Comscore Tracker

6 Camping Ground Terbaik di Pacet, Mojokerto, Suasananya Ciamik!

Jangan lupa ajak teman-temanmu, ya

Kamu ingin menikmati suasana sejuk di sekitar Gunung Arjuno dan Welirang? Gak melulu di Pasuruan dan Batu, Mojokerto juga punya tempat yang sejuk, sehingga cocok untuk menyegarkan pikiran.

Kamu dapat berkemah di tengah hutan pinus hingga menikmati lanskap keren sambil bersantai. Kalau kamu tertarik untuk menyegarkan pikiran dengan berkemah di alam, bisa mencoba mengunjungi Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Terdapat sejumlah camping ground yang menghadirkan suasana asri dan ramah untuk keluarga. Daripada bingung menentukan, berikut beberapa camping ground terbaik di Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, yang bisa kamu jadikan pilihan.

1. Bumi Perkemahan Kedung Klurak

6 Camping Ground Terbaik di Pacet, Mojokerto, Suasananya Ciamik!Bumi Perkemahan Kedung Klurak (instagram.com/nunurizqoni22)

Kedung Klurak merupakan salah satu wisata yang tergolong baru. Wisata berlatar hutan pinus ini cukup hits di kalangan wisatawan. Selain hawa sejuk dan pemandangan hutan pinus, kamu dapat bermain air hingga berkemah.

Suasana semakin asri dengan adanya sungai jernih yang memiliki air terjun kecil. Selain itu, terdapat pula kolam renang ramah untuk anak-anak. Dengan begitu, amu dapat berkemah sekaligus melakukan banyak aktivitas seru bersama keluarga.

Lokasi: Dusun Belor, Dess Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

2. Camping Ground Wanawisata Bernah de Vallei

6 Camping Ground Terbaik di Pacet, Mojokerto, Suasananya Ciamik!Bernah de Vallei (instagram.com/bernah_de_vallei)

Ada lagi tempat camping yang ramah keluarga dengan latar hutan pinus, Wana Wisata Bernah de Vallei namanya. Wisata yang diresmikan pada 2020 ini memiliki camping ground yang luas, wahana outbond, rute jelajah alam, dan kolam renang. Dilengkapi pula dengan musala, toilet, dan food court.

Buat yang ingin berkemah, kamu dapat membawa tenda atau menyewa tenda beserta peralatan kemah lainnya. Kapasitas tenda yang disediakan pun beragam, mulai 4-60 orang. Cocok buat kamu yang ingin menyelenggarakan kegiatan camping ramai-ramai.

Lokasi: Jalan Raya Tirtowening, Dusun Paras, Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

3. Puthuk Panggang Welut

6 Camping Ground Terbaik di Pacet, Mojokerto, Suasananya Ciamik!Puthuk Panggang Welut (instagram.com/raga_wine)

Puthuk Panggang Welut menyuguhkan keasrian hutan pinus dengan sejumlah spot foto. Ada pula rumah pohon dan wahana bermain anak-anak, sehingga gak sekadar menikmati hawa sejuk, tetapi juga dapat melakukan aktivitas seru lainnya.

Kalau kamu ingin menjelajah lebih jauh, jangan lupa mengunjungi Air Terjun Curah Watu. Terdapat camping ground yang dilengkapi dengan toilet dan musala. Kamu bisa bersantai menggunakan hammock maupun kursi yang terletak di hutan pinus.

Lokasi: Desa Nogosari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Malam di Mojokerto, Pacet hingga Taman Montok

4. Camping Ground Alas Pacet

6 Camping Ground Terbaik di Pacet, Mojokerto, Suasananya Ciamik!Camping Ground Alas Pacet (instagram.com/kemping.id.website)

Alas Pacet menjadi salah satu destinasi pilihan untuk berakhir pekan di tengah alam. Tempat yang terletak di kaki Gunung Welirang in memiliki camping ground berkapasitas 50 tenda dengan ukuran sekitar 2x2 meter persegi. Mirip seperti ketiga tempat camping sebelumnya, Alas Pacet juga menyuguhkan hutan pinus berhawa sejuk

Buat yang membawa peralatan camping sendiri, kamu cukup merogoh kocek Rp10 ribu per orang per malam. Kalau gak mau ribet tapi punya bujet lebih, sewa saja paket peralatan camping dengan harga mulai Rp75 ribu per malam.

Di sini juga ada rumah pohon dengan kapasitas 6 orang. Harga sewanya mulai Rp200 ribu per malam.

Lokasi: Dusun Gotekan, Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

5. Bukit Krapyak

6 Camping Ground Terbaik di Pacet, Mojokerto, Suasananya Ciamik!Bukit Krapyak (instagram.com/j.epun)

Bukit Krapayak menjadi tempat camping favorit di Mojokerto dan sekitarnya. Bukit ini memiliki sejumlah daya tarik dan sejarah yang bikin pengunjung penasaran. Selain itu, pemandangan yang ditawarkan bisa bikin terkesima, seperti gemerlap lampu kota saat malam hari, sunset, sunrise, dan Gunung Arjuno.

Namun, kamu perlu berhati-hati ketika memutuskan untuk camping di Bukit Krapyak. Kamu perlu melalui tangga sekitar 3 km untuk naik ke atas bukit. Jalurnya pun cukup menantang dengan tanjakan 80 derajat.

Beberapa tempat bersejarah masih terjaga hingga kini di sekitar camping ground, ada makam, petilasan, dan pertapaan. Konon, Joko Lelono dan Joko Umbaran dimakamkan secara berjajar di salah satu sisi Bukit Krapyak.

Lokasi: Jalan Bukit Krapyak, Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

6. Gubug Marawati

6 Camping Ground Terbaik di Pacet, Mojokerto, Suasananya Ciamik!Gubug Mawarti (instagram.com/july_nuryanto)

Gubug Marawati resmi dibuka untuk umum pada Agustus 2022 lalu. Berbeda dari kelima camping ground sebelumnya, Gubug Marawati gak jauh dari perkampungan dan terletak di sekitar area persawahan.

Namun, view yang ditawarkan gak kalah menarik, yakni berupa Sungai Kromong yang jernih dan Gunung Welirang. Anak-anak dapat bermain air dan menggunakan ban, karena sungai masih alami, lengkap dengan bebatuan, dan dangkal. Sedangkan untuk menikmati view Gunung Welirang, paling tepat saat pagi dan sore hari.

Tenda sudah disediakan oleh pengelola dan wisata ini masih baru. Kamu perlu melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum camping di Gubug Marawati.

Lokasi: Sumberam, Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Keenam rekomendasi camping ground di Pacet, Kabupaten Mojokerto, ini cocok untuk menyegarkan pikiran. Kamu pun bisa sambil melakukan aktivitas seru lainnya, seperti bermain air hingga mengunjungi air terjun di sekitar camping ground.

Baca Juga: 5 Villa dengan Pemandangan Indah di Pacet, Mulai Rp100 Ribuan 

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya