA Saebom di teater luar ruangan yang dihadiri Im Joo Kyeong (Moon Ga Young), Choi Soo Ah (Kang Min Ah ), dan Kang Soo Jin (Park Yoo Na), dan Lee Soo Ho (Cha Eun Woo) pada episode 5 drama True Beauty (tvN, 2020-21)?

Lokasi adegan kedua drama tersebut berada di KT&G Sangsangmadang Chuncheon, sebuah ruang atau platform budaya yang didanai oleh perusahaan tembakau terkemuka Korea Selatan, KT&G, dan bertujuan untuk mempromosikan seni, desain, dan musik. Sebelum digunakan sebagai ruang budaya, bangunan ini dulunya merupakan Gangwon Gymnasium dan Chuncheon Children's Center.

Berlokasi di di 25, Sportstown-gil 399beon-gil, Chuncheon, di dalam kompleks KT&G Sangsangmadang Chuncheon ini terdapat ruang pameran atau galeri, teater terbuka, aula pertunjukan Sound Hall, bioskop, studio foto, live studio, ruang kuliah, restoran, toko desain bernama 'Design Market', ruang musik, dan Sangsangmadang Chuncheon Stay Hotel.

Itu dia 7 lokasi syuting drama populer di Chuncheon, ibu kota Provinsi Gangwon. Kalian tertarik mengunjungi salah satunya nanti setelah pandemi COVID 19 ini berakhir?

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Bersejarah di Korea Ini Pernah Dikunjungi oleh RM BTS!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya