Comscore Tracker

8 Wisata Bukit di Pulau Jawa untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesia 

Mengibarkan bendera berlatar pemandangan epik 

Agustus menjadi bulan yang penuh makna dan sejarah bagi Bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia selalu menyambut hari kemerdekaan dengan beragam cara. Mulai menggelar berbagai lomba hingga cara lain yang antimainstream, seperti mendaki gunung atau bukit.

Jika kamu salah satu orang yang ingin turut merayakan Hari Kemerdekaan dengan cara antimainstreamm, mendaki bukit bareng kawan atau orang terdekat bisa jadi ide brilian. Gak sekadar upacara dan mengibarkan Merah Putih, kamu juga bisa mempererat tali silaturahmi.

Masih bingung bukit mana yang akan kamu tuju untuk merayakan 17 Agustus? Berikut rekomendasi wisata bukit di Pulau Jawa yang dapat kamu kunjungi!

1. Bukit Dami, Probolinggo

8 Wisata Bukit di Pulau Jawa untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesia Bukit Dami (instagram.com/wahyudibahtiar)

Bukit Dami merupakan destinasi yang tergolong baru di Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Tingginya sekitar 200 meter di atas permukaan laut dan mudah dijangkau dengan berjalan kaki.

Meski gak begitu tinggi, kamu dapat menikmati pemandangan 360 derajat berupa pegunungan dari puncak bukit. Pegunungan Argopuro, Lemongan, bahkan Bromo menjadi latar pemandangan yang gak boleh kamu lewatkan.

Sunrise dan sunset juga bisa kamu nikmati dari puncak bukit. Kamu juga bisa camping dan memesan paket wisata kepada pengelola.

Pesona dan akses mudah menjadikan Bukit Dami sebagai salah satu tempat yang tepat untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Ada kalanya komunitas pesepeda, Pramuka, dan lain sebagainya, mengibarkan Sang Merah Putih di puncak bukit.

2. Bukit Klotok, Kediri

8 Wisata Bukit di Pulau Jawa untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesia Bukit Klotok (instagram.com/kokotrisilo)

Bukit Klotok menjadi langganan masyarakat dan Pemerintah Kota Kediri untuk memperingati 17 Agustus. Biasanya diawali dengan kirab yang membawa bendera merah putih dari Balai Kota menuju puncak Bukit Klotok.

Tradisi tersebut tetap berlangsung, bahkan saat pandemi, bedanya tanpa disertai kirab. Kamu bakal melihat Sang Merah Putih berkibar pada ketinggian 563 meter di atas permukaan laut setiap bulan Agustus.

Kalau kamu mau, bisa bergabung dengan masyarakat dan mengikuti acara kirab hingga puncak bukit. Pendakian menuju puncak bukit membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam melalui Gua Selomangleng.

3. Bukit Klangon, Sleman

8 Wisata Bukit di Pulau Jawa untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesia Bukit Klangon (instagram.com/pesona_klangon)

Soal destinasi wisata, Yogyakarta memang gak ada habisnya. Buat kamu yang ingin memperingati hari kemerdekaan Indonesia di Yogyakarta, cobalah mendaki Bukit Klangon di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Bukit ini menyajikan pemandangan Gunung Merapi dan menjadi salah satu destinasi favorit untuk camping. Bukit Klangon lebih tinggi dari kedua bukit sebelumnya, yakni sekitar 1.100 mdpl.

Tenang saja, sudah terdapat jalur trekking yang memadai dan dapat dilalui anak-anak. Kamu juga dapat melalui jalur sepeda, terutama trek downhill.

4. Bukit Pengilon, Gunung Kidul

8 Wisata Bukit di Pulau Jawa untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesia Bukit Pengilon (instagram.com/herdiansyah002)

Kamu ingin ikut memeriahkan peringatan kemerdekaan Indonesia di bukit yang antimainstream? Berbeda dari ketiga bukit sebelumnya, Bukit Pengilon memiliki latar berupa pantai. Kamu bakal dimanjakan dengan hamparan rumput dan laut.

Selain pemandangannya yang memukau, area bukit ini juga cocok untuk camping ground. Buat kamu yang bermalam di sini, bakal dapat bonus sunrise dan sunrise.

Sayangnya, kamu harus membawa peralatan dan perlengkapan camping sendiri, karena belum terdapat fasilitas persewaan di dekat wisata ini.

Kamu tertarik untuk menjadikan Bukit Pengilon sebagai tempat perayaan 17 Agustus mendatang? Lokasinya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Baca Juga: 7 Tips Mendaki Gunung untuk Merayakan HUT RI 17 Agustus, Seru Banget!

5. Bukit Watu Kumpul, Banyumas

8 Wisata Bukit di Pulau Jawa untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesia Bukit Watu Kumpul (instagram.com/fathursrr)

Ketika perayaan 17 Agustus dengan mengobarkan bendera di puncak gunung atau bukit menjadi hal yang biasa, kamu bisa mencoba hal lain. Di Bukit Watu Kumpul, kamu dapat mencoba olahraga paralayang sambil membawa Sang Merah Putih.

Sebab, Bukit Watu Kumpul di Desa Petahunan, Kecamatan Pakuncen, Banyumas ini merupakan venue paralayang.

Kamu juga bisa menuju puncak bukit dengan sepeda sambil mengenakan atribut bertema Hari Kemerdekaan. Mengendarai ATV di hutan pinus yang terletak di sekitar bukit tersebut juga gak kalah seru. Cara mana, nih yang bakal kamu pilih untuk merayakan 17 Agustus?

6. Bukit Karang Gemantung, Banjarnegara

8 Wisata Bukit di Pulau Jawa untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesia Bukit Karang Gemantung (instagram.com/abdulnadjib100)

Bukit dengan hamparan rumput dan pepohonan, sudah biasa. Lain lagi dengan Bukit Karang Gemantung di Desa Kebutuh Jurang, Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara.

Terdapat bebatuan terjal setinggi 15 meter, sedangkan tinggi Bukit Karang Gumantung 800 meter di atas permukaan laut. Medannya yang terjal nan menantang, membuatnya dijuluki Bukit Terjal.

Namun, justru menjadi daya tarik tersendiri untuk membentangkan bendera merah putih. Seperti tahun lalu, sejumlah pecinta alam membentangkan Merah Putih sepanjang 45 meter di atas bebatuan terjal.

7. Bukit Alesano, Bogor

8 Wisata Bukit di Pulau Jawa untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesia pemandangan dari Bukit Alesano (instagram.com/riougen)

Bogor menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat Jakarta, Depok, Tangerang, dan sekitarnya. Selain Puncak, Bukit Alesano dapat menjadi destinasi wisata alternatif untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia bersama orang terdekat.

Bukit Alesano berada di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Bukit tersebut kerap menjadi lokasi camping, gemerlap lampu kota saat malam hari. Selain camping ground, fasilitas pendukung seperti toilet dan musala juga sudah tersedia. 

8. Bukit Teletubbies, Cilegon

8 Wisata Bukit di Pulau Jawa untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesia Bukit Teletubbies (instagram.com/setyomangun)

Bukit Teletubbies, nama yang sering digunakan untuk menamai bukit di berbagai daerah di Indonesia. Cilegon juga punya Bukit Teletubbies atau Bukit Kembang Kuning. Terletak di Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Bukit Teletubbies ini cocok buat kamu yang punya waktu singkat untuk merayakan 17 Agustus. Sebab, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di puncak bukit. Perairan Selat Sunda menjadi salah satu pemandangan yang bakal kamu saksikan dari puncak bukit ini.

Itu tadi delapan wisata bukit di Pulau Jawa yang dapat kamu kunjungi untuk ikut merayakan 17 Agustusan. Kamu bisa melakukan upacara kecil-kecilan dan mengibarkan bendera merah putih. Ditambah lagi dengan camping sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Baca Juga: 10 Bukit Paling Indah di Sumba Nusa Tenggara Timur bak New Zealand

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya