Comscore Tracker

5 Daya Tarik Alun-alun Kota Batu, Bianglala Menjadi Ikonnya

Tempat liburan low budget bareng keluarga #LokalIDN

Kota Batu merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Timur yang memiliki pemandangan khas pegunungan. Daerah pemekaran dari Kabupaten Malang ini berkembang pesat dengan pariwisatanya. Gak heran kalau Kota Batu ramai pengunjung, terutama saat musim liburan atau akhir pekan.

Ada banyak destinasi wisata yang bikin kamu betah di Batu, mulai flora wisata hingga petik buah. Mau wisata kekinian pun tersedia dengan sejumlah destinasi berteknologi canggih.

Di antara sekian banyak destinasi wisata, Alun-alun Kota Wisata Batu tetap menjadi primadona. Memang tidak terlalu luas, tapi beberapa aktivitas seru bisa kamu lakukan di sini. Ditambah lagi Alun-alun Kota Batu memiliki daya tarik yang berbeda dari alun-alun di kota lain.

1. Playground yang aman dan nyaman untuk anak-anak

5 Daya Tarik Alun-alun Kota Batu, Bianglala Menjadi IkonnyaAlun-alun Kota Batu (Dok. Pribadi/Fatma Roisatin Nadhiroh)

Ruang publik yang selalu ramai pengunjung ini menyediakan playground untuk anak-anak. Wahana permainan yang nyaman dan aman, bikin anak-anak senang. Orang tua pun tetap bisa mendampingi dari luar pagar.

Ada sejumlah ketentuan yang perlu diperhatikan sebelum masuk dalam area playground. Hanya anak-anak berusia 0-7 tahun yang boleh bermain di playground tersebut. Anak-anak maupun orangtua yang memasuki playground harus melepas alas kaki.

Pengunjung dilarang membawa makanan maupun minuman ke dalam area playground. Selain itu, saat hujan tidak diperbolehkan memasuki playground.

2. Terdapat ejumlah spot foto instagramable dan wisata naik delman bareng teman

5 Daya Tarik Alun-alun Kota Batu, Bianglala Menjadi IkonnyaAlun-alun Kota Batu (Dok. Pribadi/Fatma Roisatin Nadhiroh)

Kamu ingin mengabadikan momen seru selama di Kota Batu? Beberapa spot instagramable bisa kamu jadikan background seperti tulisan "Kota Wisata Batu" dan ornamen apel di tengah alun-alun.

Buat kamu yang tertarik untuk keliling kota dengan cara berbeda, coba naik delman. Kamu bisa membayar mulai Rp50 ribu untuk satu rombongan, jadi bisa patungan. Harga tersebut dapat berubah, sesuai dengan jarak yang ditempuh.

Baca Juga: 15 Destinasi Wisata Keren di Batu, Bikin Liburanmu Makin Berkesan

3. Serunya naik skuter listrik, cuma modal Rp15 ribu

5 Daya Tarik Alun-alun Kota Batu, Bianglala Menjadi IkonnyaNaik skuter listrik di Alun-alun Kota Batu (Dok. Pribadi/Fatma Roisatin Nadhiroh)

Daya tarik lainnya yang tidak kalah digemari oleh kawula muda yakni naik skuter listrik. Pengunjung bisa menyewa dengan harga Rp15 ribu untuk bisa berkeliling. Karena jumlahnya terbatas, pengunjung perlu mengantre saat sedang ramai.

Sedangkan malam hari, bisa mencoba mobil gowes berhiaskan gemerlap lampu. Kamu dapat mengayuhnya bersama keluarga maupun teman. Seru nih untuk menikmati suasana malam di sekitar alun-alun.

4. Jalan santai sambil kulineran, pulang langsung kenyang

5 Daya Tarik Alun-alun Kota Batu, Bianglala Menjadi IkonnyaPasar Laron Kota Batu (Dok. Pribadi/Fatma Roisatin Nadhiroh)

Sedang lapar atau cari camilan? Keliling dan beli saja jajanan di Pasar Laron. Jajanan tradisional, makanan khas daerah, hingga kudapan kekinian pun tersedia di sini. Penjual souvenir dan akesoris juga tidak ketinggalan.

Kalau kamu ingin nongkrong sejenak, terdapat sejumlah cafe yang mengelilingi alun-alun. Tinggal pilih ingin menikmati kuliner yang seperti apa.

5. Bianglala yang menjadi ikon khas Alun-alun Kota Batu

5 Daya Tarik Alun-alun Kota Batu, Bianglala Menjadi IkonnyaAlun-alun Kota Batu (Dok. Pribadi/Arif Rahmat Santoso)

Kurang lengkap rasanya kalau kamu belum naik bianglala yang menjadi ikon khas Alun-alun Kota Batu. Bianglala ini terlihat memukau dengan kerlip lampu saat malam hari. Pengunjung pun bisa naik bianglala dengan membayar tiket Rp5 ribu per orang.

Pengunjung bisa naik bianglala mulai pukul 09.00-22.00. Namun, perlu memperhatikan jam istirahat, yakni pukul 11.00-12.30, 14.30-15.30, dan 17.00-19.00. Pastikan kamu sudah memesan tiket di luar jam istirahat, ya.

Selain bianglala, ada komedi putar yang hanya boleh dinaiki anak-anak usia maksimal 10 tahun. Sedangkan pendamping tidak bolek turut naik wahana. Tarifnya pun sama, Rp5 ribu. Terjangkau, bukan?

Jika kamu tertarik untuk menghabiskan waktu di Alun-alun Kota Batu, kunjungi di Jalan Diponegoro, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

Demikian sejumlah daya tarik Alun-alun Kota Batu yang terkenal dengan ikon bianglalanya. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan pengunjung dari beragam usia.

Tertarik untuk mampir sejenak?

Baca Juga: 6 Pilihan Kuliner Malam Enak di Kota Batu, Dijamin Ketagihan!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya